Tips Pintar Belanja Online

e-commerce, search engine, Priceza, Belanja Online, Onlineshop

Sejujurnya saya sudah kecanduan belanja online. Kenapa? Ya….karena gak punya waktu untuk pergi kesana sini.

Sok sibuk? Engga juga sih, tapi entah kenapa saya saat ini kurang punya waktu untuk pergi sana-sini, ditambah ada bayi yang ngga memungkinkan saya untuk naik turun angkot, ojek online atau taxi online. Bukan anti naik kendaraan umum dengan bayi sih, tapi repot sist. Belum lagi ketika sampai ke toko tujuan ternyata barang yang dicari ngga ada. Fiuh….lap keringet deh. Mamak pegel gendong-gendong, trus berujung window shopping dan berujung belanja barang yang justru ngga dibutuhkan.

Dengan belanja online membuat saya menghemat waktu tanpa harus repot keluar rumah. Menghemat make up juga karena sambil dasteran aja saya udah bisa belanja. Menghemat ongkos karena cukup bayar ongkos kirim aja. Menghemat uang karena gak pake window shopping dan belanja barang yang bukan kebutuhan.

Onlineshop, Belanja Online, Priceza, e-commerce, marketplace, swarch engine
Banyak barang untuk kebutuhan Ibu dan bayi

Meskipun demikian masih banyak koq yang belum percaya dan nyaman dengan sistem belanja online. Khawatir kena tipu, takut salah ukuran kalau membeli barang yg membutuhkan ukuran, masih lebih nyaman dengan megang barangnya dulu, dan masih banyak lagi pertimbangannya. Semua ketakutan itu wajar sih, makanya perlu tips juga untuk bisa belanja online.

Tips pintar belanja online ala saya adalah:

> Pilih e-commerce yang memiliki varian produk yang banyak.

> Sebelum memutuskan membeli, baca terlebih dahulu testimoni dari para pembeli sebelumnya. Di beberapa e-commerce juga ada kolom penilaian apakah seller profesional atau tidak.

> Bandingkan harga dari satu e-commerce satu dan yang lainnya. Sekarang untuk membandingkan seperti ini bisa dilihat di website Princeza atau aplikasi Priceza di android atau IOS. Di Priceza dengan mudah kita mendapatkan langsung perbandingan harga di beberapa e-commerce akan suatu barang yang kita inginkan. Jadi waktu window shopping jadi lebih singkat.

Onlineshop, belanja online, priceza, e-commerce, marketplace
Priceza memberikan pilihan harga dari semua e-commerce

> Manfaatkan diskon dan promo yang ada di beberapa e-commerce. Seperti di Priceza bisa cek promo atau diskon dari beberapa e-commerce.

> Sebaiknya tidak membeli barang-barang elektronik secara online, jika terpaksa harus membeli, sebaiknya cek lagi sellernya (sesuai tips no 2). Dan pastikan marketplacenya memiliki after service yang baik. Kalau begini sebaiknya baca dulu review orang-orang yang sudah berbelanja disana.

> Manfaatkan point and reward jika memang ada. Seperti di Priceza saat ini sedang ada point and reward setiap transkasi yang dilakukan disana. Mulai dari mendownload aplikasinya, memberikan review akan suatu produk sampai dengan memberikan voting pun bisa mendapatkan poin nya. Eh tapi jangan menyalin review orang lain dan mengakui menjadi review sendiri alias plagiat ya, point nya bisa ditangguhkan loh nanti. Poin yang sudah dikunpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah yang sudah ditentukan seperti voucher carefour, MAP, dan pulsa. Point & reward ini berlaku sampai dengan 1 tahun kedepan.

Onlineshop, belanja online, priceza, e-commerce, marketplace
Priceza Point & Reward

> Jika hendak berbelanja barang yang memiliki ukuran, pastikan dulu kita sudah paham ukuran badan atau barang yang kita pesan.

> Jika harus membeli barang-barang yang membutuhkan kesesuaian aturan sebaiknya pilih e-commerce dengan fasilitas bisa menujar jika barang tidak sesuai.

> Setelah transaksi mintalah airwaybill pengiriman agar kita bisa melakukan tracking ke vendor pengiriman barang.

> Jika memiliki waktu keluar rumah, biasanya saya juga iseng-iseng melakukan survey di toko offline seperti departement store atau supermarket untuk melihat kemasan, model atau bahan secara langsung.

Jika hal-hal diatas sudah dilakukan, selanjutnya kita tunggu kedatangan barang pesanan kita. Setelah sampai jangan lupa dicek kembali ya apakah pesanannya sudah sesuai atau belum. Semoga setelah mengetahui tips ini teman-teman sudah bisa lebih nyaman belanja online. Jangan lupa unduh aplikasi Priceza untuk memudahkan kamu berbelanja online.



signature-desy

You may also like

13 Comments

  1. Online shopping is ma lyfe. Soalnya praktis, ngga buang-buang waktu, dan hemat. Thanks for sharing, mbak Desy.Online shopping is ma lyfe. Soalnya praktis, ngga buang-buang waktu, dan hemat. Thanks for sharing, mbak Desy.

  2. woaaah ini apps bisa ngebandingin harga – harga dari beberapa e-commerce gitu yah mbak ? aah keren! will try sooon.

    betewe, semenjak makin banyak e-commerce di Indonesia, makin banyak promo yang ditawarin, sebagai cewe manis, kita kudu pintar belanja online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *