Sore di Taman Lembang

Taman Lembang

 
Taman adalah suatu tempat yang saya dambakan bisa dimiliki oleh Kota Depok tercinta. Suatu tempat yang bisa digunakan untuk rekreasi, piknik, berkumpul, beraktivitas seperti berolahraga, refleksi, jogging dan lain sebagainya.  Dapat dijadikan tempat untuk sekedar duduk menenangkan diri, melihat indahnya langit dan hijaunya rerumputan. Sayangnya tempat seperti itu tidak ditemukan ditempat saya *puk puk desy. Ada sih tapi itu hanya di Kampus UI. Jadi itu Kampus atau Taman? Sudahlah.

Mengajak Naeema bermain di taman dan melakukan kegiatan outdoor akhirnya menjadi obsesi bagi saya. Terbayang-bayang Dia berlari mengejar burung-burung, melihat kupu-kupu sambil tertawa lepas, atau hanya sekedar berlari sambil merentangkan tangannya, seperti di film-film itu looh.
 
Kebetulan awal tahun ini suami saya punya kegiatan weekend tambahan yaitu kuliah. Mengambil kuliah kelas karyawan di salah satu universitas di daerah Menteng, membuat saya memiliki ide untuk mewujudkan obsesi saya tadi. Ide dasarnya sih adalah memanfaatkan waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga (mengajak Naeema bermain). Sudah keren belum konsepnya? 
 
Jika hari Sabtu,  suami saya harus kuliah sampai sore, kapan dong punya waktu untuk quality time bersama saya dan Naeema? Karena itu saya menciptakan liburan yang bermanfaat, murah meriah, outdoor dan tidak terlalu memakan waktu banyak sehingga tidak terlalu melelahkan bagi suami saya.
 
Suatu hari saya mencoba mewujudkan apa yang sudah saya rencanakan itu. Kami menjemput Anda (suami saya) di kampus dengan menggunakan Commuter Line dan menunggunya di Masjid Cut Mutia. Karena kami tiba terlalu cepat, saya dan Naeema sempat solat terlebih dahulu di Masjid tersebut. Seumur-umur sering lewat sana, tapi tidak pernah saya solat disana, sore itu saya solat disana. Setelah itu kami duduk di taman sederhana yang berada tepat di depan masjid. Sambil menikmati es kelapa dan jajanan kaki lima yang menggoda selera disekitar masjid. Dibelakang kami suara commuter line hilir mudik menjadi backsound sore itu. Didepan saya, Naeema berlarian menghampiri burung gereja yang hinggap ditanah. Gelak tawanya membuat saya tersenyum, dan dalam hati pun saya berkata “ini yang saya impikan”.
 
Taman Lembang Menteng
Taman Lembang Menteng
Akhirnya Anda datang menghampiri kami. Tujuan kami berikutnya adalah ke Taman Lembang. Hari sudah sore, jadi itu adalah waktu yang tepat untuk bermain kesana. Sebelumnya kami pernah ingin main bersama teman-teman Naeema, tapi kemudian batal karena hujan padahal kami sudah sampai disana. Tetapi sore itu berbeda, cuaca berawan sedikit mendung tapi justru ini yang membuat sore itu jadi makin pas untuk main di taman. 
 
Memarkirkan mobil kami disalah satu sisi taman. Kemudian memasuki area taman lembang, saya banyak melihat orang-orang yang memancing dipinggir danau buatan itu. Ada juga yang menggelar alas dan duduk bersama anggota keluarganya, sambil membawa bekal makanan mereka sendiri, semoga saja mereka juga menjaga kebersihan sekitar taman dengan membersihkan bekas makan mereka. Terlihat juga pemandangan Mba dan Mas yang duduk di rerumputan, mungkin mereka sedang membicarakan masa depan mereka. Ada juga anak muda yang asyik bersenda gurau sambil duduk di bangku taman. Sangat disayangkan beberapa dari mereka masih saja merokok di ruang terbuka seperti ini. Di sisi taman lainnya, saya melihat anak-anak yang saya rasa adalah masyarakat setempat, sedang antri untuk bisa bermain ayunan. Dan kami sekeluarga menempati sisi taman satunya dekat dengan peralatan untuk berolahraga
 

Taman Lembang

 
Taman Lembang Menteng
Pemandangan seperti ini yang selalu saya bayangkan, persis sekali. Naeema senang sekali melihat taman, walaupun playground untuk anak tidak ada tapi dia bisa bermain peralatan olahraga yang ada, kemudian memanjat, berlarian, pokoknya puas deh. Sementara saya, seperti di film-film, menatap suami dan anak bermain sambil mengabadikan moment tersebut. Sampai sekarang saja saya masih kebayang wajah dan ekpresi Naeema saat menginjakkan kaki nya ke Taman Lembang. Menurut kita yang sudah dewasa dan sering ke daerah Menteng mungkin hal itu biasa, tapi bagi Naeema yang jarang melihat taman itu mungkin menjadi liburannya yang berharga. 
 
Puas itu adalah ketika bisa melihat anak kita tersenyum disaat kita ajak mereka berlibur. Apalagi jika ternyata liburan itu tidak mahal dan tidak perlu keluar kota, cukup bermain di taman-taman yang ada di Jakarta saja. Semoga taman-taman itu selalu terjaga bukan saja oleh pemerintah tapi juga oleh kita yang mengunjungi taman itu. Sepertinya agenda ini akan berulang lagi. Selanjutnya saya ingin coba main di Taman Suropati. 
 
Kamu ada saran harus kemana lagi disekitar menteng yang cocok untuk anak-anak? Tolong kasih tau saya ya…..



signature-desy

You may also like

13 Comments

  1. aaaak ini taman di mentang yang ada danaunya itu yaaa. Kece beneeeer. aku taunya kalo mentang punya taman mentang aja. Tamn lembang ini ternyata kece banget juga yaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *