Arisan Resik, Membahas Keputihan Dan Solusinya

Resik V, Godokan Sirih, Ramuan Tradisional, Kebersihan Daerah Kewanitaan,

Ternyata permasalahan wanita itu bukan hanya sekedar saat datang bulan saja. Masih ada masalah kewanitaan lain yang harus diantisipasi oleh setiap wanita. Apakah itu? Keputihan adalah hal lain yang harus diantisipasi setiap wanita. Keputihan merupakan radang yang terjadi pada vagina sehingga menyebabkan keluarnya cairan yang berlebihan. Harus ada solusi yang dilakukan secara konsisten agar meminimalisir keputihan. Di Arisak Resik kemarin saya diingatkan kembali tentang masalah kewanitaan yaitu keputihan dan solusinya.

Resik V, Godokan Sirih, Ramuan Tradisional, Kebersihan Daerah Kewanitaan, Feminie Hygiene, Keputihan dan Solusinya
Indonesia Hijab Blogger di Arisan Resik (Photo: Ola Aswandi)

Hadir di arisan resik bersama teman-teman dari Indonesia Hijab Blogger (IHB) kami yang semuanya adalah wanita diingatkan kembali untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan agar terhindar dari keputihan. Keputihan biasanya disebabkan karena infeksi dan non-infeksi. Keputihan yang normal biasanya terjadi menjelang masa subur. Sementara keputihan yang disebabkan karena infeksi biasanya disebabkan karena jamur (candida), bakteri yang berbahaya atau parasit trikomoniasis. Memang pemicu utama keputihan disebabkan karena lembabnya daerah kewanitaan sehingga jamur, bakteri dan parasit yang disebutkan tadi lebih leluasa berkembang. Jika keputihan sudah mengganggu sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan, biasanya tindakan yang dilakukan adalah mencuci Miss V. Langkah ini jangan pernah dilakukan sendiri ya, harus dengan orang yang ahli dibidangnya. Ketika keputihan berbau disertai dengan darah yang segar harus segera diperiksakan lebih lanjut karena ada indikasi penyakit kanker rahim. Duh….semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya.

Resik V, Godokan Sirih, Ramuan Tradisional, Kebersihan Daerah Kewanitaan, Feminie Hygiene, Keputihan dan Solusinya
Mendengarkan tentang keputihan dan solusinya

Menjaga kebersihan daerah kewanitaan sangat perlu untuk diperhatikan. Selain untuk kesehatan kita sendiri, menjaga kebersihan juga bagian dari yang diperintahkan oleh agama. Jangan pernah mencuci Miss V dengan sabun mandi biasa ya, karena pH nya tidak sama dengan daerah intim kita yang sangat sensitif itu. Ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan yang bisa menjadi solusi untuk meminimalisir keputihan:

  • Gunakan selalu air yang bersih setiap kali mencuci daerah kewanitaan kemudian keringkan dengan handuk atau tissue kering setelah buang air kecil dan buang air besar
  • Basuh dari arah atas ke bagian bawah
  • Memakai cairan pembersih khusus kewanitaan (feminine hygiene) dengan pH yang sesuai
  • Memakai pakaian dalam dari bahan katun yang menyerap keringat dan bersih, menggantinya 3 kali sehari atau setiap kali terasa lembab.
  • Memakai pembalut wanita yang baik saat haid dan menggantinya 3-6 jam sekali
  • Bersihkan diri setelah berenang atau berolahraga dan mengganti pakaian dalam yang basah atau berkeringat setelah beraktivitas.
  • Cuci pakaian dalam sendiri dan terpisah dengan pakaian yang lainnya
  • Sebaiknya pakaian dalam disimpan secara terpisah dengan pakaian yang lainnya

Baca Juga: Tips Untuk Ibu Menyusui

Kalau bicara tentang membersihkan daerah kewanitaan, kebetulan dikeluarga saya suka menggunakan ramuan yang sifatnya  tradisional. Sejak sama remaja dan mulai menstruasi, Mama selalu menyarankan untuk membersihkan daerah kewanitaan dengan godokan daun sirih. Dan memang ampuh sih untuk saya. Sehabis membersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat dari rebusan daun sirih itu biasanya gatal karena lembab itu biasanya menjadi hilang. Kenapa pakai daun sirih? Menurut yang saya baca, daun sirih merupakan antiseptik alami, antibakteri, dan antioksidan. Godokan daun sirih juga mudah dibuat dan didapatkan.

Resep godokan daun sirih ala mama:
5 lembar daun sirih besar
5 gelas air
rebus sampai air hanya tersisa setengahnya

Tapi makin kesini sepertinya saya makin ga punya waktu untuk membuat godogan daun sirih sendiri, apalagi sekarang susah mendapatkan daun sirih didekat rumah. Tapi untung sekarang ada Resik V godokan daun sirih, jujur saya baru tau ada produk ini. Biasanya saya pakai Resik V yang biasa. Bedanya Resik V godokan daun sirih ini benar-benar terbuat dari godokan daun sirih asli. Jadi dari daun sirih pilihan kemudian dilakukan proses pencucian, direbus bersama dengan air bersih kemudian jadi deh Resik V godokan daun sirih. Disarankan menggunakannya setiap habis mandi atau kapan saja saat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

Resik V, Godokan Sirih, Ramuan Tradisional, Kebersihan Daerah Kewanitaan, Feminie Hygiene

Resik V, Godokan Sirih, Ramuan Tradisional, Kebersihan Daerah Kewanitaan, Feminie Hygiene, Keputihan dan Solusinya

Kemasan Resik V godokan daun sirih ini tersedia dalam ukuran 100 ml, jadi praktis dibawa kemana-mana. Pemakaiannya pun tidak perlu lagi dicampur dengan air. Resik V godokan daun sirih mengklaim bahwa kandungan daun sirih nya yang alami juga aman dan teruji bisa membunuh jamur candida. Dan tidak membunuh bakteri baik yang seharusnya memang dibutuhkan oleh Miss V kita. Karena diproses dengan menggunakan teknologi yang canggih sehingga lebih higienis. Dan sudah memiliki sertifikat halal loh.

Resik V, Godokan Sirih, Ramuan Tradisional, Kebersihan Daerah Kewanitaan, Feminie Hygiene
Tersedia Ukuran 100ml

Oh iya, hanya saja untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan dulu cairan pembersih ini karena Resik V godokan daun sirih ini juga mengandung rumput fatima. Meskipun sedikit kandungannya namun menurut Dr. Rita Bonti Tri H Shanti, SpOG rumpur fatima memiliki kandungan yang bisa merangsang kontraksi meskipun sedikit tapi sebaiknya jangan digunakan untuk ibu hamil karena belum ada uji empirisnya. Tapi kalau untuk kita yang tidak hamil insyaallah aman koq. Saya sudah satu minggu ini menggunakan Resik V godokan daun sirih, wanginya memang daun sirih banget, tidak ada detergennya, dan Miss V tidak lembab.

Jadi jangan malas membersihkan Miss V ya, selain untuk kesehatan, kebersihan juga untuk suami buibu, hehehe. Ngga perlu rebus-rebus daun sirih lagi, tinggal klik tutup botol Resik V godokan daun sirih, tuang sedikit dan basuh pada bagian luar daerah kewanitaan dan bilas. Jangan lupa keringkan dengan handuk atau tissue ya.

Yuk kita jaga kebersihan diluar dan kebersihan didalam.



signature-desy

You may also like

21 Comments

  1. Aku malah make-make Resik V karena jawaban dari mba Yuna (Brand Manager) yang menjawab pertanyaan dari dokter Bonti mba soal kandungan rumput fatima ini.

    Mba Yuna bilang ini aman untuk ibu hamil, karena kandungan rumput fatima sangat sedikit dan sudah dikonfirmasi oleh produsen keamanannya. Karena dokter Bonti bertanya apakah sudah dijelaskan oleh produsennya. Jawaban pede mba Yuna bikin aku pede juga make Resik V disaat sedang hamil 35 minggu.

    Tapi ya semoga saja, selama gak masuk badan dan hanya pemakaian luar, harusnya aman. Hehehe. Salam kenal mba Desi.

  2. Tips itu Masih saya pakai smp skrng mba,,,, d rumah alhamdulillah daun sirih merambat sekitar pagar tinggal petik,, nah klau pergi stay baru saya bawa resik v noted infna

  3. Cantik dan resik idaman banget ya ka.. Alhamdulillah sudah ada yang praktis jadi ngga perlu rebus daun sirih lagi deh.. resik resik tambah disayang suami deh.. tambah anak lagi deh #eh

  4. Aiihh.. Resep godokan sirihnya sama tuh kayak mamaku.*toss tante*. Tapi sekarang udah ada Resik V Godokan Sirih jadi udah gak rebus2 lagi. Udah ada yang praktis. 🙂

  5. Nahh tentang penggunaan untuk ibu hamil ini, aku juga masih agak ragu yaaa karena pernyataan dr. Bonti tentang rumput fatima yang merangsang kontraksi. Tapi waktu itu mba Yuna PR Manager Kinocare Resik V bilang aman ya 🙂 Jadi mungkin buat bumil pake seperlunya aja dan ga sering2 yaa..

  6. aku pakai ini terutama kalau habis beraktivitas yg rempong banget dan habis keringetan banget pokoknya klo rasanya lagi gerah bgt, setelah mandi dan pakai ini rasanya langsung resiik.. thanks for the tips mba Desy 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *