Rekomendasi hotel di Madinah yang jaraknya tidak jauh dari Masjid Nabawi. Alhamdulillah pandemi sudah bisa kita lewati, sehingga kita bisa bepergian lagi keluar negeri. Salah satu negara yang pasti ditunggu dan diharapkan untuk bisa dikunjungi adalah Arab Saudi. Tentu saja tujuan kesana adalah untuk menunaikan ibadah Umrah. 

Umrah menjadi ibadah yang ingin dilakukan umat muslim selain haji. Apalagi pasca pandemi, masa tunggu haji di Indonesia bisa berpuluh-puluh tahun lamanya. Ditambah biaya keberangkatan yang semakin mahal, terakhir yang saya tahu bisa sampai 90 juta-an ya. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin menunaikan ibadah umrah terlebih dahulu sambil menunggu waktu giliran untuk berhaji. 

Saat ini pemerintahan Arab Saudi sudah membuka kemudahan bagi yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Tidak harus menggunakan travel tapi juga bisa dilakukan secara mandiri. Kalau memantau di sosial media banyak loh sekarang informasi-informasi yang beredar tentang bagaimana melakukan umrah mandiri itu. Tinggal kita banyakin baca dan hunting tiket penerbangan promo yang murah. Kalau mau cari tau soal umrah mandiri, bisa banget mampir ke blognya Ka Shintaries ya.

Jika ingin melakukan umrah mandiri penting juga mencari tahu hotel-hotel yang lokasinya dekat dengan Masjid Nabawi. Semakin dekat lokasi hotel dengan Masjid Nabawi akan semakin baik, supaya kita gampang mobilitasnya pada jam-jam sholat. Apalagi kalau kita ingin mendapat tempat di dalam Masjid, untuk akhwat saja harus sudah standby satu jam sebelumnya untuk dapat posisi yang bagus.  

Rekomendasi Hotel di Madinah

Berdasarkan pengamatan saya waktu Umroh 2023 yang lalu, rasanya memang lebih nyaman menginap di hotel yang berada dekat dengan Masjid Nabawi. Apalagi untuk saya yang melakukan Umroh bersama anak-anak. Betapa mudahnya kembali ke hotel untuk makan malam atau makan siang. Jam makan jangan sampai nih kelewatan. Kebetulan travel kami memberikan fasilitas full meeting, jadi mendapat 3 kali makan. 

Rekomendasi Hotel di Madinah, Sekitar Masjid Nabawi
Hotel di Sekitar Masjid Nabawi

Tapi jika melaksanakan Umroh mandiri pun saya rasa penting juga memilih hotel yang lokasinya dekat dengan Masjid. Dan selama mondar-mandir dari hotel ke Masjid saya mengingat dan mengobservasi titik-titik hotel yang dekat dengan Masjid dengan lingkungan yang cukup strategis. 

Berikut ini rekomendasi hotel di Madinah yang lokasinya dekat dengan Masjid Nabawi, berdasarkan penglihatan saya selama perjalanan bolak-balik Masjid Nabawi akhir Desember 2023 yang lalu, diantaranya:

  • Anwar Al Madinah Movenpick

Hotel bintang 5 berada di kawasan Bada’ah Madinah. Berjarak hanya beberapa meter dari pelataran Masjid Nabawi, dekat dengan Gate 328. Terhubung dengan mall perbelanjaan dan jika beruntung mendapatkan kamar yang langsung menghadap Masjid Nabawi.  Harga per malamnya berkisar 4 juta dengan 4 single bed

Rekomendasi hotel di Madinah, ring 1
Madinah Al Munawwarah
  • InterContinental Madinah-Dar Al Iman

Hotel bintang 5 ini masih berada di ring 1 yang dekat sekali dengan pelataran Masjid Nabawi. Harga per kamar sekitar 4,5 juta-an untuk dua orang. Pemandangan yang berbeda akan mendapatkan harga yang berbeda. 

  • Taiba Suites Madinah

Hotel ini hanya berjarak 450 m saja dari pelataran Masjid Nabawi. Untuk kamar dengan tipe junior suite terdiri dari 1 tempat tidur ukuran super king dan 1 sofa bed, serta memiliki dapur pribadi harga per malamnya berkisar 4,5 juta. Cocok jika kita pergi bersama keluarga atau jumlah rombongan > 4 orang. 

  • Taiba Front Hotel

Hotel ini merupakan hotel bintang 3. Tapi lokasinya cukup bagus, berada di ring satu, dekat dengan gate 329 Masjid Nabawi.  Hanya beberapa menit saja jalan kaki, dekat dengan pusat perbelanjaan oleh-oleh dan supermarket Bin Dawood. Selain itu Hotel ini juga dekat dengan money changer. 

Taiba Front Hotel
  • Frontel Al Harithia Hotel

Dekat dengan gate 329, hotel bintang 5 ini memiliki 4 pintu masuk dari berbagai sisi.  Berjarak hanya 150 meter dari pelataran. Harga per kamar untuk 2 orang berkisar 4 juta-an. Menurut yang saya baca, hotel ini hanya khusus melayani tamu-tamu muslim saja. 

  • Al Ansar Golden Tulip

Meskipun terletak di ring 3, tapi jaraknya masih kurang dari 1 km. Hotel merupakan hotel bintang 4. Mayoritas yang menginap disini adalah orang Indonesia. Lebih banyak jamaah travel disini. Harganya cukup bersahabat sekitar 1,5 juta-an untuk tipe deluxe quadruple. 

Rekomendasi hotel di madinah, ring 3
  • Hotel Andalus Palace 3

Berada di samping Al Ansar Golden Tulip, hotel ini juga berjarak kurang dari 1 km saja dari pelataran Masjid Nabawi. Untuk 4 tempat tidur, hotel ini memiliki rate sekitar 1 juta-an. Cukup worth dengan jaraknya ke Masjid. 

Dari hotel-hotel di atas semuanya dekat dengan gate 329 yang mana merupakan gate yang dekat dengan pintu nomor 16-17 yang merupakan pintu masuk akhwat, jadi strategis banget. Kalaupun mau ke gate 338 yang viral itu juga masih dekat banget. Atau mau ke stall Asian food yang viral juga masih dekat loh. Bisa ditempuh dengan jalan kaki kok. 

Cuma yang perlu dicatat adalah, pintu-pintu hotel di sini bukanlah pintu hotel dengan kaca yang besar seperti di Jakarta. Disini hanya seperti masuk ke sebuah pintu toko saja, hanya kalau diperhatikan kita bisa tahu bahwa itu merupakan sebuah lobby hotel. Dan biasanya lagi akses masuk ke hotel ada beberapa jalur dari sisi yang berbeda. 

Selain hotel diatas masih banyak lagi hotel lainnya masih di daerah yang sama. Harganya pun beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Cuma memang harus booking jauh-jauh hari apalagi di musim liburan, karena suka full book. Untuk hunting hotel di madinah yang harganya sesuai budget bisa banget di OTA seperti booking.com, agoda dan yang lainnya.

Sekian sharing informasi mengenai hotel yang saya observasi selama umroh kemarin. Jika ada rezeki untuk umroh mandiri bersama keluarga besar, rasanya saya akan mengincar daerah itu lagi. Atau mungkin sisi yang berbeda ya? Soalnya sisi ini lebih dekat dengan pintu perempuan sih, hehehe. Bismillah….semoga diundang kembali ke sana, aamiin. 

signature-desy