Siapkan Kecerdasan Multitalenta Sejak Dini

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting,

Setelah saya punya bayi lagi, saya rajin banget hadir diacara yang berhubungan dengan perkembangan anak. Jadi mengingat kembali masa-masa kuliah dulu deh. Setelah Naeema 4 tahun saya memang lebih sering membaca hal-hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang untuk usia 5-7 tahun. Otomatis hal-hal tentang perkembangan bayi diusia 1000 hari pertamanya jadi sedikit lupa. Itulah sebabnya saya perlu di refresh mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak balita.

Sabtu, 12 Agustus 2017 yang lalu saya berkesempatan hadir di acara Konferensi Ayah Bunda Platinum di Hotel Novotel Tangerang. Tangerang merupakan kota ke 10 yang menjadi rangkaian Konferensi Ayah Bunda Platinum ini. Woow….jarang rasanya ada seminar edukasi seperti ini di Tangerang yang diadakan langsung oleh swasta. Tujuan diadakannya konferensi ini oleh Morinaga Platinum adalah untuk memberikan edukasi kepada para orangtua agar bisa menstimulasi anak dengan kecerdasan multitalenta. Dan memberikan kesadaran kepada para orangtua bahwa setiap anak itu cerdasnya beda.

Kemarin juga pengalaman pertama saya ikut konferensi seperti ini loh, bahkan jaman Naeema kecil dulu, saya tidak pernah hadir di acara sebesar ini. Saya cukup takjub dengan semangat ayah-bunda yang hadir siang itu untuk menambah ilmu dan dalam ikhtiarnya menjadi orangtua yang terbaik bagi buah hati mereka.

Peserta seminar hari itu kurang lebih ada 1000 orang yang terdiri dari ayah dan bunda. Namanya juga Konferensi untuk orangtua, ada banyak fasilitas yang diberikan disana. Ketika kita melakukan registrasi, kita sudah langsung diberikan kuesioner untuk melihat status perkembangan anak kita. Kuesioner tersebut tentu saja diisi oleh kita sesuai dengan observasi yang kita lakukan terhadap si buah hati.

Selain itu diluar ruangan seminar juga ada booth-booth yang berfungsi untuk melihat apakah anak kota alergi atau tidak. Nah kebetulan saya sempat berkonsultasi disini, mengisi beberapa pertanyaan secara online dan hasilnya Shanum, anak kedua saya 40% ada kecenderungan memiliki alergi. Kalau saya mau tau lebih detail alergi nya seperti apa, saya harus berkunjung ke www.cekalergi.com disana akan ada expert yang menjawab pertanyaan-pertanyaan ayah-bunda seputar alergi.

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting,
Booth untuk mengetahui alergi pada anak

 

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting,
Booth untuk mengetahui kecerdasan majemuk

Ada juga booth yang membantu kita untuk melihat kecerdasan majemuk pada anak. Seperti biasa kita harus mengisi kuesioner didalam aplikasi. Sayangnya saya tidak sempat berkonsultasi disini karena Shanum ngantuk berat. Dan kalau Shanum ngantuk saya harus meninabobokannya dengan sedikit bergoyang dan bersenandung. Emak-emak lyfe banget ya kan?? Oh iya, ada juga booth yang menjual produk morinaga, ssst kita juga bisa mencoba susu chill school loh, Naeema bolak-balik ambil terus tuh.

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting, Moricare+
Booth Morinaga Platinum. Bebas mencoba susu morinaga formula baru

Setiap acara orangtua disitu ada anak-anak, kalo tanpa anak-anak seperti ada sesuatu yang kurang. Untungnya pihak penyelenggara acara dalam hal ini Morinaga Platinum sangat memahami kondisi ini. Jadi…kaka Naeema bisa asyik main di pojok playground dengan pasir kinestetiknya. Unda pun nyaman menimba ilmu didalam sambil tetap menggendong Shanum.

Seminar hari itu dipandu oleh Mas Irfan Hakim loh….kehadirannya menyegarkan suasana dan membuat rileks, mengingat materi yang disampaikan nanti cukup berat. Walaupun kehadiran beliau sempat membuat peserta seminar gagal fokus, tapi alhamdulillah suasana tetap kondusif.

 

Nutrisi itu Penting

Materi pertama adalah tentang nutrisi yang disampaikan oleh Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) atau lebih dikenal dengan panggilan Dokter Wawan. Beliau adalah seorang Dokter Spesialis Anak dan juga konsultant tumbuh kembang di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Beliau mengatakan bahwa menjadi generasi yang multitalenta merupakan hak dari setiap anak, untuk itu perlu diberikan bekal sedini mungkin karena menjadi multitalenta merupakan proses yang panjang.

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting,
Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) & Irfan Hakim

Menurut informasi yang disampaikan Dokter Wawan, ada 4 faktor pembentuk anak generasi multitalenta, yaitu:

1. Perkembangan Otak
Dengan memberikan nutrisi yang baik maka perkembangan otak pun akan baik. Bagi bayi, nutrisi yang terbaik adalah ASI. Stimulasi dini juga penting untuk merangsang perkembangan otak. Stimulasi pada dasarnya harus diberikan sesuai dengan tingkatan usia si kecil.

Stimulasi yang dimaksud adalah interaksi antara
Bayi dan kita atau yang mengasuhnya. Pancing anak dengan memberikan senyuman, maka dia akan tersenyum. Memanggil namanya, menggerak-gerakan benda yang berwarna terang juga merangsang si kecil untuk bereaksi. Intinya, stimulasi yang orang dewasa berikan harus menyenangkan bagi bayi.

2. Sistem Kekebalan Tubuh
Menjaga kekebalan tubuh bayi bisa dilakukan sejak masih dalam kandungan. Caranya dengan menjaga kesehatan ibu hamil, jika ibu hamil sehat maka nutrisi yang masuk ke janin melalui plasenta tidak akan terhambat.

Memberikan ASI sejak dini juga membantu anak untuk membangun sel-sel antibodi sendiri. Dengan terbentuknya sel antibodi maka melatih tubuh si kecil untuk mengenali, menyerang dan memusnahkan agen penyakit yang menyerang tubuhnya. Hal ini juga bisa dibantu dengan pemberian imunisasi pada anak.

3. Tumbuh Kembang Optimal
Tumbuh kembang merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Tumbuh berhubungan dengan struktur dan ukuran fisik, sementara berkembang berhubungan dengan fungsi dan kemampuan.

Pada 3 bulan pertama, bayi belum merespon apa yang ada disekitarnya. Baru ketika berusia diatas 3 bulan, bayi akan mulai merespon senyum yang kita. Dan diatas 6 bulan, bayi akan memperlihatkan perkembangan motorik kasarnya.

Yang perlu para orangtua perhatikan adalah setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Hal itu pun tidak bisa dicapai dengan instant, diperlukan rangsangan dari lingkungan sekitar.

Nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang optimal adalah :
– Makronutrien : karbohidrat, lemak dan asam lemak, dan protein (alfa-laktabumin)
– Mikronutrien : vitamin dan mineral
– Probiotik, prebiotik, nukleotida dan laktoferin

4. Kesehatan Saluran Cerna
Kesehatan cerna harus selalu dijaga agar bisa menyerap proses absorsi zat-zat nutrisi. Ada mikrobiotik yang berkembang seiring dengan tumbuh kembang anak.

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting, Moricare+

Diakhir sesi pembahasan, Dokter Wawan memberikan tips-tips yang dapat dilakukan orangtua untuk mencetak generasi yang memiliki multitalenta, yaitu:
Dimulai pada masa kehamilan: menjaga kesehatan dan senantiasa merasa tenang, nyaman, dan bahagia. Hindari stress, cari kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kondisi tubuh. Dan jangan lupa untuk selalu siaga terutama ketika sudah mendekati waktu persalinan.
– Masa persalinan dan Kelahiran: Usahakan melahirkan secara normal, lakukan inisiasi menyusui dini sesegera mungkin dan berikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pada bayi.
– Pada masa bayi dan anak usia dini: memberikan ASI dan MPASI secara baik dan benar, bangun pola asuh yang baik sehingga terjadi proses perlekatan pada si kecil, membentuk kemampuan anak dengan cara bermain yang menyenangkan dan ciptakanlah lingkungan kaya akan rangsangan.

Pilihlah mainan yang memiliki tujuan untuk perkembangan si buah hati.

 

Formula Moricare

Seperti yang disampaikan oleh Dokter Wawan, anak perlu diberikan nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal. Pemberian nutrisi itu bahkan harus diberikan sejak dalam kandungan.

Dalam teknologi terbaru yang dilakukan oleh Morinaga Platinum tercipta suatu inovasi baru yang dinamakan Moricare+. Moricare+ mensinergikan 4 faktor yang bisa menunjang tumbuh kembang anak dengan nutrisi yang sesuai dengan fungsinya masing-masing, yaitu:
1. Kecerdasan Multitalenta
2. Pertahanan Tubuh Ganda
3. Tumbuh Kembang Optimal
4. Prodigest

KABP, Konferensi Ayah Bunda Platinum, Morinaga Platinum, Seminar Edukasi, Parenting, Moricare+

Formula Moricare+

Sebanyak apapun memberikan nutrisi pada anak jika si anak tidak memiliki saluran cerna yang sehat maka nutrisi yang diberikan sebelumnya menjadi tidak bermanfaat. Oleh sebab itu menjaga saluran cerna juga sangat penting. Itulah salah satu alasan Morinaga Platinum menambahkan unsur prodigest dalam formulanya yang baru. Pro-Prebiotik  dapat mencegah infeksi saluran cerna yang disebabkan oleh bakteri jahat. Sehingga bayi dan anak tidak mudah terkena diare. Formula Moricare+ ini terdapat dalam susu Chil kid untuk anak usia 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan 1-3 tahun sedangkan Chilschool untuk anak usia 3-12 tahun.

Kesimpulan dari materi siang itu adalah sebagai orangtua terutama ibu harus menyiapkan dirinya ketika berencana untuk hamil. Makan-makanan bergizi selama kehamilan dan selalu bahagia. Berikan ASI eksklusif pada si kecil selama 6 bulan pertama. Berikan nutrisi yang seimbang pada si kecil dan selalu jaga kesehatan saluran cernanya. Jangan lupa agar selalu menciptakan lingkungan yang penuh dengan rangsangan agar anak bisa bereksplorasi sehingga mencapai kecerdasan yang multitalenta.



signature-desy

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *