Perawatan Wajah di Dermies

Sudah lebih dari satu tahun lamanya saya tidak melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan. Bahkan ketika kulit saya menjadi tanning karena 3 hari banyak melakukan aktivitas outdoor seperti snorkeling dan berenang sepanjang hari ketika di Lombok tahun lalu. Ketika kembali ke rumah pun saya tidak melakukan perawatan wajah ke klinik kecantikan seperti biasanya. Karena saya merasa bisa mengatasi permasalah kulit saya. 

Sekitar bulan Maret, pandemi Covid 19 ini mulai masuk ke Indonesia. Untuk menambah imunitas tubuh saya rajin melakukan aktivitas outdoor bersama suami dan anak-anak di sekitar rumah kami. Saya berjemur maksimal 30 menit di pagi hari, sesekali juga jogging. Pokoknya jika semula saya khawatir kulit saya tambah tanning kini saya lebih kearah ngga peduli, yang penting sehat. 

Setelah lockdown pertama, saya pun mulai gemar bermain sepeda. Ngga main di sekitar rumah aja loh. Setelah saya yakin dan tau trik-triknya untuk tetap menjalankan protokol kesehatan gowesan sepeda saya mulai jauh. Tambah tidak khawatir dengan sinar matahari, waktu itu saya yakin banget yang penting pakai sunscreen dengan SPF 50 udah cukup untuk melindungi. Itu adalah ekspektasi tapi realitanya adalah kulit wajah saya pun tambah kusam dan belang terutama di bagian dahi. Saya pun berpikir untuk melakukan perawatan tapi masih takut. 

Beruntung saya diajak oleh Komunitas Jakarta Beauty Blogger untuk perawatan wajah di salah satu klinik kecantikan yang berlokasi di salah satu Mall di Jakarta yaitu Dermies. Eh tapi kok lokasinya di Mall, aman ngga ya? Jujur aja, saya sempat ragu awalnya. Tapi Mba’ Lily yang menjadi PIC waktu itu memberikan saya postingan Instagram Dermies tentang Kebijakan New Normal di klinik tersebut. Membuat saya akhirnya yakin untuk perawatan demi kulit glowing menjelang 2021. Dan untuk langkah antisipasi saya memilih perawatan di hari kerja sebelum jam pulang kantor. Bismillahirahmanirahim.

Baca Juga: Warna Kulit & Kecantikan

Dermies, Klinik Kecantikan di Jakarta Barat

Dermies sebenarnya adalah sebuah brand skin care yang memberikan solusi perawatan kulit komplit terutama untuk kaum muda dengan harga terjangkau. Selain skin care, Dermies juga memiliki klinik perawatan wajah agar hasil yang didapat bisa lebih optimal lagi. Berikut ini 3 lokasi dimana Klinik Dermies berada, yaitu:

  • Mall Festival Citylink Bandung Lantai G,
  • Mall Ciputra Jakarta Lantai UG, dan
  • Pasir Kaliki Bandung No. 207A 

Dan kemarin saya mencoba perawatan wajah di Mall Ciputra Jakarta Lantai UG. 

Dermies Klinik di Jakarta Barat
Dermies Klinik di Jakarta Barat

Dermies memiliki konsep perawatan PRP yaitu Purify, Revitalize dan Protect. Ketiga langkah ini memiliki fungsi yang penting dan saling bersinergi satu sama lain sehingga tidak bisa digantikan jika ingin mendapat hasil yang maksimal. Saya jelaskan lebih detail ya mengenai konsep PRP ini. 

Purify adalah pengkondisian atau pengoptimalan kondisi kulit agar lebih siap ketika menerima perawatan berikutnya. Purify ini berupa treatment yang dilakukan oleh Dokter di Klinik sesuai dengan analisa dan kondisi kulit pasien. Durasi dari Step ini bervariasi antara 5 sampai 22 menit tergantung dari jenis tindakan dan kebutuhan kulit, contohnya: gentle Purifying, Prime Purifying, Blue Photopurifying dan Infrared Photopurifying.

Revitalize merupakan langkah kedua setelah purifying. Revitalize bertujuan merawat atau mengatasi gangguan kulit pasien (misalnya jerawat, kusam, kering dan lain-lain) dan mengontrol kondisi kulit agar tetap sehat dan selalu berada dalam kondisi terbaik. 

Protect bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kulit misalnya dari paparan sinar matahari, produksi minyak berlebihan pada wajah dan lain-lain.

Dan sehubungan dengan pandemi, Klinik Dermies pun juga menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Semua karyawan memakai masker dan sarung tangan bahkan face shield dan berusaha sebisa mungkin menjaga jarak. Jika ada antrian lebih dari dua pun selalu disarankan untuk menunggu di lokasi lain di Mall. Sehingga area di sekitar Klinik tidak tampak padat. 

Ada dua jenis perawatan yang menjadi fokus di Klinik Dermies, yaitu: 

  • Clear Acne adalah perawatan untuk mencegah, mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat serta  melindungi dari faktor pemicu jerawat. 
  • Bright & Glow adalah perawatan untuk mencegah dan mengatasi kulit kusam, kering, pigmentasi ringan, serta melindungi dari faktor pemicunya. 

Pengalaman Perawatan Wajah di Dermies

Akhirnya jadi juga saya perawatan wajah setelah sekian lama. Begitu sampai di Dermies yang berlokasi di Mall Ciputra Jakarta. Masuk mall pun sudah menerapkan protokol kesehatan.m, seperti pengecekan suhu tubuh dan diharuskan mencuci tangan dengan hand sanitizer. Selain itu saya juga selalu membawa hand sanitizer sendiri di dalam tas. 

Pokoknya fokus pada tujuan utama, no mampir-mampir deh. Untungnya ngga sulit menemukan lokasi klinik ini karena tepat berada di depan lift lantai UG. Saya lihat klinik pun tidak menunjukkan adanya antrian. 

Klinik Dermies ini ternyata mengusung konsep self service. Setelah saya menjelaskan maksud dan tujuan saya datang, kemudian Customer Service pun menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan ketika perawatan disana. Kemudian saya dipersilahkan untuk melakukan pendaftaran di komputer yang tersedia dan mengisi data pribadi sendiri karena saya merupakan pasien baru. 

Proses Pendaftaran di Dermies
Kiri: Pengecekan Suhu Tubuh; Kanan Atas: Pendataan Terkait Informasi Covid 19; Kanan Bawah: Edukasi
Meja Registrasi Dermies
Registrasi Mandiri

Setelah mengisi data saya kemudian diberikan head band reusable dan cleansing wipes yang gunanya untuk membersihkan wajah di wastafel yang sudah tersedia. Menurut saya alangkah lebih nyamannya jika wastafel tersebut diberi sekat minimal tirai agar ketika kita membersihkan wajah tidak harus terlihat oleh pasien lain yang sedang menunggu di kursi depan wastafel. Apalagi kalau pasiennya adalah laki-laki. Mudah-mudahan hal ini bisa dipertimbangkan oleh pihak Dermies. 

Membersihkan Make Up Sebelum Mulai Perawatan Wajah
Membersihkan Make Up Sebelum Mulai Perawatan

Setelah wajah sudah bersih selanjutnya wajah kita didokumentasikan dulu alias di foto kondisi kulit wajahnya sebelum perawatan. Nggak gimana-gimana sih, cuma di foto biasa aja. Beberapa menit kemudian saya pun dipersilahkan untuk masuk ke ruang perawatan. 

Sesi Foto Sebelum Perawatan Wajah
Sesi Foto Sebelum Perawatan

Terdapat 9 bed yang tersedia di dalam ruang perawatan. Dan karena pandemi seperti ini dari 9 bed itu tidak bisa dipakai semuanya demi untuk menerapkan social distancing. Hal ini membuat hari saya tambah tenang dan nyaman juga sih. Seingat saya hanya ada 2 pasien di dalam ruang perawatan siang itu. Sementara itu ketika saya masih melakukan pendaftaran saya melihat ada satu pasien lagi yang baru datang dan Customer Service menyarankan untuk kembali 30 menit kemudian, saya rasa agar tidak terjadi penumpukan orang disekitar klinik ya. 

Menurut saya perawatan wajah di Dermies ini simple banget tapi cukup efisien. Ketika saya masuk ke dalam kubikel dan mempersiapkan diri dan tidak lupa memakai head band yang sudah diberikan saya pun dipersilahkan untuk tiduran sambil menunggu Dokter Kulit yang bertugas, sayangnya saya lupa nama Dokter yang melayani siang itu kalau tidak salah namanya Dokter Sintia. Oh iya semua Dokter dan Perawat yang bertugas di Dermies memakai APD lengkap ya, tapi yang level 2 aja sih. 

Siang itu saya mendapatkan rangkaian perawatan wajah  Ready Set Glow pas banget memang buat saya. Ternyata dalam rangkaian ini ada dua sesi perawatan yang dijalankan secara bertahap. 2 treatment tersebut adalah: 

  • Sesi 1 yaitu Perfect Glow Treatment. Pada sesi ini saya akan mendapatkan dua tindakan yaitu Combo Peeling dan IPL yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati. Efeknya membuat wajah terlihat lebih cerah dan glowing. 
  • Sesi 2 yaitu Prime Purifying Treatment. Pada sesi ini saya akan mendapatkan treatment Light Peeling untuk kulit normal, fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah lebih cerah. 
Pengecekan Kondisi Kulit Wajah Sebelum Perawatan
Pengecekan Kondisi Kulit Wajah Sebelum Perawatan

Sebelum menjalani perawatan di atas, wajah saya  pun di cek terlebih dahulu kondisinya oleh Dokter Sintia. Dokter Sintia menjelaskan apa saja permasalah kulit saya yang tampak saat itu. Baru kemudian menjalankan perawatan wajah sesi 1 dari rangkaian perawatan wajah Ready Set Glow. Ternyata simple banget perawatannya, waktunya pun sebentar aja. Total dari pendaftaran sampai dengan perawatan hanya butuh waktu 60 sampai 70 menit saja. Belum termasuk nunggu obat yang diresepkan ya. 

Proses Peeling Oleh Dokter
Proses Peeling Oleh Dokter
Proses IPL Oleh Dokter
Proses IPL Oleh Dokter

Menurut saya perawatan dengan waktu yang efisien seperti ini cocok banget untuk Era New Normal seperti ini dan bagi mereka yang waktunya terbatas. Alur perawatannya pun simple, ngga butuh waktu lama untuk memahami alurnya, apalagi self service.Setelah perawatan ini saya dianjurkan untuk tidak berkeringat dan kontak langsung dengan matahari minimal 7 hari setelah treatment

Hari itu saya mendapatkan 5 produk perawatan yang diresepkan oleh Dokter Sintia sesuai dengan kondisi kulit saya. Nama produknya kurang familiar, untung ada kategori produknya yang membuat saya lebih mudah mengingat urutan pemakaiannya. 

 Skin Care Sesuai Dengan Resep Dokter
Skin Care Sesuai Dengan Resep Dokter

Dan kini setelah perawatan sesi 1 dan 2 minggu memakai rangkaian produk yang diresepkan oleh Dokter Sintia inilah kondisi kulit saya. 

Before-After Setelah 3 Minggu Perawatan di Dermies
Before-After Setelah 3 Minggu Perawatan di Dermies

Alhamdulillah saya cocok dengan produk yang diresepkan dan cukup senang dengan kondisi kulit saat ini. Terlihat lebih cerah meski dengan bare face sekalipun. Jadi makin malas pakai bedak kan hahaha. 

Produk OTC Dermies

Seperti yang saya katakan diatas bahwa Dermies sebenarnya adalah brand skin care yang sudah terdaftar di BPOM RI. Jadi misalnya kita hanya ingin beli produknya tanpa melakukan perawatan di klinik Dermies tentu saja bisa. 

Ada 3 produk Dermies yang bentuknya adalah OTC (Over The Counter) dan bisa dibeli tanpa resep dokter, yaitu: 

  • Clear Me Series: skin care untuk kulit oily dan acne prone. 
  • Hello Glow Series: skin care untuk kulit normal dan cenderung kering. 
  • Comfort Your Series: skin care untuk kulit yang cenderung sensitif dan membutuhkan perlindungan khusus.

Semua produk itu bisa dibeli di Klinik Dermies atau ecommerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Produk Dermies Skin Care
Produk Dermies Skin Care

Oh iya satu lagi nih, sekarang Sedang ada promo untuk rangkaian perawatan Ready Set Glow dari harga normal Rp. 805.000,- menjadi Rp. 525.000.- aja. Untuk tau informasi lengkapnya langsung ke Instagramnya aja ya. Menurutku sih harganya cukup terjangkau. 

Sekian cerita kali ini, sampai bertemu di perawatan eh postingan berikutnya. Stay safe ya teman-teman. 


signature-desy