Ragam Mitos Angkat Beban yang Keliru Di Kalangan Wanita

Mitos Angkat Beban

 
Menjadi ibu bukan berarti membuat kita pantas jadi wanita super cuek, ya. Penampilan harus tetap dijaga supaya tetap menarik dan awet muda. Salah satu cara yang paling mudah itu ya dengan berolahraga.

Sepatu olahraga
Karena sepatu yang nyaman juga penting untuk olahraga Sumber: Instagram Mataharimall
Ngomongin soal olahraga, sebenernya saya termasuk orang yang gak rajin berolahraga, sih. Iya, semangat olahraga lagi turun paska sakit kemarin. Tapi seenggaknya kalo saya mau mulai olahraga seperti sekarang ini lagi, saya akan mulai cari informasi seputar aneka jenis olahraga untuk wanita. Selain cari-cari sepatu olahraga yang keren di MatahariMall, saya juga nyempetin diri untuk cari informasi seputar angkat beban.

Ya, angkat beban. Ternyata masih banyak wanita yang salah kaprah dalam mengartikan olahraga angkat beban lho. Mau tahu mitos apa saja yang beredar seputar angkat beban di kalangan wanita?

Angkat Beban Bikin Tubuh Kekar Seperti Pria
Faktanya, seheboh apa pun wanita mengangkat beban, tubuhnya gak akan jadi kekar seperti pria. Karena tubuh wanita memang tidak memiliki banyak hormon yang menyebabkan pertumbuhan otot. Kecuali mengenakan steroid atau suntikan hormon, baru deh badannya jadi bisa berotot kayak Mas Ade Rai.

Ah, Tubuh Jadi Kaku Gara-Gara Angkat Beban
Pada waktu baru mulai latihan angkat beban, mungkin tangan, pundak atau punggung jadi terasa sakit dan kaku karena belum terbiasa. Tapi lama kelamaan rasa sakit dan kaku itu akan hilang kok. Karena otot-otot jadi mulai elastis dan terbiasa dengan aktivitas fisik yang agak berat.

Kalau Rajin Angkat Beban, Lemak Tubuh Akan Hilang
Metabolisme tubuh memang akan meningkat jika rajin angkat beban. Tetapi bukan berarti lemak tubuh akan hilang gara-gara angkat beban lho, ya. Pola makan harus tetap sehat supaya tubuh gak kelebihan asupan kalori. Jadi, angkat beban juga harus diimbangi dengan asupan pola makan seimbang setiap hari.

Angkat Beban Bisa Mengubah Lemak Menjadi Otot
Ini jelas keliru juga lho. Hal yang benar adalah metabolisme tubuh yang meningkat menyebabkan pembakaran lemak. Sehingga lemak akan mulai berkurang. Selain itu, angkat beban juga akan menambah massa otot. Jadi, lemak berkurang dan otot pun menjadi lebih kuat dan besar.
 
Udah kenalan dengan mitos-mitos seputar angkat beban, sekarang saat memakai sepatu olahraga yang keren dan mulai berolahraga. Jangan tunda lagi aktivitas olahraga kalo mau sehat sepanjang waktu, ya.



signature-desy

You may also like

6 Comments

  1. Kayaknya mitos kalau angkat beban badannya kayak laki gencar banget kita dengar pas zaman abege ya. tapi, sekarang mba agnez mo justru sengaja bikin badannya jadi begitu ya 🙂

  2. Ada mba, pake pemanasan trus angkat dr beban yg kecil dl. Regular ukuran segitu, baru kemudian nambah beban secara berkala.

    Jangan langsung maksa angkat yg berat2, kasian bs kaget ototnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *