Creative Writing With Andra Alodita

Tinkerlust, Workshop, Creative Writing, Andra Alodita, Blogging, Blogger, Wardah, Kinosaurus

Blog adalah salah satu media saya untuk bercerita. Tujuan awal nulis blog sebenarnya hanya ingin sekedar bercerita sama diri sendiri aja, mungkin ini terapi untuk orang introvert seperti saya. Motivasi lain dari nge-blog adalah menambah wawasan dengan membaca pengalaman hidup orang lain. Bukan maksudnya mau tau aja urusan orang sih, tapi paling tidak menjadi pelajaran buat kita.

Saat ini nge-blog sudah menjadi ranah yang bisa menghasilkan. Bukan hanya materiil tapi juga non materiil. Motivasi saya nge-blog pun bergeser, dari sekedar hobi menulis cerita sehari-hari alias curhat menjadi cerita yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk orang lain dan alhamdulillahnya lagi berpenghasilan. Ga heran sih, saat ini banyak orang yang ingin tau tentang blog dan bagaimana memonetazi blognya. Siapa sih yang menolak jika bisa berpenghasilan dari hobi.

Ketika tau Mba Andra akan berkolaborasi bareng Tinkerlust dan Wardah untuk mengadakan workshop tentang Creative Writing For Blogging koq semacam pucuk dicinta ulam pun tiba….tanpa pikir panjang saya pun langsung mendaftar. Habis itu berdoa yang kuat semoga ketika saya terpilih Shanum bisa dititipin sama Mama, mengingat Sabtu adalah waktunya Mama “Me Time”. Kapan lagi bisa dapat ilmu langsung dari seorang influencer yang berpengalaman.

Waktu yang ditunggu pun tiba, Alhamdulillah Mama mau memberikan waktu “Me Time” nya bersama Shanum. Yeay busui ini bisa dapat ilmu gratisan ini. Workshop ini berlokasi di Kinosaurus, untuk menuju Kinosaurus kita bisa masuk dari toko buku aksara karena lokasinya ada di bagian belakang toko buku tersebut.

Creative Writing for Blogging

Ternyata ide-ide kreatif dan tulisan-tulisan yang terpampang nyata di blognya Mba Andra tidak hadir begitu saja. Ada pola kebiasaan yang harus ditumbuhkan dan dijaga konsistensinya. Kebiasaan itu dilakukan Mba Andra untuk merangsang agar ide bisa muncul, menambah kosa kata dan memperluas wawasan.

Tinkerlust, Workshop, Creative Writing, Andra Alodita, Blogging, Blogger, Wardah, Kinosaurus

Berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan seorang Andra Alodita untuk menumbuhkan ide kreatif:

  1. Bawalah selalu jurnal mu. Membawa jurnal kemana-mana memudahkan Mba Andra menulis setiap ide yang muncul sekecil apapun. Kenapa harus di jurnal, agar diwaktu luang kita bisa melihat kembali tulisan-tulisan tersebut dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan. Untuk melatih kemampuan menulis, biasakan menulis 3 hal dalam jurnal setiap harinya. Lambat laun akan banyak hal kecil yang justru menjadi inspirasi menulis kita.
  2. Tulislah manual jurnal mu. Era gadget seperti sekarang ini tidak membuat Mba Andra menuliskan jurnalnya di dalam handphone. Dengan menulis manual akan lebih terasa feel ketika menuliskan ide tersebut, bahkan Mba Andra sendiri memiliki note book pada setiap ruangan dirumahnya.
  3. Latihan dan Latihan. Ga ada loh suatu hasil yang dicapai secara instant. Latihan adalah suatu proses yang harus dilalui. Ibarat pinsil jika diasah akan menjadi runcing, begitupun dengan kemampuan menulis kita jika banyak latihan maka akan mengasah kualitas tulisan dan story telling kita.
  4. Percaya Diri. Dalam menulis ternyata juga butuh percaya diri. Setiap ide yang sudah dituliskan dalam jurnal, usahakan untuk dijadikan tulisan. Percaya diri untuk menyalurkan setiap ide kreatif.
  5. Management Waktu. Dalam menulis perlu juga mencari referensi, menyiapkan foto yang menunjang untuk tulisan kita, dan membuat tulisan itu sendiri. Nah….hal-hal itu sebaiknya dilakukan diwaktu yang berbeda, jangan sekaligus.

Jadi jangan bosan-bosan berlatih, dengan banyak berlatih menulis lama-lama akan ketemu tuh sama gaya penulisan yang memang kita banget. Dan saya setuju sama yang dibilang sama Mba Andra, saya sendiri dari awal 2007 nge-blog sampai sekarang kelihatan perkembangan gaya penulisan hingga sampai saat ini.

Siang itu Mba Andra tidak lupa memberikan tipsnya dalam blogging yang selama ini dia jalani, yaitu:

  1. Buat tulisan yang unik sehingga bisa menjadi ciri khas kita
  2. Saat kita kehilangan ide, ada baiknya kita coba ngobrol dengan orang lain. Dari obrolan yang mengalir bisa jadi muncul ide. Atau bisa juga upload stok foto yang kita punya.
  3. Jangan bandingkan tulisan kita dengan orang lain. Setiap orang kekuatan tulisan masing-masing. Latihan deh…supaya tahu kekuatan tulisan kita dimana.
  4. Bosan sama nge-blog? Sudah saatnya kita rehat sejenak dan melakukan hal baru lainnya. Kalau sudah refresh biasanya ide akan mengalir lagi tuh.
  5. Konsisten. Jika dilakukan secara teratur insyaallah pasti membuahkan hasil.
  6. Mind Mapping. Dalam menentukan tema saat nge-blog, buat dulu mind mappingnya, misalkan kategori Make up bisa dipecah menjadi review, tutorial, MOTD, dan lain sebagainya.
  7. Banyak membaca juga bisa menambah referensi kita dalam menulis.
  8. Sebaiknya pilih waktu menulis di pagi hari saat pikiran kita masih fresh.

 

Tinkerlust, Workshop, Creative Writing, Andra Alodita, Blogging, Blogger, Wardah, Kinosaurus
Membuat Contoh Mind Mapping

Diakhir sesi Mba Andra juga praktek membuat mind mapping loh, bahkan jika ada yang mau dibuatkan juga dipersilahkan, gratis. Dua jam sudah berlalu tidak terasa waktu mengalir begitu cepat. Kegiatan hari itu ditutup dengan sesi foto.

Tinkerlust, Workshop, Creative Writing, Andra Alodita, Blogging, Blogger, Wardah, Kinosaurus

Setelah ini rasanya tidak ada alasan bagi saya untuk malas latihan karena seorang Andra Alodita saja juga melalui proses yang tidak instant. Ibaratnya Practice Make Perfect.

Menulislah untuk diri sendiri, jika bermanfaat untuk orang lain itu adalah bonus. – Andra Alodita-

Tinkerlust, Workshop, Creative Writing, Andra Alodita, Blogging, Blogger, Wardah, Kinosaurus
Bersama semua narasumber dan peserta workshop (cr: Tinkerlust)

Anyway terima kasih Tinkerlust dan Wardah yang sudah memfasilitasi ya. Semoga bisa mengadakan workshop seperti ini lagi. Senang juga bisa ketemu teman-teman baru.



signature-desy

You may also like

10 Comments

  1. Kak Desi, asyik banget ya Event-nya. Gara-gara Alodita juga nih aku sekarang mulai istiqomah journaling setiap hari. Efeknya nggak cuma soal ide aja, tapi perasaan lebih positif dan yang terpenting, nggak ada yang keskip gitu. Hehe. Anyway, salah kenal ya kak Desy. Mampir-mampir di blogku hehe.

  2. Malo emang inspirator banget apalagi kegiatan dia yang nulis jurnal, makanya aku niatin banget buat nulis jurnal manual tahun ini tapi lah kok kena kasus pesen jurnal gak jadi2 udah deh males nulis jadinya …. apa ya aku emang dasarnya males yak wkwkwk

  3. Menulis memang butuh banyak latihan. Sama halnya seperti berbicara, berbicara juga perlu latihan supaya bahasanya dapat diatur dengan baik. Menulis juga begitu, kalau enggak kadang membaca tulisannya sendiri bikin ngakak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *