Terra Nova, Fashion Show by Muse 101

Muse 101, Muslim Market
Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya menghadiri Fashion Show di acara Indonesia Fashion Week yang berlangsung pada 10-13 Maret 2016 yang lalu. Undangan ini saya dapatkan dari komunitas Indonesia Hijab Blogger (IHB). Sebagai perempuan penyuka Fashion, kesempatan seperti ini tidak akan saya lewatkan. Fashion dianggap sebagai penunjang penampilan kita agar selalu tampil percaya diri. Saya sendiri suka sekali mix & match baju sehari-hari, tujuannya sih supaya tidak bosan dan terkesan memiliki koleksi baju yang banyak padahal tidak, ini memang trik saya hehehe. Pakaian saya itu tidak harus mahal, yang penting pantas, bersih dan wangi.
Ini merupakan pengalaman pertama saya hadir dalam acara fashion show. Biasanya kalau hadir di acara semacam IFW ini selalu hanya menyusuri booth ke booth yang kemudian menghasilkan dampak bocor nya saldo tabungan, hehehe tidak bisa menahan diri sist.
Muse 101, Muslim Market
Sumber: Instagram @muslimarketid
Kembali ke acara fashion Show yang dilaksanakan pada hari ke dua IFW berlangsung yaitu 11 Maret 2016 kemarin merupakan fashion show Muse 101. Tau kan Muse 101 itu apa? Muse 101 merupakan kepanjangan dari Muslim Urban Sector 101, terletak di FX Sudirman Jakarta Lantai 3. Outlet ini khusus menjual produk-produk untuk hijaber yang merupakan hasil karya designer-designer lokal yang berbakat. Selain toko offline, Muse 101 juga memiliki channel social media (Instagram, facebook dan twitter) yang membantu memasarkan produknya secara online. Untuk fashion show kali ini Muse 101 bekerja sama dengan Muslimmarket mengambil tema Terra Nova. Fashion show kali ini melibatkan 10 designer Indonesia ternama, yaitu: Temiko, Zyzku Xena, Biye, Abame, Dress Up For Faith (DAF), Zaha, Salena, Juniperlane, Ikikadin dan KIMI.
Sore itu, syukurlah saya tidak terlambat memasuki ruangan Plenary Hall tempat acara berlangsung, karena acara diundur kurang lebih 45 menit dari jadwalnya. Tapi tetap saja tidak membuat saya mendapatkan kursi di barisan depan karena sudah penuh semua. Dan saya pun harus puas dengan duduk di barisan ke lima sore itu. Sayang disayang, handphone saya lowbat, sementara saya lupa membawa powerbank. Ini sungguh musibah bagi blogger ketika hadir ke acara dan handphone sekarat baterei. Mau pinjam, tapi bingung mau ke siapa. Saya tidak bisa menemukan teman-teman yang juga hadir disana. Hal yang bisa saya lakukan dengan baterei handphone yang hanya tinggal 20% ini adalah mengambil video dari beberapa designer.

 

Musik pengiring fashion show sore itu sudah bergema, barisan model tinggi nan langsing sudah mulai memasuki catwalk, masing-masing designer memiliki tema warna yang berbeda. Ini beberapa karya designer yang menarik perhatian saya sore itu:

 

1. Juniperlane 
Lebih menonjolkan warna-warna pastel seperti putih dan biru muda. Koleksi nya terdiri dari celana, tunik dan outer. Sepertinya material yang digunakan adalah bahan katun yang super ringan dan adem.

 

2. Selena
Koleksi nya didominasi warna netral seperti putih, abu-abu dan sedikit biru muda. Sekilas hampir mirip dengan design milik Juniperlane, namun pada karya Selena ini memiliki karakteristik potongan asimetris pada bagian bawah tuniknya.

 

3. Biye
Focus pada bahan beludru nan lembut, dengan warn-warna gelap seperti hijau tua, dan biru dongker. Fokus pada long dress dengan potongan simple namun tetap terkesan mewah. Saya rasa lebih cocok untuk perempuan dengan kulit berwarna terang.

 

4. Abama
Warna hitam-putih menjadi tema nya pada sore hari itu. Cukup simple namun juga elegan.

 

5. Kimi
Sepertinya ingin menampilkan kesan misterius. Warna-warna cenderung gelap mendominasi hasil karyanya seperti abu-abu tua, hitam dan aksen putih.

 

6. Ikikadin
Sedikit berbeda dengan yang lainnya. Designer ini lebih cenderung menampilkan warna-warna tanah, seperti coklat kemerahan, putih dan coklat
Itulah gambaran yang saya terima ketika menyaksikan fashion show dari beberapa designer pada sore hari itu.
Saya sendiri paling suka dengan karya Juniper Lane. Dari bahan yang terlihat melambai ketika dikenakan oleh para model itu, bisa dilihat kalau bahan yang digunakan adalah katun yang ringan dan lembut serta mudah menyerap keringat. Koleksi yang diperagakan sore itu didominasi warna putih dan biru muda. Saya rasa cocok dengan musim pancaroba yang terkadang panas dan tiba-tiba hujan ini. Membuat mata yang melihat pun menjadi lebih damai. Designnya juga lebih casual namun demikian cocok juga jika digunakan untuk acara semi formil.
Kalo kamu ingin melihat koleksinya secara langsung, bisa loh datang ke FX Sudirman lantai 3 langsung saja ke outlet nya Muse 101. Coba cek dulu social medianya, siapa tau sedang ada diskon menarik. Lumayan kan bisa lebih hemat.

 

 

signature-desy

You may also like

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *