alasan beli rumah

Beli rumah sekarang, yuk. Usia muda merupakan usia yang produktif, memiliki energi yang besar untuk bekerja dan menambah penghasilan. Daripada penghasilan menguap begitu saja bersama dengan gaya hidup, akan lebih baik jika penghasilan itu disisihkan untuk membeli aset salah satunya rumah. Membeli rumah tidak harus menunggu saat kita akan atau sudah memiliki keluarga. Justru akan lebih menguntung untuk membelinya saat kita masih single. Karena segala penghasilan yang kita miliki akan lebih banyak berfokus untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri.

Ada beberapa alasan yang membuat kita harus membeli rumah sekarang jika dirasa penghasilan kita sudah cukup, yaitu:

  1. Investasi

Aset salah satunya properti merupakan aset yang menjanjikan. Karena harganya akan naik terus setiap tahunnya. Apalagi jika lingkungan tempat kita membeli properti tersebut merupakan lingkungan yang sedang berkembang. Dalam jangka 10 tahun, rumah yang kita beli sudah pasti harganya akan naik. Sehingga rumah merupakan aset yang tepat untuk investasi

  1. Menghindar Dari Sifat Konsumtif

Membeli rumah dengan cara mencicil memang menjadi solusi bagi generasi milenial, baik dicicil secara konvensional maupun syariah melalui bank atau ke developer langsung. Yang pasti dengan mengalihkan penghasilan dengan membeli properti akan menghindari kita dari sikap konsumtif. Dan memiliki tujuan yang lebih jelas dalam bentuk properti ini

  1. Dapat Menjadi Pemasukan Pasif

Jika rumah yang dibeli tidak ingin langsung ditinggali bisa disewa sehingga dengan uang sewanya tersebut bisa menjadi pemasukan tambahan.

  1. Turunnya Suku Bunga

Suku bunga yang rendah di bawah 8 – 9 persen selama 2 – 5 tahun pertama hingga angsuran kredit pun lebih rendah . Hal ini dilakukan sebagai salah satu dukungan pemerintah untuk bisa meningkatkan minat dan kemampuan masyarakat dalam membeli properti.

beli rumah harus jadi prioritas
Sumber: Tierra Mallorca

Beli Rumah Untuk Investasi

Bagi anak muda dengan penghasilan yang belum terlalu besar bisa mempertimbangkan membeli rumah di pinggir kota besar. Dengan catatan akses transportasi sudah cukup baik. Pasalnya mencari rumah di kota  besar harganya sudah kelewat tinggi. Jadi sebagai alternatif bisa memilih lokasi pinggiran kota besar.

Membeli rumah untuk investasi dan dijadikan pasif income juga harus mempertimbangkan lingkungan dan pergerakan bisnisnya. Jadi memilih rumah dengan lingkungan yang dekat dengan distrik bisnis sangat perlu menjadi pertimbangan.

Misalnya ketika sudah berkeluarga tapi tidak ingin ditempati tidak apa-apa. Karena harga propertinya tetap akan lebih tinggi dibanding harga beli beberapa tahun yang lalu. Ini bisa jadi solusi kalau kita punya beberapa aset rumah di luar kota besar kemudian aset tersebut dijual untuk kemudian ditukar dengan rumah di tengah kota.

Perumahan Mustika Village Sukamulya

Ingin mencari perumahan yang berlokasi di pinggir kota besar, bisa mampir dan survey Perumahan Mustika Village Sukamulya Perumahan ini merupakan kerjasama dengan Mustika Land dan Creed Group asal Jepang sehingga kualitasnya terjamin.

Mustika Village Sukamulya
Perumahan Mustika Village Sukamulya (Sumber: Brosur Mustika Village Sukamulya)

Dibangun di lingkungan yang asri, memiliki fasilitas taman hijau dan danau resapan. Row jalan utama pun cukup besar sekitar 14m dan row jalan lingkungan sebesar 6-7 m. Suplai air bersih pun sudah cukup dipikirkan oleh pihak pengembang, karena memiliki Water Treatment Plant mandiri yang sudah jadi.

Area Penghijauan
Area Penghijauan (Sumber: Brosur Mustika Village Sukamulya)

Perumahan ini memiliki akses transportasi yang cukup lengkap, diantaranya:

  • 20 menit dari pintu tol Cibitung – Cilincing yang akan segera dibuka.
  • 20 menit dari stasiun kereta
  • Dekat dengan terminal bus AKAP Cikarang

Selain itu, lokasi perumahan pun dekat dengan sekolah, pusat belanja, akses ke kawasan industri Bekasi dan sentra bisnis Jakarta. Layanan kesehatan pun cukup terjangkau. Lingkungannya sudah didukung dengan fasilitas umum yang dapat dikatakan cukup siap.

Perumahan ini sudah jadi, hingga saat ini rumah yang sudah dibangun sekitar 600 unit yang siap dijual, rencananya akan dibangun sampai lebih kurang 3300 unit. Harga yang jual pun bervariasi sesuai dengan tipe rumah, mulai 160 juta hingga 220 juta.

Berikut ini  4 tipe rumah yang ada di Mustika Village Sukamulya, diantaranya:

  1. Tipe Ueno (Rp. 160.000.000)

Memiliki luas tanah 60 meter persegi, luas bangunan 25 meter persegi dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

  1. Tipe Shibuya (Rp. 180.400.000)

Memiliki luas tanah 60 meter persegi, luas bangunan 27 meter persegi dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

  1. Tipe Ginza (Rp. 213.400.000)

Memiliki luas tanah 60 meter persegi, luas bangunan 30 meter persegi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 carport.

  1. Tipe Ginza Premium (Rp. 220.400.000)

Memiliki luas tanah 60 meter persegi, luas bangunan 37 meter persegi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 carport.

Karena lokasinya yang cukup strategis, jadi lokasi ini memiliki potensi kenaikan nilai yang baik. Ditambah dengan kualitas air bersih yang baik dan akses transportasi yang mumpuni. Cara bayar yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari KPR sampai dengan cash bertahap.

Tampak Depan Perumahan di Mustika Village Sukamulya
Tampak Depan Perumahan di Mustika Village Sukamulya (Sumber: Brosur Mustika Village Sukamulya)

Baca Juga: Mencuci Piring dan Manfaatnya

Bagaimana, sudah mulai terbuka untuk membeli rumah? Daripada uang gaji habis karena gaya hidup lebih baik dikonversi ke properti aja, ya kan?

Mau tau lebih jauh bisa cek ke website nya Mustika Village Sukamulya ya, bisa download brosurnya juga.


signature-desy