Pejuang Senyum Pepsodent Siwak

Akhirnya Pepsodent kini mengeluarkan pasta gigi yang mengandung siwak dan daun mint. Di peluncuran Pepsodent Siwak ini, sekaligus menjadi momen untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar terlibat menjadi Pahlawan senyum.

Jumat, 31 Januari 2020, sore itu saya mendapat undangan dari Indonesia Hijab Blogger (IHB) dan Pepsodent untuk hadir di acara peluncuran Pepsodent Siwak. Selain teman-teman IHB, ada juga teman-teman dari komunitas lain yaitu Hijab Community dan para artis seperti Dini Aminarti, Zaskia Mecca, Ricky Harun, beserta Dimas Seto juga hadir sore itu. Sore itu sekaligus menjadi momen kita untuk berinteraksi dengan adik-adik kecil dari panti asuhan Rawasari, Jakarta Pusat. 

Indonesia Hijab Blogger

 

Peluncuran Pepsodent Siwak

Acara sore itu dilaksanakan di Rumah Maroko, Jakarta Pusat. Acara yang berkonsep timur tengah ini pun semakin meriah dengan dekorasi khas negeri padang pasir. Duduk lesehan dengan bantal dan dekorasi yang berwarna-warni serta lighting yang mendukung, membuat saya merasa seperti tidak berada di Jakarta. Trus dimana dong? hehehehe.

Sebelum memasuki ruangan acara, para undangan termasuk saya diajak untuk berfoto terlebih dahulu di photo booth bersama salah satu adik dari Panti Asuhan. Dan ternyata dengan siapa kita berfoto otomatis akan menjadi pasangan kita sepanjang acara. Saya pun secara “agresif” mengajak dia berkenalan dan ngobrol. Wita, nama adik dari panti asuhan yang menjadi pasangan saya sore itu. Dia duduk di kelas lima SD, setahun lebih tua dari anak sulung saya. Badannya agak lebih besar dibanding kebanyakan anak seusianya, saya pikir tadinya dia sudah SMP. Ayah Wita meninggal karena kecelakaan ketika dia belum dilahirkan. Kini Wita dan Ibunya tinggal bersama Nenek dan Kakeknya di daerah Rawasari. 

desyyusnitadotcom

Saya dan Wita

 

Narasumber Launching Pepsodent Siwak

Ki-Ka: Distya Tarworo Endri – Senior Brand Manager Pepsodent; Ustadzah Aini Aryani, Lc – Ahli Fiqih; Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. – Pakar Kesehatan Gigi & Mulut; Putri Dwiandari – MC)

Selalu ada makna lain jika hadir di peluncuran produk Pepsodent. Seperti sore ini saya mendengar dari Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk. bahwa Pepsodent memiliki misi yang besar dan mulia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena menurut riset yang dilakukan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut masih dikatakan cukup rendah. 

Baca Juga: Cerita Dibalik Kemasan Khusus

Pepsodent memiliki produk yang beragam. Ini karena Pepsodent menyadari bahwa kebutuhan setiap konsumen itu berbeda-beda. Dengan harapan jika kebutuhan konsumen bisa terpenuhi maka kesadaran untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut pun meningkat. Hadirnya Pepsodent Siwak kali ini juga merupakan langkah Pepsodent untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mayoritas adalah Muslim. Seperti yang kita ketahui bersiwak adalah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Pepsodent Siwak

Pepsodent siwak memiliki dua kandungan yaitu siwak dan daun mint. Dimana manfaat dan kandungan dari siwak adalah:

  • Fluoride: mencegah gigi berlubang dan merangsang remineralisasi.
  • Kalsium: memperlambat demineralisasi dan merangsang remineralisasi pada enamel.
  • Salvadorine Sulfur dan Trimethylamine: bahan anti bakteri alami yang merawat kesehatan gusi.
  • Resin: melindungi dari gigi berlubang dengan membentuk lapisan pada enamel gigi.
  • Silica: Bahan alami yang membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi.
  • Vitamin C: membantu memperbaiki jaringan lunak yang rusak.

Sedangkan kandungan dan manfaat dari daun mint adalah sebagai berikut:

  • Memberikan efek segar pada mulut dan pernapasan.
  • Melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.
  • Sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan gusi.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. menambahkan bahwa siwak sudah menjadi rekomendasi WHO sejak tahun 1984 sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. 

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut = Menjaga Senyum

Mengutip dari apa yang disampaikan oleh Ustadzah Aini Aryani, Lc. “Menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi yang diutamakan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam karena menyangkut  kesehatan diri sendiri dan adab ketika berhadapan dengan orang lain. Dalam sebuah hadits disebutkan juga, bahwa Rasulullah Shallallahu wa sallam bersabda “Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah, maka janganlah ia mendekati masjid kami dan hendaklah ia shalat di rumahnya, karena sesungguhnya para malaikat itu juga terganggu dengan apa-apa yang mengganggu manusia” [Al-Bukhari, kitab Adzan 854, Muslim, kitab Al-Masajid 564].

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintah kan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu” (HR. Al-Bukhari).

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Masyaallah.

Ustadzah Aini mengatakan bahwa ada ilat sebagian ulama kalau sunnah yang ditekankan adalah membersihkan rongga mulut menggunakan alat bantu apapun. Islam tidak mau menyulitkan, Islam juga tak lekang oleh zaman dan era modern. Menggunakan siwak yang terkandung dalam pasta gigi pun dapat memudahkan kita untuk mengikuti teladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. 

Dengan menjaga  kesehatan gigi dan mulut, insyaallah kita akan terhindar dari bau mulut. Bau mulut bisa jadi penyebab kita sulit tersenyum. Padahal senyum dalam Islam dapat dikatakan sebagai sedekah. 

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“.

Jangan ragu untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut ya. Tebarkan #senyumberbagiberkah. 

Yuk, Jadi Pahlawan Senyum

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa selalu saja ada kegiatan sosial yang dilakukan Pepsodent berbarengan dengan peluncuran produk barunya. Tidak hanya mengutamakan kualitas dan kehalalan produknya, Pepsodent Siwak juga ingin turut andil dalam kesehatan kesejahteraan masyarakat. Pepsodent akan mendonasikan 2,5 % laba penjualan dari setiap kemasan Pepsodent Siwak yang terjual untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut Yatim Piatu di seluruh Indonesia. 

Member Indonesia Hijab Blogger

Berbagai program akan dijalankan mulai dari edukasi, memperbaiki fasilitas cuci tangan, penyediaan produk, dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Untuk menjalan program ini Pepsodent bekerjasama dengan BAZNAS yang saat ini membina ribuan Panti Asuhan di seluruh Indonesia. 

Tidak sampai disitu, Pepsodent juga mengajak kita semua untuk ikut terlibat Menjadi Pahlawan Senyum. Caranya dengan membeli produk Pepsodent Siwak atau bisa juga mendaftar sebagai relawan yang ikut terlibat memberikan edukasi di Panti Asuhan. Untuk tau caranya, bisa di Direct Message saja di Instagram @tanyapepsodent tentang bagaimana cara  menjadi relawan. Kalau kemarin saya kebetulan sempat isi form sebagai relawan di lokasi acara berlangsung. 

Yuk, ikutan jadi Pahlawan Senyum dan mendukung teman-teman di Panti Asuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mulai dari sekarang. Karena gigi dan mulut yang sehat akan memberikan senyum yang menawan. 

Referensi:

  • https://almanhaj.or.id/1511-memakan-bawang-putih-atau-bawang-merah-sebelum-shalat.html (diakses tanggal 5 Februari 2020)
  • https://muslim.or.id/26789-7-keadaan-dianjurkan-untuk-bersiwak.htm (diakses tanggal 5 Februari 2020)
  • https://muslim.or.id/3421-keutamaan-tersenyum-di-hadapan-seorang-muslim.html (diakses tanggal 5 Februari 2020)



signature-desy