Beware Chikungunya……


pleasehati-hati yah sama chikungunya…..soalnya ditempatku ternyata udah ada 1 keluarga suami istri yang terkena gigitan nyamuk itu, trus ada 1 ibu juga yang kena didaerah yang sama (sumber:milisnya GLD). Padahal fogging udah dilakukan sebanyak 2 kali. Katanya sih tanda-tandanya itu keluar bintik2 merah kaya demam berdarah, trus tulang rasanya lumpuh gitu deh. Taoi alhamdulillah mereka semua sekarang dah mendingan, makanya semuayna hati-hati yah.

Ini ada sedikit info tentang chikungunya (Sumber:Milis GLD)

Chikungunya adalah sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes aegypti. Namanya berasal dari sebuah kata dalam bahasa Makonde yang berarti “yang melengkung ke atas“, merujuk kepada tubuh yang membungkuk akibat gejala-gejala arthritis penyakit ini.
Penyakit ini pertama sekali dicatat di Tanzania, Afrika pada tahun 1952, kemudian di Uganda tahun 1963. Di Indonesia, kejadian luar biasa (KLB) Chikungunya dilaporkan pada tahun 1982 di beberapa provinsi: Yogyakarta (1983), Muara Enim (1999), Aceh dan Bogor (2001). Sebuah wabah Chikungunya ditemukan di Port Klang di Malaysia pada tahun 1999, menjangkiti 27 orang [1].
Gejala penyakit ini termasuk demam mendadak yang mencapai 39 derajat C, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit. Terdapat juga sakit kepala, conjunctival injection dan sedikit fotofobia.
Ujian serologi untuk Chikungunya tersedia di Universitas Malaya di Kuala Lumpur, Malaysia .
Tidak terdapat sebarang rawatan khusus bagai Chikungunya. Penyakit ini biasanya dapat membatasi diri sendir dan akan sembuh sendiri. Perawatan berdasarkan gejala disarankan setelah mengetepikan penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya.

signature-desy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *