Restoran Jejamuran – Yogyakarta, Surga Bagi Si Vegetarian

Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pelajar juga merupakan kota yang memiliki nilai budaya yang cukup tinggi. Kesederhanaan yang sarat akan nilai etnik membuat wisatawan baik domestik maupun mancanegara selalu ingin datang kembali. Kali ini saya bukan ingin membahas tentang tempat wisata melainkan tempat makan. 

Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap kalau tidak dibarengi dengan jelajah kuliner rasanya seperti masak sayur kurang garam. Inilah yang saya lakukan sehabis berkunjung ke Gunung Merapi. Setelah lelah off road sambil hujan-hujanan (cerita off-road akan saya posting terpisah) saya dan keluarga beranjak turun kebawah menuju restoran yang dikenal dengan Jejamuran. Restoran Jejamuran terletak di daerah Niron, Pandowoharjo, Sleman-Yogyakarta. Restoran ini bisa jadi adalah surga bagi para vegetarian. Bagaimana tidak, semua makanan yang disajikan disini terbuat dari jamur. Bahkan sate dan daging tongseng saja diolah sedemikian rupa agar bisa serupa dengan ayam. 
Siang itu kami sungguh beruntung. Kalau dilihat dari layout ruangannya, Jejamuran saat liburan pasti dipenuhi pengunjung. Hal ini tampak  di pintu masuk yang sudah ada tanda “antrian dari sini”. Dan jika pramusaji sudah mengarahkan dimana tempat kita duduk, maka kita tidak bisa seenaknya pindah ke tempat duduk yang lain tanpa koordinasi terlebih dahulu. Hal seperti ini bisa bikin berantakan sistem yang sudah mereka buat. Sistemnya seperti apa saya sendiri kurang paham, hehehe. 

Beberapa makanan yang sempat terfoto, sementara yang lainnya
sudah tak tersisa (Sate, Tongseng & Minuman buah apa gitu *maap lupa)

Off road selama 1,5 jam ditambah hujan angin di puncak merapi membuat kami ingin makan yang hangat. Makanan yang kami pesan kemudian adalah tongseng, jamur asam manis, sate, jamur tepung, dan lain-lain yang saya lupa namanya. Yang pasti makanannya cukup memuaskan,enak. Saya baru merasakan lagi tongseng yang enak, bahkan rasa seperti itu jarang saya temukan di Jakarta. Kuahnya bikin seger banget persis rasa tongseng jaman saya kuliah yang enak banget.

Fasilitas Ruang Kesehatan
Ruang menyusui menandakan restoran ini PRO ASI

Fasilitas di restoran ini juga cukup lengkap. Musolla tersedia cukup besar, walaupun tidak dipisahkan ruangannya antara laki-laki dan perempuan, namun tempat wudhunya terpisah. Mereka punya Nursery Room yang cukup besar dengan 3 ruang sekat untuk ibu menyusui dan 3 tempat untuk mengganti popok lengkap dengan AC. Ruangannya bersih dan terawat, ini juga membuat saya salut akan restoran ini, Pro ASI. Ada juga ruangan kesehatan yang lengkap dengan kursi roda, tempat tidur pasien dan meja, yang saya tidak ketahui apakah mereka punya petugas kesehatan atau tidak karena diruangan saat itu kosong. Dan yang terakhir mereka punya sudut terapi ikan, dimana pengunjung bebas melakukan terapi disitu duduk dipinggir kolam dengan catatan pengunjung harus mencuci kaki terlebih dahulu sebelum mencelupkan kakinya. Oh iya ada lagi ternyata…..restoran ini juga punya tempat parkir yang cukup luas, jadi tidak perlu khawatir soal parkir.

Sudut terapi ikan yang bisa dilakukan pengunjung secara Gratis!!

Jadi, kalo ke Yogya jangan lupa mampir ke restoran ini. Apalagi kalau kalian berniat melakukan wisata merapi terlebih dahulu. Harga cukup terjangkau dan kenyang. 



signature-desy

You may also like

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *