Cerdas Memilih Kosmetik

Yuk, kita mulai lebih cerdas memilih kosmetik yang aman supaya bisa cantik dan sehat sekarang hingga tua nanti. 

Hampir semua Perempuan memiliki kebutuhan untuk memakai kosmetik. Tujuannya tentu saja untuk menjaga penampilan. Bahkan beberapa tahun belakangan laki-laki juga banyak yang menggunakan kosmetik, minimal sunscreen yang tujuannya untuk menjaga kesehatan kulit dan itu sah-sah saja. 

Cerdas Memilih Kosmetik
Photo by: Content Pixie

Rabu, 16 September 2020 yang lalu saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Cometalk sebuah talkshow yang diselenggarakan oleh BPOM Republik Indonesia via Zoom. Cometalk kemarin membahas tentang bahaya zat merkuri pada kosmetik. Dan Terus terang saya tertarik karena pernah menjadi korban yang menggunakan kosmetik mengandung merkuri. Kosmetik itu menjanjikan putih dalam waktu singkat, tapi kalau tidak dipakai jadi tambah kusam, serem kan. Itu baru efek yang terlihat, belum efek jangka panjangnya.

Siang itu ada banyak narasumber yang hadir yaitu Dr. Penny K. Lukito, MCP (Kepala Badan POM RI), Dra. Mayagustina Andarini, Apt, M.Sc (Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan Kosmetik), dr. Anggind G. Andromeda atau dikenal dengan Dokter Grand Lich (Youtuber dan Pengamat Kosmetik), dr. Listya Paramita,Sp.KK (Dokter Spesialis Kulit & Kelamin), Vidi Aldiano dan Dini Aminarti. Dimana tujuan dari diadakannya talkshow ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang zat-zat berbahaya yang terdapat dalam kosmetik. Melalui talkshow ini diharapkan masyarakat bisa lebih cerdas dalam memilih kosmetik. 

Kosmetik - www.desyyusnita.com
www.desyyusnita.com

Sebenarnya kosmetik itu apa sih? Kosmetik adalah bahan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia yang bertujuan untuk membersihkan, membuat wangi, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan, melindungi dan memelihara tubuh. Jadi yang termasuk kosmetik adalah parfum, skin care dan make up. 

Siang itu Ibu Maya menjelaskan bahwa zat berbahaya yang biasa terkandung dalam kosmetik adalah merkuri. Ada beberapa hal yang harus teman-teman ketahui tentang merkuri, yaitu:

  • Merupakan cairan logam perak atau air raksa atau hydrargyrum
  • Satu-satunya logam dalam keadaan alami pada suhu kamar berwujud cair.
  • Memiliki warna keperakan, tak berbau, mengkilap dan menguap pada suhu 375 ̊ C.
  • Tersebar dalam batu-batuan, biji, tambang, tanah, air dan udara.

Beberapa tahun yang lalu masyarakat Indonesia memiliki stigma bahwa cantik itu ditentukan oleh warna kulit. Pokoknya kulit putih itu identik dengan kecantikan. Sementara itu kebanyakan kulit masyarakat Indonesia berwarna sawo matang. Karena stigma kulit putih adalah cantik jadi tidak heran jika banyak orang terutama perempuan yang tergiur janji kosmetik dengan embel-embel bisa membuat kulit putih seketika alias instan. 

Faktanya kosmetik yang memberi janji putih seketika itu pasti laku keras. Kebanyakan pembelinya lagi-lagi adalah perempuan yang ingin tampil cantik. Mereka membeli tanpa mencari tahu terlebih dahulu apakah kosmetik tersebut mengandung zat yang berbahaya atau tidak untuk tubuh jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Memang sih sesuai janji, kulit wajah akan menjadi putih seketika, tapi terlihat tidak sama dengan anggota tubuh lainnya alias belang. 

Dalam channel youtubenya Dokter Grand seringkali membahas tentang kosmetik yang yang mengandung merkuri. Dan sejak awal tahun 2020-an Beliau sudah jarang menemukan kosmetik atau skincare yang mengandung merkuri. Hal ini disebabkan pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah yang melarang penggunaan merkuri pada kosmetik dan alat kesehatan. Dan semoga makin banyak masyarakat yang teredukasi akan bahaya kosmetik bermerkuri ya. 

Baca Juga: Problem Menyusui

Bahaya Merkuri Pada Kosmetik

Apa sih tanda-tanda jika kita memakai kosmetik yang mengandung merkuri? 

Dokter Listya Paramita Sp.KK. menyampaikan apa yang terlihat di wajah ketika kita memakai kosmetik mengandung merkuri, seperti: kulit kering, kasar, kelupas, kemerahan pada kulit, rasa terbakar, gatal, panas, sensitif terhadap sinar matahari. Sayangnya tanda-tanda ini seringkali diabaikan karena dianggap sebagai proses yang wajar. Pernah dengar kan kalimat 

“Tenang saja itu karena obatnya sedang berproses”. 

Padahal bisa jadi kulit kita sudah menunjukkan penolakan. Efeknya jika dipakai dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kerusakan kulit, seperti dermatitis, hipo/hiperpigmentasi, baboon syndrome, erythema persistent), dan gangguan sistemik. Harapan ingin jadi cantik tapi justru harus melakukan pengobatan, sayangkan.

Efek samping kosmetik mengandung merkuri  sebagai pemutih itu tidak hanya pada kulit wajah saja. Tapi juga pada organ dalam, kesehatan janin (jika kita pakai dalam kondisi hamil), gangguan ginjal dan masih banyak lagi yang lainnya. Kerusakan jangka panjangnya lebih banyak dibanding keuntungan yang didapat. Jadi mulai sekarang harus lebih cerdas memilih kosmetik yang aman ya. 

Gejala Keracunan Mercury

Cerdas Memilih Kosmetik

Jadi mulai sekarang jangan lagi asal membeli kosmetik apalagi jika ada embel-embel yang membuat kulit jadi putih dalam waktu singkat. Hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli suatu produk kosmetik, yaitu:

  • Kenali dahulu jenis kulit kita.
  • Pastikan kebutuhan kulit kita itu apa, misalnya: mencerahkan, anti aging atau acne.
  • Kosmetik yang bisa dipercaya adalah yang memberikan informasi lengkap pada kemasannya seperti tanggal kadaluarsa, kandungan produk, dan izin edar dari BPOM.
  • Perhatikan kandungan produknya, jika ada tulisan seperti mercurous chloride, calomel, mercuric, atau mercurio sebaiknya segera hindari.
  • Baca dulu reviewnya di internet, hasil yang kita peroleh bisa jadi berbeda ya. 
Kemasan dengan informasi yang lengkap
Kemasan yang Informatif (Photo by: Jess @ Harper Sunday)

Mengecek izin edar BPOM Republik Indonesia bisa dilakukan melalui website atau aplikasi mobile. Jadi setiap beli produk usahakan cek izin edarnya dulu, tidak hanya kosmetik tapi obat dan makanan juga bsa.

Mulai sekarang mari kita sama-sama menjadi konsumen yang kritis dan lebih mengutamakan kesehatan jangka panjang. Salam sehat!


signature-desy