Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Mobil, Kredit, KKB,

Mobil, Kredit, KKB,

Memiliki kendaraan bermotor kini sangat diimpikan oleh seseorang yang memasuki usia produktif. Kendaraan bermotor kini dianggap juga sebagai kebutuhan utama setara dengan kebutuhan akan tempat tinggal, baik itu motor atau mobil pasti masuk ke dalam daftar barang impian dari masing-masing orang. Jadi bisa dibilang bukan lagi murni gaya hidup. Lokasi tempat tinggal yang cukup jauh dengan kantor juga bisa menjadi pertimbangan seseorang ketika memutuskan untuk membeli mobil atau motor. Ditambah dengan kondisi transportasi kita saat ini yang masih jauh dari nyaman, maka memiliki kendaraan mobil atau motor akan menjadi impian setiap orang.

Apalagi jika sudah memiliki keluarga kecil dengan anak balita. Tentu saja berpergian dengan mobil akan dirasa lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Bahkan bisa juga dinilai lebih efisien jika harus berpergian dengan taksi. Selain bisa membawa keluarga inti, mobil juga bisa membawa kakek, nenek, tante, asisten rumah tangga, dan siapa saja yang akan ikut berpergian. Jadi memilih mobil idaman pasti akan dilakukan sambil menyiapkan biayanya.

Memiliki mobil kini tidak lagi bisa dibilang boros. Pernah dengar tentang transportasi online?. Iya, transportasi yang harus kita pesan melalui aplikasi melalui handphone, seperti: uber, grab car, dan go car sedang menjamur di kota-kota besar. Jika dibilang memiliki mobil sebagai gaya hidup, kini memiliki mobil bisa dibilang juga sebagai ladang usaha. Dengan terbukanya peluang seperti itu maka makin marak lagi orang yang ingin memiliki mobil dan memulai untuk berwirausaha dengan menjadi rekanan dari para pemilik aplikasi online.

Apakah itu wajar? Tentu saja, asalkan keputusan memiliki mobil tersebut sudah benar-benar dipikirkan matang-matang termasuk dengan biayanya. Apakah memiliki mobil sudah sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan pemasukan yang ada. Jangan sampai memiliki mobil membuat kita jadi lebih besar pasak daripada tiang. Jika demikian maka, memiliki mobil bukanlah keputusan yang tepat.

Membeli mobil bisa dilakukan secara tunai atau kredit. Tapi untuk membeli langsung tunai biasanya kita akan berpikir ulang lagi. Biasanya seseorang akan mempertimbangkan lagi jika harus dana sebesar itu. Karenadengan dana yang cukup besar itu bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Jika demikian maka alternatif yang bisa diambil adalah dengan mencicil atau membeli secara kredit.

Kredit, Mobil, KKB

Membeli mobil secara kredit tentu saja harus memiliki beberapa pertimbangan. Menurut saya pribadi, hal-hal berikut ini patut untuk dipertimbangkan seperti misalnya:

1.  Uang Muka

Besar kecilnya uang muka tentu saja akan mempengaruhi besarnya cicilan yang akan kita bayarkan tiap bulannya. Dan tentu saja uang muka ini juga tergantung dari ketersediaan dana yang kita miliki saat itu.

2.  Periode Mencicil

Rentang waktu ini akan berpengaruh dengan besarnya bunga yang akan kita bayarkan pertahunnya. Dan kembali lagi ini juga disesuaikan dengan besarnya cicilan yang kita mampu bayar setiap bulannya.

3.  Asuransi

Untuk kendaraan bermotor yang dicicil, perlu sekali diikutkan dalam asuransi all-risk, Bahasa awam nya begitu. Kenapa? Agar jika satu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, sudah ada pihak asuransi yang akan membantu tanpa kita perlu mengeluarkan banyak biaya.

4.  Proteksi Kredit

Asuransi jiwa bagi kreditor ini juga penting jika kita ingin mengajukan suatu kredit. Hal ini berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yaitu kreditor meninggal dunia, maka utang yang sudah diajukan tidak akan membawa masalah bagi keluarga yang ditinggalkan.

Disinilah kemudian kita harus pintar-pintar memilih lembaga keuangan mana yang bisa memfasilitasi hal diatas yang bisa masuk budget kita. Jangan hanya tergiur dengan suku bunga yang rendah namun beberapa hal diatas diabaikan. Menurut Bapak Herry M Somantri (Deputy Director KKB BCA) ternyata ada 5 hal yang perlu diperhatikan oleh kita saat akan mengajukan kredit kendaraan bermotor, yaitu:

1. Suku Bunga

Suku bunga adalah satuan yang digunakan untuk menghitung hutang yang harus dibayarkan oleh nasabah atau debitur.

2. Provisi

Provisi adalah biaya kompensasi akibat pengajuan kredit. Umumnya provisi yang ditetapkan oleh para penyedia kredit mobil sekitar 1-5% dari pokok hutang. Tergantung kebijakan dari tiap-tiap penyedia kredit mobil.

3. Administrasi

Ini adalah biaya yang dikeluarkan oleh nasabah terhadap administrasi yang dilakukan oleh penyedia kredit mobil. Besarnya biaya tergantung daripada kebijakan masing-masing penyedia kredit, umumnya dimulai dari 3 juta rupiah.

4. Asuransi

Dibagi atas dua macam yaitu: Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Biaya nya pun tergantung dari kerjasama para penyedia kredit mobil dengan pihak asuransi.

5. Proteksi Kredit

Komponen ini yang kemudian akan memberikan perlindungan kredit bagi nasabah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (meninggal dunia), maka cicilan mobil tersebut akan dianggap lunas. Dan mobil tetap akan menjadi milik keluarga nasabah.

Untuk kamu yang ingin mengajukan kredit mobil, boleh dicatat nih promo dari BCA ini. Dan perlu digarisbawahi adalah promo yang dimiliki BCA sudah bisa mewakili 5 komponen yang sangat penting diatas. Promo itu meliputi:

  • Suku bunga khusus sebesar 3,08% untuk tenor kredit selama 1 tahun, 3,88% untuk tenor tahun, 4,18% untuk tenor kredit 3 tahun dan 4,48% untuk tenor kredit selama 4 tahun.
  • Bebas biaya provisi
  • Biaya administrasi hanya sebesar 1,5 juta rupiah, ditambah lagi diskon sebesar 300 ribu rupiah jika calon debitur menyertakan NPWP.
  • Asuransi yang digunakan menggunakan harga bawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  • Proteksi kredit dihitung berdasarkan jumlah hutang pokok, bukan dari harga mobil on the road (OTR)yang dibeli nasabah.

Jadi KKB BCA bisa menjadi pilihan kamu jika ingin mengajukan kredit mobil nih. Kamu cukup mencari dealer mobil mana saja yang sudah bekerjasama dengan KKB BCA. Untuk informasi lebih jelas tentang KKB BCA ini bisa langsung ke http://www.bca.co.id. Siapa tahu bisa jadi bahan pertimbangan kan.

Selamat memilih mobil baru ya, ingat pilih yang hemat bbm, oke……

KKB

 

signature-desy

You may also like

9 Comments

  1. setuju banget sama apa yang dituliskan Mba Desy ini 🙂
    jangan lupa satu lagi, pikirkan tanggal jatuh temponya, apalagi bagi karyawan yang tanggal gajiannya selalu tetap setiap bulannya. Usahakan agar tanggal jatuh tempo bertepatan dengan tanggal gajian agar gak telat membayar, hihihi 🙂

  2. Mau nanya nih mbak
    Kalau mau ketemu langsung cmo kkb bca gmana ya soalnya saya awam bgt soal ini, kebanyakan sales lebih milih bca finance daripada kkb bca. Saya pengen ambil mobil tapi pake kkb bca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *