Mencuci Piring

Mencuci Piring Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

Siapa sangka kalo kegiatan mencuci piring yang rasanya tidak pernah selesai jika semua anggota keluarga berada dirumah nyatanya justru membawa manfaat bagi kesehatan. Kok bisa? Mari kita bahas ya.

Sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari lebih banyak dirumah bersama dua anak perempuan membuat aktivitas ini rasanya menjadi pekerjaan yang paling tidak pernah selesai. Apalagi saya tidak punya asisten rumah tangga yang standby di rumah. Otomatis kegiatan bersih-bersih adalah tanggung jawab saya. 

Setiap saat ada saja piring yang bertumpuk di bak cuci piring. Kebetulan bak cuci piring saya berukuran kecil sehingga kalau ada piring kotor lebih dari 5 langsung deh terlihat penuh. Pokoknya begitu bak cuci piring penuh rasanya dapur saya yang minimalis alias kecil ini langsung terlihat berantakan. 

Pekerjaan Rumah Yang Tidak pernah Selesai

Kenapa sih cuci piring terus? Ya karena dua anak perempuan saya suka ngemil. Si Kaka lagi suka praktek bikin dessert berbekal tutorial dari youtube sedangkan yang Shanum suka banget ngemil, kalau dia ambil kue harus selalu memakai wadah supaya remahan makanannya ngga kemana-mana. Pokoknya kebayangkan kalo punya anak usia 3 tahun itu seperti apa?. Belum lagi kalo ada Si Bos alias Suami, hobi ngemilnya juga ngga kalah sama anak-anak. Jadi kebayangkan berapa kali dalam sehari saya harus mencuci piring.

Untungnya Si Kaka sudah bisa dimintai tolong untuk mencuci piring-piring kotor, asalkan jangan ada peralatan masak. Karena kalau sudah ada wajan atau panci Kaka masih perlu banyak latihan untuk bisa mencuci bersih dan mengangkat minyak-minyak yang menempel di peralatan masak tersebut.

Beberapa Manfaat Positif Dari Aktivitas Mencuci Piring

Beberapa waktu lalu saya mencoba browsing tentang mencuci piring. Yang sangat mengejutkan adalah ternyata mencuci piring bukan hanya aktivitas rumah tangga atau sekedar menyelesaikan pekerjaan rumah, mencuci piring ternyata memiliki manfaat yang positif. Berikut ini manfaat positif dari aktivitas mencuci piring yang saya baca dari berbagai sumber, yaitu:

> Latihan Meditasi

Menurut studi yang dilakukan oleh Florida State University menyatakan bahwa mencuci piring bisa mengurangi kegelisahan dan meningkatkan kreativitas. Studi ini pun sudah diterbitkan dalam Jurnal Mindfulness (Sumber: www.jpnn.com).

Sabun Cuci Piring Ekonomi

> Membantu Menurunkan Stress

Masih dari studi yang dilakukan oleh Florida State University menyatakan bahwa aktivitas mencuci piring yang dilakukan secara sadar dapat membantu menurunkan tingkat stress. Hal ini disebabkan karena dalam kondisi sadar seseorang akan lebih fokus sehingga bisa mencium aroma sabun pencuci piring, merasakan suhu air dan menyentuh piring. Sehingga seseorang akan berpikiran lebih positif (Sumber: https://www.cnnindonesia.com/) 

> Menghindari Alergi

Pada tahun 2015, Jurnal Pediatric menerbitkan studi bahwa sistem kekebalan tubuh anak lebih terbentuk bagi mereka yang mencuci piring secara manual. Sementara itu bagi mereka yang dirumahnya menggunakan mesin pencuci piring memiliki kecenderungan memiliki alergi atau penyakit kulit eczema. Hal ini disebabkan karena sistem imun tubuh bagi mereka yang mencuci piring secara manual lebih terbentuk dibandingkan dengan mereka yang mencuci piring dengan menggunakan mesin pencuci piring (sumber: https://www.guesehat.com/)

Mencuci piring tidak hanya memberikan manfaat bagi orang dewasa. Kegiatan rumah tangga ini juga memberikan manfaat untuk merangsang tumbuh kembang anak-anak. 

Selain beberapa hal yang sudah saya gambarkan diatas, berikut ini ada manfaat positif lainnya dari kegiatan ini, yaitu:

> Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab

Melatih anak untuk mencuci piring ternyata merupakan langkah bagi anak-anak untuk mempelajari seni bertahan hidup. Dengan kegiatan ini si kecil akan belajar bagaimana mengurus dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan. Sehingga diharapkan akan tumbuh kemandirian dan tanggung jawab dalam diri Si Kecil.

Melatih Life Skill Pada Anak-anak

> Melatih Motorik 

Ketika melakukan kegiatan ini si kecil akan melatih kekuatan otot tangannya dalam memegang piring-piring, meraba setiap sudut piring apakah sudah bersih dari kotoran makanan atau tidak. 

> Mengenal Konsep Tahapan

Dalam proses mencuci piring anak akan belajar bahwa segala sesuatu itu butuh tahapan, segala sesuatu “tidak langsung jadi”. Butuh sabun untuk dan spons untuk mencuci piring-piring itu bersih, dibilas dengan air bersih dan lain sebagainya. 

Kira-kira begitulah manfaatnya yang saya baca dari berbagai sumber. Banyak kan ternyata manfaatnya. Bukan hanya untuk kita tapi juga untuk anak-anak. 

Tips Mencuci Piring Yang Bersih

Sudah paham bahwa kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kan, nah ada baiknya kita juga harus tau bahwa aktivitas ini juga harus pakai strategi agar peralatan makan dan peralatan masak bisa bersih dan terhindar dari bakteri. Ngga mau kan kalo dapur kita jadi bau dan justru jadi sumber penyakit karena tumpukan piring-piring kotor?

Tips Mencuci Piring

Ada beberapa hal penting yang saya lakukan di rumah ketika piring kotor menumpuk. Langkah ini adalah ajaran mama saya dan sudah diturunkan juga ke si Kaka. Langkah-langkah mencuci piring supaya efektif dan efisien terhindar dari bakteri dan kuman ala saya adalah:

  1. Cuci spons terlebih dahulu
  2. Tuangkan sabun secukupnya kemudian beri sedikit air
  3. Mencuci  gelas-gelas terlebih dahulu. Jangan lupa jika didalam gelas ada isi atau sisa minuman sebaiknya dibilas dengan air sampai bersih baru kemudian diberi sabun. Setelah itu bilas dengan air bersih dan mengalir.
  4. Mencuci sendok dan garpu sampai dengan bagian gagangnya. Gosok beberapa kali di bagian daun sendok. Kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.
  5. Cuci piring dan mangkok. Jika diatas piring masih tersisa bumbu atau makanan sebaiknya dibuang dan disiram dengan air bersih. Kemudian beri sabun dan gosok beberapa kali. Pakai spons yang agak kasar jika ada kerak nasi yang sulit dibuang. Jika kondisi piring masih berminyak ulangi memberi sabun setelah dibilas terlebih dahulu sebelumnya. 
  6. Terakhir mencuci alat-alat masak. Sama seperti langkah sebelumnya, jika masih ada bumbu masakan sebaiknya disiram dulu dengan air mengalir. Kemudian baru diberi sabun dan dibilas kemudian sabuni lagi agar noda lemak dan minyak benar-benar lepas dari permukaan. 

Satu Tetes Sejuta Kebaikan

Salah satu tantangan mencuci piring adalah noda minyak dan lemak yang seringkali susah dilepaskan dari peralatan makan dan masak. Apalagi di peralatan makan yang terbuat dari plastik. Harus dua kali pakai sabun supaya yakin bersih dan ngga berlemak. Kalau begini berarti harus pilih sabun yang pas. Jangan lupa pilih juga spon yang nyaman dan multifungsi. 

Tau kah kamu kalau sabun Ekonomi kini punya produk sabun cuci piring? Adalah Ekonomi Power Liquid Siwak & Jeruk Limau dengan formulasi kental dan memiliki banyak busa. Sabun ini memiliki warna yang transparan dengan wangi jeruk limau yang segar. Ada butiran-butiran halus dalam cairan transparant itu, saya rasa ini adalah siwaknya. 

Sabun Piring, Ekonomi Power LIquid
Tekstur Ekonomi Power Liquid Siwak & Jeruk Limau

Ada 5 hal yang diklaim oleh Ekonomi Power Liquid Siwak & Jeruk Limau Fungsi jeruk limau yaitu:

– 5 kali membersihkan lemak,

– 1 tetes sabun ekonomi power liquid sama dengan 5 tetes cairan pencuci lainnya,

– Siwak terbukti sebagai bahan alami yang mampu membersihkan lemak lebih cepat dan antibakteri,

– Jeruk limau terbukti bisa menghilangkan bau amis.

Sabun Ekonomi Power Liquid Siwak & Jeruk Limau, punya 4 ukuran yaitu 780 ml, 290 ml, 132 ml, dan 65 ml. Jadi bisa pilih yang ukuran yang sesuai kebutuhan. 

Ekonomi Power Liquid, Sabun cair

Beberapa minggu terakhir saya sudah pakai produk ini. Wanginya khas jeruk limau tapi tidak terlalu menyengat dan busanya pun banyak. Meskipun busanya banyak tapi sabun ini mudah dibilas dan membuat permukaan piring jadi kesat. Formulanya yang #satutetessejuta kebaikan ini bisa mengangkat lemak dan minyak. Yang tak kalah penting, sabun ini tidak membuat tangan saya jadi kering. Jadi ngga perlu bingung perawatan kulit tangan deh. Saya pun semakin menjadi #ibuandal dalam mengerjakan pekerjaan ini.

Produk ini sudah bisa didapat di supermarket, sayangnya saya belum nemu produk ini di minimarket. Kalau mau tau lebih detail bisa cek instagram Sabun Ekonomi Liquid Siwak & Jeruk Limau ya. 

Sumber:

  • https://www.jpnn.com/news/manfaat-mengejutkan-dari-aktivitas-mencuci-piring (Tanggal akses 3 Januari 2021)
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190226102700-260-372634/studi-mencuci-piring-bisa-jadi-pelepas-stres (Tanggal akses 3 Januari 2021)
  • https://www.guesehat.com/fakta-cuci-piring-dengan-tangan-bagi-kesehatan (Tanggal akses 3 Januari 2021)


signature-desy