Puasa dan Bimbo

Nonton Good Morning pagi ini, ada kehadiran bintang tamu legendaris BIMBO, diwakilkan oleh salah satu personil nya Pak Sam Bimbo. Kenapa pembahasan ini menarik, karena ingatan saya langsung melompat ke masa lalu sekitar tahun 1991-an. Pada tahun tersebut berarti sya masih berumur sekitar 7 tahunan, kenapa 7 tahun soalnya bulan kelahiran sya di akhir alias Desember jadi umurnya masih bontot nambahnya, hehehe. Pada tahun tersebut sudah pasti sya diberikan tugas oleh orang tua sya untuk belajar berpuasa. Puasa pertama sya jalani di depok, dirumah nenek saya karena memang sya tinggal dengan nenek sampai kelas 3, sementara mama di jakarta.

Kembali ke inti cerita, Bimbo pd tahun 90 an sangat tenar sekali sampe sekarang sih, cuma kalo dulu tuh sering banget ada di tv beda dengan sekarang. Setiap jam 17:30 pasti deh di RCTI sebelum buka pasti menampilkan lagu2 BIMBO. Sya suka dengan lagunya yang berjudul “Anak bertanya pada Bapaknya”. Dengan lagu ini sya bener-bener bisa mengerti arti puasa, minimal dengan bahasa yang simple yang bisa dimengerti oleh anak umur 7 thn. Hm…lagu ini membuat sya waktu itu untuk semangad buka loh, maksudnya buka jam 6 loh, hehehe.

Sya ingat waktu pertama puasa sya buka jam 9 karena g kuat puasa. Tapi selanjut nya pelan2 akhir nya sampe ke pool juga puasanya, buka maghrib. Tapi ketahanan akan runtuh saat hari2 terakhir2 puasa, karena waktu nya bikin kue, maka ketahanan sya pun runtuh dan akhirnya saya rayu lah nenek saya supaya saya diijinkan buka setengah hari. Abisnya gak kuat sih nyium bau kue nasta, katengel, sempret….bikinan nenek ku. Dan akhirnya diijinkan…..Alhamdulillah sekarang dah g pake tergoda2 kaya gitu lagi. Udah kuat, insyaallah…..Yah itu lah sweet memory dengan BIMBO yang kalo sya terdengar lagu itu skr, masih bisa terbayang kejadian2 waktu itu.

Anak Bertanya Pada Bapaknya

ada anak bertanya pada bapaknya
buat apa berlapar-lapar puasa
ada anak bertanya pada bapaknya
tadarus tarawih apalah gunanya

lapar mengajarmu rendah hati selalu
tadarus artinya memahami kitab suci
tarawih mendekatkan diri pada Ilahi

lihat langit keanggunan yang indah
membuka luas dan anginpun semerbak
nafsu angkara terbelenggu dan lemah
ulah ibadah dalam ikhlas sedekah

signature-desy

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *