Menggugah rasa Nasionalisme

Hari ini ketika nonton acara John Pantau di Trans TV, koq ya jadi mirroring yah. Soalnya di acara ini dalam rangka 100 Tahun Kebangkitan Nasional, dia (John Pantau) menanyakan kepada orang2 dijalan mengenai sila2 di Pancasila, menyanyikan sebait lagu nasional dan menanyakan judulnya. Menonton acara ini gw juga ikut tebak-tebakan seakan juga sedang ditanya. Ternyata……..gw agak lupa sama PANCASILA…..!!!???malu

Ironis nya ketika para guru ditanya soal Pancasila ini, ternyata beliau salah…..JUGA!!!. Beliau ajah yang sering mengajar di sekolah yang mungkin setiap hari senin Upacara Bendera dan mengucapkan Panacasila secara bersama-sama, masih aja sering salah, apalagi gw…..???sengihnampakgigi. Kalo diurutin emang hapal sih, tapi kalo diacak OMG dan harus ditanya dengan cepat ternyata suka kebalik-balik, hmmm kalo kaya gini nyesel juga waktu zaman sekolah dulu suka mengintimidasi pelajaran PPKN. Sering menyepelekan kegiatan upacara setiap hari senin, sering menganggap rasa nasionalisme itu gak penting. Sering menjadi panitia perayaan HUT RI tapiiii…esensi kemerdekaan itu gak nyampe ke jiwa gw……sedih

Tapi untung semua ada perbaikan, kini paling tidak saat ini di 100 tahun Kebangkitan Nasional, ditambah nonton acara John Pantau ini gw tergugah untuk lebih mencintai negeri gw yang blom sempurna. Biar bagaimana pun kalo gak ada kemerdekaan blom tentu gw lahir di sini. Gw yakin kalo negeri kita “INDONESIA”, akan sanggup melewati cobaan yang sedang diberikan sama Allah, amin. Gw tergugah untuk terus mengingat Pancasila.

Semoga bapak-bapak, ibu-ibu di pemerintahan sana juga memahami arti Pancasila ini. pleaseDapat memberikan kehidupan yang layak n adil untuk seluruh masyarakat Indonesia “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”, amin.



signature-desy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *