Sehat & Bugar Secara Alami

Kepingin ga sih  tampil cantik? Jawabnya pasti kepingin deh. Cantik secara penampilan menurut saya itu bukan hanya dilihat dari kulit putih. Terus gimana kalau kulitnya sawo matang atau hitam, tidak bisa tampil cantikkah mereka? Menurut saya cantik itu terpancar kalau kita punya jiwa raga yang sehat. Kesehatan kulit haruslah dijaga, apalagi jika dilihat dari gaya hidup kita saat ini yang lebih banyak berdiam diruangan ber AC, terkena polusi udara, kurang tidur dan tentu saja asupan makanan bergizi. Akibatnya kulit kusam, dan mau pakai make-up kaya apa juga keliatannya tetap tidak fresh. Akibatnya saya pun gagal cantik, sedih rasanya.
Kehidupan ditengah kota yang penuh dengan polusi, ruang kantor yang ber AC sudah pasti tidak bisa kita hindari. Asupan makan yang saya makan juga jarang sekali mengandung serat. Buah itu mungkin hanya 1 minggu sekali, apalagi sayuran, kalau terpaksa baru saya makan. Saya tahu itu tidak baik, tapi diri saya seperti bertahan dengan kemalasan mengkonsumsi makanan yang bergizi itu (buah & sayur).
Saya punya teman namanya Ria, dia rajin sekali meng-upload jus-jus segar yang dia konsumsi setiap harinya. Dia selalu sajikan buah-buahan segar berupa jus atau buah potong untuk keluarganya. Ria memang sedang belajar tentang food combining. Dan dengan meng-upload itu secara tidak sengaja Ria sudah mengkampanyekan yang namanya kegiatan food combining khususnya yang berbau dengan buah. Warna-warni buah sungguh menggoda untuk disantap. Ria berhasil mempengaruhi saya untuk bisa hidup sehat.
Berikut ini dia tips-tips yang diberikan Ria agar bisa menyediakan jus setiap hari untuk keluarga tercinta:
  1. Belanjalah kebutuhan buah untuk 1 minggu di pasar tradisional agar lebih murah.
  2. Belilah buah-buahan dan sayuran, seperti: pepaya, jambu merah. wortel, tomat, buah naga merah atau putih, mangga (jika sedang musim), melon, semangka, pisang, apel dan jeruk. Buah-buahan ini tidak harus ada setiap minggunya. Bisa diselang-seling supaya tidak bosan.
  3. Cuci buah begitu dirumah dan simpan dalam tempat plastik agar bisa tahan lebih lama lalu masukkan kedalam kulkas. Untuk pisang sebaiknya jangan dimasukkan kedalam kulkas. Buah-buahan yang harus dipotong-potong seperti pepaya, bisa di potong kecil-kecil dulu agar lebih mudah saat akan di olah dan selain itu menghemat waktu.
  4. Ketika diolah sebagai Jus, jangan ditambahkan dengan gula atau susu lagi. Cukup manis buah alami saja. 
  5. Sajikan dipagi hari sebelum mengkonsumsi sarapan apapun.
Ternyata mudah kan? Apalagi ditambah dengan cinta dan keinginan untuk hidup sehat, hal ini bisa kita lakukan. Sekarang saya rajin menyajikan buah-buahan minimal pepaya dirumah untuk bisa dikonsumsi setiap hari. Saya merasa badan saya lebih ringan, dan kulit saya sedikit segar. Apalagi jika ditambah dengan sayuran ya, tapi untuk sayuran masih beberapa saja yang saya makan.
Tropical Fruit
Mix Jus: Pepaya, Wortel dicampur dengan
potongan Jeruk & Pisang
Pepaya, Semangka & Jeruk Perasan
Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 1 liter sehari. Minuman murah ini sangat banyak manfaatnya loh. Salah satunya untuk kekenyalan kulit kita. Bayangkan kalau kulit kita saja dehidrasi atau kekurangan cairan, bagaimana anggota tubuh kita yang lain. Saya selalu rajin membawa botol minum kemana pun saya pergi. Tidak apa jika tas saya sedikit berat, yang penting tidak kehausan dijalan. Saya tidak begitu suka minum dari botol plastik air mineral, aromanya kurang enak. Jadi lebih baik saya bawa botol minum yang sudah BPA Free.
Kebiasaan buruk saya yang lain adalah paling males olahraga. Bagi saya kegiatan saya kekantor, berdesakan di kereta, lari mengejar angkot dan bahkan berebutan sudah merupakan aktivitas olahraga bagi saya. Karena keringat saya benar-benar bercucuran. Alhasil saya sampai kantor pun sudah tidak fresh. Kemudian aktifitas saya mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga sudah merupakan kegiatan olahraga bagi saya. Hal ini yang kemudian membuat saya berkeyakinan bahwa saya sudah tidak lagi perlu olahraga karena saya sudah cukup membuang kalori saya dengan aktifitas itu. Sampai akhirnya suatu hari teman saya, Winda bilang begini:

“keringat olahraga itu beda Mba sama keringat macet-macetan”. 

Saat itu saya abaikan saja pernyataan Winda. Saya anggap angin lalu, seperti masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri. Eh tapi seperti karma, sekarang saya suka lari. Olahraga yang murah meriah dan efektif selama kita rajin. Minimal saya targetkan untuk lari 3 km, selama 2 kali seminggu. Dan selama 30 menit biasanya saya melakukan kegiatan streching ringan di rumah. Kemudian saya juga suka Yoga seminggu sekali (ini sih bari Yoga dasar saja). Intinya yang penting berkeringat dan sehat.
Efeknya bagi saya adalah saya menjadi lebih segar, baik wajah maupun kulit. Kalau boleh saya membayangkan diantara keringat yang keluar selain kalori yang terbakar juga racun tubuh yang terbuang kali ya. Entahlah saya bukan ahlinya olahraga. Dan akhirnya saya suka olahraga.
Kembalilah ke alam untuk lebih sehat. Mengisi jantung dengan oksigen yang lebih sehat juga merupakan hak dari tubuh kita loh. Apa yang bisa kita lakukan untuk memenuhi hak tubuh kita itu. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang lebih mendekatkan diri kita dengan alam, misalnya hiking. 
Kegiatan yang satu ini juga dipengaruhi sama Winda, saya baru hiking satu kali dan itu pun saya ingin kembali kesana. Hiking ke pondok pemburu sentul, bukan olahraga yang mahal, hanya perlu cari tumpangan ke arah sentul saja. Menuju Pondok Pemburu merupakan medan yang terjal dan bebatuan, jalan yang naik turun dan berkelok-kelok, sungguh membuat jantung ini rasanya kembang kempis. Mau nyerah, tapi kuurungkan. Anggap saja membersihkan polusi-polusi yang ada di jantung kita dan ditukar dengan oksigen segar. Apa saya kapok? Tentu tidak, karena begitu sampai di Pondok Pemburu saya disajikan dengan pemandangan yang luar biasa indah, tidak akan menyesal deh. Kalori yang terbuang pun lebih banyak.
Langsung dihadapi dngan tanjakan setan
yang membuat kami hampir menyerah
Jalan yang berkelok dan bebatuan
Kembalilah ke alam untuk bisa hidup sehat. Isi weekend itu tidak harus pergi ke mal, sun-bathing tidak harus dipantai, tetapi juga bisa digunung. Dan kini saya tidak menolak jika ada waktu kembali kesana bahkan mengajak teman-teman saya yang lain. Kegiatan ini cukup layak jika dilakukan minimal 1 bulan sekali. Pengakuan tentang tips hidup sehat sederhana ini juga dibenarkan oleh Bos Saya dulu Ibu MNO, beliau bilang sekarang badannya lebih segar dengan kulit lebih bersinar dan lingkar perutnya pun lebih mengecil. Sementara saya juga merasa lebih cerah, walaupun kulit saya sawo matang, hehehe.
Bersama Teman-Teman Yang Ingin Lebih Sehat
Percaya deh tidak akan ada lagi I Hate Monday jika badan kamu sehat dan bugar. Hiking bareng yuuukk…..^_^



signature-desy

You may also like

10 Comments

  1. Sediakan buahnya dan simpen dikulkas. Inget deh hehehe, budget beli buah itu bisa kurang dari 100 ribu loh.

    Komplek rumahmu ok banget buat jogging Mi. Aku aja mau….habis anter Aira, bisa tuh disempetin lari-lari kecil 30 menit aja.

    Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *