Yuk, Jadi Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat)

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,

Perhatian, postingan ini adalah peringatan untuk semua perempuan yang hendak hamil, sedang hamil atau sedang menyusui untuk peduli asupan sehat.

Flashback ke beberapa tahun yang lalu ketika  hamil anak pertama ditahun 2009 yang lalu, saya belum paham dengan informasi seputar hamil, menyusui, dan kehidupan 1000 hari pertama ketika bayi lahir. Dipikiran saya saat itu yang yang penting saya ngga mabok berat, ngga sampe muntah dan lemah. Vitamin ngga penting, yang penting makan-makanan bergizi. Seringkali vitamin itu terabaikan disudut kotak obat karena lupa saya minum, begitu pun dengan susu hamil. Pemikiran saya saat itu, yang penting saya mau makan nasi pake sayur pake lauk-pauk yang bergizi dan buah-buahan. Jadi vitamin dan susu menurut saya waktu itu tidak terlalu penting. Alhamdulillah waktu itu kehamilan saya tidak mengalami permasalahan yang berarti sehingga semua baik-baik saja, begitupun ketika Naeema lahir kedunia.

Seiring berjalannya waktu saya pun mulai mengetahui tentang betapa pentingnya 1000 hari pertama kehidupan si buah hati. Jujur ya, setelah saya mengetahui betapa pentingnya kehidupan 1000 hari pertama bagi si buah hati yang tidak akan mungkin terulang lagi membuat saya merasa bersalah pada Naeema anak pertama saya. Seandainya saya tidak mengabaikan minum asam folat, omega 3 dan vitamin lainnya yang diberikan oleh Dokter kandungan saya waktu itu mungkin Naeema bisa lebih optimal tumbuh kembangnya, meskipun sekarang Alhamdulillah sehat wal’afiat. Tapi kembali lagi, semua tidak akan terulang yang penting selanjutnya saya harus bisa lebih baik lagi. Dan sejak itu saya bertekad jika Allah Azza wajalla memberikan saya kesempatan untuk hamil lagi, saya ingin lebih optimal menjalaninya kehamilan dan menyusui untuk 1000 hari pertama yang lebih berarti.

Alhamdulillah, Agustus 2016 yang lalu saya dinyatakan mengandung anak kedua. Tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, kali ini saya pun lebih tertib dan nurut semua arahan Dokter Kandungan saya. Ternyata kehamilan kedua ini sedikit ada kendala. Hemoglobin (Hb) saya dinyatakan kurang dari batas normal (13,8-17,2 gram). Hb saya saat itu adalah 9, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menaikkan Hb seperti ati ayam dan buah bit, Dokter pun meresepkan saya vitamin. Berbeda dengan kehamilan pertama dulu yang masih suka pilih-pilih makanan dan sayur, kali ini saya lebih legowo ketika makan sayur. Lebih suka ngemil buah, pokoknya memakan makanan yang mengandung vitamin dan serat saya habiskan deh.

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,
Kehamilan Kedua

Ketika usia kandungan saya masuk usia 32 minggu, Dokter menyarankan melakukan tes darah kembali untuk memeriksa Hemoglobin. Ternyata makan dan mengkonsumsi vitamin selama ini tidak juga membuat Hb saya normal, hanya naik 1 angka dari semula 9 menjadi 10, masih belum aman menurut Dokter Kandungan saya. Saya pun diberikan vitamin yang diberikan melalui infus. Tambahan mengkonsumsi buah bit setiap hari pun saya lakukan, padahal rasa buah bit itu mmm….gimana ya? Rasa tanah banget deh, masih lebih enak ubi. Eh tapi jangan salah loh, buah bit terbukti efektif menaikkan Hb saya menjadi naik meskipun sedikit.

Ujian belum berakhir, ketika Dokter masih menyarankan dan optimis saya bisa melahirkan normal, tapi Allah azza wajalla berkehendak lain. Shanum anak kedua saya lahir 10 hari lebih cepat dari due datenya karena saya mengalami pendarahan dan harus diambil tindakan sectio untuk bisa menyelamatkan ibu dan bayi. Saat itu saya hanya berpasrah diri saja, dan iklas jika memang saat itu saya tutup usia, yang penting saya sudah mengusahakan yang terbaik.

Baca Juga: Proses Kelahiran Shanum

Hikmah yang saya ambil dari kehamilan kemarin itu adalah kita harus mau merubah kebiasaan dari ngga suka jadi suka, dari ngga mau jadi mau makan makanan sehat. Tujuannya bukan untuk diri sendiri tapi untuk janin yang ada didalam kandungan.

Dari pengalaman yang saya lalui ketika kehamilan kedua kemarin, saya pun menyadari bahwa peduli asupan sehat sejak kita merencanakan kehamilan itu sangat penting. Saya juga belajar tentang optimis dan positif thinking yang harus kita miliki supaya afermasi positif itu menemani hari-hari kehamilan kita supaya kita lebih tenang sehingga janin pun tenang.

Seminar Bunda PAS-Peduli Asupan Sehat

9 Desember 2017 yang lalu, PT Kalbe Blackmores Nutrition mengadakan seminar yang diberi nama Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat). Bunda PAS adalah seminar yang bertujuan untuk mengedukasi ibu hamil untuk menjaga asupan sehat sejak sebelum hamil, ketika hamil dan saat menyusui.  

Menurut data Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2015, Angka Kematian Ibu (AKI) yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup masih terbilang tinggi walau telah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan 2012, yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup.

Target dari seminar edukasi ini adalah para ibu hamil dan menyusui karena masih sedikit para ibu dan calon ibu yang memahami tentang pentingnya asupan nutrisi selama masa hamil dan menyusui. Jika ingat pengalaman saya, rasanya acara-acara seperti ini memang harus rutin diadakan supaya makin banyak ibu yang paham akan pentingnya asupan nutrisi selama hamil dan menyusui. Di seminar ini, kita juga diingatkan akan pentingnya kesehatan fisik dan psikologis seorang ibu untuk kepentingan tumbuh kembang seorang anak terutama di 1000 hari kehidupan si buah hati. Jadi dari mulai pemenuhan nutrisi, bagaimana melahirkan secara alami melalui proses Hypnobirthing, talkshow sampai dengan bagaimana memasak makanan yang simple namun juga bergizi tinggi dibahas dalam seminar Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat ini).

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,
Hadir di acara Bunda PAS-PeduliAsupan Sehat

Hypnobirthing

Istilah Hypnobirthing memang sudah sering saya dengar, apalagi sejak Andien (Penyanyi) berhasil melahirkan dengan metode ini dan menjadi viral seantero negeri. Setelah saya membaca beberapa artikel dan mengikuti instagramnya Ibu Lanny Kuswandi dan Mba Mila akhirnya saya bercita-cita untuk bisa melahirkan dengan metode ini. Iya sih, pada akhirnya saya menjalaninya dengan sectio tapi saya lalui dengan afermasi positif itu. Akhirnya hari ini saya mendengarkan langsung Ibu Lanny menjelaskan tentang Hypnobirthing.

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,
Ibu Lanny Kuswandi menjelaskan tentang Hypnobirthing

Hypnobirthing berasal dari kaya Hypnosis dan Birthing. Hypnosis adalah pemberdayaan energi jiwa bawah sadar dengan mengistirahatkan energi jiwa sadar dengan tujuan untuk memprogram ulang rekaman-rekaman negatif yang sudah terekam dijiwa bawah sadar. Sedangkan birthing adalah proses persalinan. Jadi Hypnobirthing adalah suatu proses pemrograman ulang disistem bawah sadar kita tentang proses melahirkan. Jika semula melahirkan adalah proses yang menegangkan dan menakutkan. Dengan metode hypnobirthing ini kita dilatih untuk melalui proses persalinan menjadi sebuah perjalanan yang penuh cinta dengan afermasi positif (doa). Metode ini memaksimalkan fungsi tubuh, pikiran dan semangat. Kegiatan penunjang untuk hypnobirthing biasanya adalah prenatal yoga.

Baca Juga: Prenatal Yoga

Di sesi ini para peserta yang jumlahnya ratusan pagi itu juga diajak melakukan simulasi relaksasi jiwa bawah sadar yang dilakukan selama 10 menit. Duh suaranya bu Lanny Kuswandi seketika bisa menghipnosis peserta dan semua peserta yang adalah ibu hami, ibu menyusui dan para suami pun rileks.

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,
Peserta sedang melakukan simulasi relaksasi ala Hypnobirthing

Talkshow Bunda Peduli Asupan Sehat

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,
Ki-Ka: MC, Franda, dr. Bram Pradipta, Sp. OG, dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, Ibu Vina (Marketing Blackmores)

Ibu hamil itu harus sering membaca artikel-artikel kesehatan yang berhubungan dengan kehamilannya. Selain untuk tahu dan bisa membedakan mana issue yang katanya mitos dan mana yang memang benar. Jangan sampai karena khawatir dengan mitos kita jadi kehilangan banyak nutrisi karena pilah-pilih makanan. Seperti yang dialami artis muda Franda, yang selalu saja mendapatkan komentar tentang mitos-mitos kehamilan setiap kali dia posting sesuatu yang berhubungan dengan kehamilannya di instagram. Netizen selalu menyampaikan hal-hal yang dilarang dan boleh selama kehamilan, padahal itu hanya mitos. Meskipun mitos itu mungkin dulu ada tujuan tertentu yang ngga pernah kita tau, tapi sekarang sudah banyak pejelasannya perlu atau tidaknya mitos tersebut dipercaya yang berhubungan dengan kesehatan ibu dan janin.

dr. Bram Pradipta, Sp.OG, Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan mengatakan bahwa sebaiknya asam folat dikonsumsi sejak kita baru merencanakan kehamilan. Kebutuhan asam folat per orang setiap harinya adalah 400gr. Makanan yang mengandung asam folat cukup beragam misalnya: cerecal, sayuran yang berwarna hijau dan alpukat. 

Masih menurut Dokter Bram, kita juga bisa mengusahakan jenis kelamin dari seorang anak yang kita inginkan melalui makanan. Jika ingin anak perempuan bisa mengatur makanan yang mengandung basa, seperti: air kelapa, air jeruk nipis, jus buah-buahana, sayur-sayuran berwarna hijau dan kuning dan tidak mengandung zat tepung atau pati. Sementara itu jika menginginkan anak laki-laki bisa mengatur dengan makan makanan yang mengandung asam, seperti: terlu, daging, ikan, makanan laut, dan makanan gorengan. Nah…jadi yang lagi kepengin jenis kelamin tertentu mulai sekarang pilih deh mau makan yang asam atau basa, selain tentu saja berdoa pada yang Maha Kuasa.

Saya waktu hamil berpikiran makan apa saja yang penting masuk dan ngga dikeluarin lagi. Tapi justru ini yang menyebabkan ibu hamil seringkali jadi kelebihan berat badan paska melahirkan. Padahal yang benar adalah makan yang memang dibutuhkan dan bergizi untuk janin. Menurut dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK makanan yang baik untuk ibu hamil seperti: putih telor, buah dan serat berbagai macam warna. Makan sedikit-sedikit asalkan sering, jangan makan makanan mentah, perhatikan cara masak, usahakan mengurangi gula, garam dan minyak.

By the way hal-hal yang diinformasikan Dokter Raissa ternyata bisa juga dilakukan oleh ibu menyusui loh. Paska melahirkan biasanya ada aja kelebihan berat badan tuh, seperti saya ini. Makanan-makanan itu bisa menjaga asupan ASI tetap bergizi dan bisa bonus turunnya berat badan. Apalagi kalau mengurus si kecil sendiri bisa lebih cepat kembali normalnya. Selain makanan yang bergizi bukan berarti ibu hamil dan menyusui tidak perlu vitamin. Justru dikondisi ini kita butuh vitamin untuk kita sendiri dan si buah hati.

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,

Blackmores pregnancy & breastfeeding gold adalah multivitamin yang mengandung 15 nutrisi penting untuk ibu hamil dan menyusui. Termasuk didalamnya ada asam folat, iodium, zat besi, kalsium dan DHA semuanya itu sangat penting untuk perkembangan kesehatan bayi selama 1000 hari pertama kehidupannya. Multivitamin ini mengandung orourless fish oil yang kaya akan DHA untuk perkembangan otak bayi, mata dan sistem saraf. Kalsium untuk kesehatan tulang baik ibu dan bayinya. Zat besi untuk mencegah anemia tanpa menyebabkan konstipasi. 400 gram asam folat untuk mengurangi resiko neural tube defects pada janin. Dan Iodium untuk perkebangan otak, kemampuan motorik visual , pendengarn bayi dan IQ anak.

Ada 4 keunggulan Blackmores pregnancy & breastfeeding gold ini, yaitu:

  • Kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat.
  • Kandungan odourless fish oil darisumber alami Omega 3 dari laut terdalam yang tidak berbau.
  • Dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA.
  • Dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah.

Blackmores, Blackmores Indonesia, Blackmoresid, Kehamilan, Menyusui, Breastfeeding, Pregnancy, Peduli Asupan Sehat, Bunda PAS, Multivitamin, Blacmores Pregnancy,

Honestly waktu hamil kemarin saya belum paham akan fungsi blackmores ini dan waktu itu taunya masih import belum banyak dijual di Indonesia. Baru ketika baru melahirkan saya tau bahwa blackmores sudah bisa dibeli di Indonesia. Tidak ada yang terlambat, disaat menyusui seperti ini saya pun mengkonsumsi Blackmores pregnancy & breastfeeding gold untuk saya dan Shanum. Pokoknya sekarang kalau diminta untuk minum vitamin saya akan minum. Demi bisa menyusui selama 2 tahun dengan ASI yang memiliki nutrisi yang baik.

Jadi kalau mau hamil lebih baik mulai konsumsi asam folat dari sekarang. Urusan hamilnya kapan, banyak minta sama Allah azza wajalla. Setelah itu kurangi makan fast food, ini sekaligus mengingatkan diri sendiri. Yuk, kita jadi Bunda yang lebih peduli asupan sehat untuk si buah hati. Bunda PAS, pas gizinya pas nutrisinya.

Mau tau lebih jauh tentang Blackmores, bisa mampir ke channel dibawah ini ya:

Facebook: Blackmores Indonesia

Website: www.blackmores.co.id

Instagram: @BlackmoresID



signature-desy

You may also like

10 Comments

  1. betul mbak desy, bumil & busui kudu banget peduli nutrisi yg masuk ke dalam tubuh, karena ibarat nabung aset, klo nutrisinya penuh gizi insya allah baby tumbuh sehat, klo gak sempet minum macam2 vitamin bisa pilih blackmores ya karena komplit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *