Kelas Pintar Platform Belajar Online

Kenalan dengan Kelas Pintar yuk. Ibu-ibu pasti paham banget deh tantangan yang dihadapi kalo anak-anak sekolah online. Sudah mau dua tahun pandemi melanda dunia dan selama itu pula sekolah masih dilakukan secara online. Bagi saya yang memiliki anak kelas 6 SD sudah pasti deg-degan banget. Meskipun Ujian Nasional sudah ditiadakan tapi saya ngga mau si Kaka jadi ngeblank waktu ngerjain Ujian Kelulusan nanti, apa sih namanya sekarang? Sungguh saya bingung dengan istilah updatenya.  

Sudah jadi rahasia umum kalau Sekolah Online tidak sama kualitasnya dengan Sekolah Offline alias Pengajaran Tatap Muka (PTM). Di sekolah si Kaka, tahun ajaran yang lalu (kelas 5) dilakukan hanya 2 jam dalam satu hari. Saya yakin ngga bisa membahas tentang banyak tema seperti yang sudah direncanakan oleh pihak sekolah. Memang sih sistem dibuat sedemikian rupa supaya anak-anak bisa belajar mandiri dan membuat rangkuman sendiri dari materi-materi video yang sudah disiapkan. Tapi tetap saja ngga cukup sampai disitu kan.

Kesehatan Mental Anak di kala Pandemi, Kak Seto

Sebagai Ibu saya merasa harus mengambil langkah antisipasi. Kak Seto pernah bilang kalau kemampuan akademik anak-anak di masa pandemi ini tidak bisa dituntut sempurna, tapi lebih baik fokus ke bakatnya. Soal fokus ke bakat memang sudah jadi fokus di sekolah Kaka juga, tapi soal akademik saya merasa Kaka harus tetap tau tentang ilmu yang seharusnya didapat disekolah pada umumnya. Maklum sekolah Kaka sekarang dasar pengajarannya adalah alam, jadi akademik memang bukan yang utama. 

Memegang prinsip “harus sering dilihat dan dilatih supaya lama-lama paham dan ingat”, akhirnya saya mulai mencari-cari kelas belajar atau kursus online. Iya…online, mengingat ini masih pandemi rasanya online adalah yang paling aman dan efisien, maksudnya ngga perlu ongkos transport dan hemat waktu, hehehe. Selain itu ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan saya memilih kelas online untuk si Kaka, diantaranya:

  1. Mengingat sekarang anak-anak cenderung senang hal-hal yang visual rasanya kelas online bisa jadi lebih menarik dan memudahkan mereka untuk paham tentang materinya.
  2. Menyiasati agar anak-anak tidak selalu nonton Youtube atau main games.
  3. Mengisi waktu luang anak dengan kegiatan yang lebih bermakna.
  4. Membuat waktu belajar tidak seperti sedang belajar.
Belajar Online

Baca: Peran Orangtua di Era Digital

Kelas Pintar, Solusi Belajar Online 

Salah satu kelas atau kursus online yang saya pelajari adalah Kelas Pintar. Ternyata Kelas Pintar bukanlah situs belajar online biasa. Kelas Pintar merupakan platform yang memberikan solusi tidak hanya untuk murid tapi juga untuk guru dan orangtua. Berbasis web dan aplikasi memungkinkan platform ini bisa diakses baik melalui PC maupun smartphone. Program yang ada di platform ini tersedia untuk SD, SMP dan SMA.

Solusi Untuk Murid

Kita sama-sama tahu bahwa setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda. Ada yang suka seperti ngobrol atau kerja kelompok, ada yang sukanya casual dan komprehensif atau ada yang sukanya seperti paparan guru didepan kelas namun tetap dengan gaya yang casual. Kelas Pintar memahami hal itu sehingga metode belajar yang diterapkan di platform ini pun menggunakan pendekatan personal dalam penyampaian materi yang disesuaikan dengan berbagai karakter siswa, baik melalui audio, visual dan kinestetis.

Metode Pembelajaran: Learn, Practice and Test

Platform ini memberikan variasi gaya belajar yang berbeda dari  kelas online sejenisnya. Jadi bisa memberikan alternatif gaya belajar lain, ya siapa tau gaya penyampaiannya bisa cocok dengan gaya belajar anak kita kan. Selain itu di platform ini juga menyediakan latihan-latihan soal, yang paling menarik buat saya pribadi sebagai orangtua. Karena latihan soal bisa memudahkan anak untuk belajar dan mengexplore pengetahuannya akan tema yang sedang dipelajari.

Berikut ini beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan siswa dari platform ini, yaitu:

  • TANYA. Memungkinkan siswa untuk bertanya secara Gratis kepada guru yang sudah tersertifikasi, ahli dibidangnya dan siap menjawab secara tepat dan benar. Fitur ini hanya tersedia di aplikasi Kelas Pintar.
  • SOAL. Siswa bisa mengasah pengetahuan yang sudah dipelajarinya dengan menjawab soal-soal. Bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi ulangan harian, ujian semester, dan ujian nasional. Didalam fitur ini juga tersedia report sudah berapa kali siswa melakukan latihan soal.
  • GURU. Siswa bisa mendapatkan pelajaran langsung dari guru yang sudah ahli dibidangnya. Kelasnya bisa disimpan, sehingga bisa dipelajari lag nantinya. Lebih terasa interaktif dengan materi yang menarik. 

Solusi Untuk Guru

Sebagai platform, Kelas Pintar menawarkan solusi belajar 360 derajat yang dapat diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses belajar mengajar. Menggunakan sistem belajar yang terintegrasi yang bisa memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa.

Solusi Guru dari Kelas Pintar

Di Fitur Sekolah, memberikan solusi bagi sekolah-sekolah yang kekurangan media dalam pengajaran online. Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pihak Sekolah selama sekolah online berlangsung, seperti:

  • Kelas. Guru dapat membuat jadwal kelas dengan pemberian materi secara langsung atau melalui video rekaman. Sehingga siswa bisa mengaksesnya dari rumah secara online.
  • PR dan project. Fitur ini memudahkan guru untuk memberikan pekerjaan rumah dan PBL (Project Base Learning) kepada siswa dengan hanya mengunggah pekerjaan rumah atau detail project dalam bentuk pdf, gambar atau dokumen.
  • Tugas. Fitur ini memungkinkan Guru memberikan tugas kepada siswa dalam bentuk essay atau pilihan ganda. Soalnya pun bisa dibuat sendiri oleh guru dan menentukan langsung bobot nilai yang diinginkan. Guru pun bisa memantau, memeriksa atau memberi penilaian langsung.
  • Ujian. Sama seperti yang lainnya, fitur ini memungkinkan Guru memberikan ujian secara online. Guru bisa menggunakan soal-soal yang tersedia di bank soal yang sudah ada di platform

Solusi Untuk Orang Tua 

Sebagai orang tua kita bisa melihat perkembangan belajar anak dimanapun dan kapanpun karena semua sudah tersaji secara online di dalam platform. Bahkan orang tua juga bisa membuat dan melihat jadwal belajar anak melalui platform karena sistemnya yang terintegrasi.

Semua paket itu memiliki harga yang bervariasi mulai dari 200 ribuan sampai dengan 1  jutaan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan siswa saja. 

Paket Langganan di Kelas Pintar

First Impression

Tampilan nya cukup ok dengan warna-warna yang bisa memotivasi anak untuk belajar, yaitu warna orange dan biru. Proses pembuatan akun di  ini pun cukup mudah, hanya saja jika kita ingin eksplore ke fitur-fitur lainnya selalu diminta memasukkan data kembali sebagai verifikasi, menurut saya itu cukup membosankan. Mungkin akan berbeda jika sudah berlangganan ya? Saya akan cari tau lagi nanti. 

Ketika sudah berhasil mendaftar saya langsung tertarik untuk mencoba soal-soal latihan yang ada. Dalam hal ini tentu saja yang mengerjakan soal-soalnya adalah si Kaka. Saya lebih senang memberikan anak soal latihan melalui  supaya tidak perlu repot untuk dicetak yang nantinya setelah dikerjakan hanya menjadi tumpukan kertas bekas. Jika dilakukan secara online begini akan bisa dikerjakan berulang-ulang tanpa perlu mencetak ulang. Itu pendapat saya sih.

Latihan Soal di Kelas Pintar

Sempat mendengarkan beberapa materi yang ada salah satunya matematika, cukup mudah dimengerti dengan audio yang cukup clear. Visualnya cukup jelas, hanya saja masih sederhana tampilannya dan perlu sedikit improve agar bisa terkesan lebih interaktif. Tapi itu juga tergantung selera belajar anak-anak ya, kalau untuk si Kaka penjelasan yang ada di Kelas Pintar sih menarik dan mudah dipahami. 

Soal harga berlangganan menurut saya relatif sih ya, ada yang murah dan ada yang agak mahal biasanya sih untuk berlangganan satu tahun. Tapi jika dibandingkan dengan kursus offline sih masih lebih murah yah. 

Kesimpulannya sih saya tertarik untuk berlangganan mungkin akan mengambil paket soal yang harganya 1 jutaan untuk berlangganan selama 12 bulan. Tapi ingin eksplore dulu ya mumpung dapat 7 hari gratis hehehe. Ga mau rugi kan. 

Paling tidak sekarang kita punya alternatif untuk membuat belajar online jadi lebih menarik dan bervariasi untuk anak-anak. Bisa dilihat di website atau aplikasi. 


signature-desy