Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Dua anak saya sama-sama pernah menderita eksim atau bisa juga disebut dengan dermatitis atopik. Anak saya yang pertama menderita eksim hingga usianya 3 tahun. Sedangkan anak saya yang kedua sejak bayi hingga usianya 8 bulan. Keduanya memiliki tingkat eksim atopik yang berbeda dan pencetusnya pun berbeda. Kalau Kaka Naeema pencetusnya adalah makanan (seperti ayam, dan udang) sedangkan Shanum pencetusnya adalah debu, bahan baju, detergen dan ASI.

Eksim atau dermatitis atopik adalah ruam pada kulit yang biasa terjadi pada bayi hingga anak usia dibawah lima tahun. Eksim biasanya terjadi pada wajah, siku, leher dan lutut. Kondisi kulit ruam ini bisa menimbulkan gatal dan perasaan tidak nyaman pada anak. Jika ruam itu digaruk maka cairan pada kulit yang melenting akan menyebar sehingga tidak tertutup kemungkinan ruam akan menyebar ke area tubuh yang lain.

Eksim bisa saja dicegah dengan cara menjauhi sumber pencetusnya. Misalnya pada kasus Naeema, saya sempat tidak memberikannya makan udang dan ayam. Tapi dengan  bertambahnya usia, dua makanan tersebut saya tetap berikan sedikit demi sedikit hingga sekarang tidak lagi menjadi sumber pencetus. Sedangkan pada Shanum, saya mengganti detergen dan sabun mandi yang super lembut dan memperhatikan sirkulasi udara didalam rumah.

Alhamdulillah eksim atau dermatitis atopik itu kini tidak datang lagi. Tapi meskipun demikian saya harus tetap waspada, karena meski sudah tidak eksim lagi kulit kedua anak saya cenderung kering dan bersisik. Meskipun indikasi kulit kering itu bisa jadi karena kurang cairan tapi tidak boleh dianggap enteng. Saya ngga mau anak-anak kena ruam lagi seperti bayi dulu. Apalagi sekarang sudah bisa garuk sendiri, kalau gatal mereka langsung garuk kebayang kalo ruamnya menyebar kemana-mana. Ga tega saya membayangkannya, jangan sampai deh.

Biar bagaimanapun kondisi kesehatan kulit itu kan penting, apalagi anak-anak saya perempuan. Kalau tidak dirawat sekarang, khawatir besarnya nanti tambah bermasalah. Setuju kan Ibu-Ibu?

Cara Mencegah Eksim Datang Lagi

Ada beberapa kondisi kulit ruam yang berawal dari kondisi kulit seperti ini, yakni:

  • Kulit kering yang menebal
  • Kulit bersisik
  • Kulit berbintik merah berisi cairan

Jadi hati-hati ya kalau kondisi kulit si kecil seperti ini, bisa jadi tanda-tanda eksim. Tapi mudah-mudahan anak-anak kita dijauhkan dari segala penyakit.

desyyusnita.com, Baby,

By the way, kondisi kulit anak-anak saya sangat kering. Diperlukan perhatian ekstra supaya eksim ngga datang lagi. Kulit keringnya memang ngga sampai menebal tapi sedikit bersisik terutama pada bagian kaki. Kondisi kulit kering itu kan cenderung menimbulkan gatal apalagi jika berkeringat. Anak-anak sudah mulai bisa merasakan gatal dan menggaruknya, apalagi Shanum. Kalau gatal itu kemudian menimbulkan ruam kan bisa gawat.

Untuk mencegah agar kulit kering tidak menjadi eksim, ada beberapa hal yang saya lakukan, seperti:

  • Menggunakan sabun yang mengandung pelembab
  • Tidak terlalu sering mandi air hangat
  • Gunakan handuk yang berserat halus
  • Gunakan lotion sehabis mandi agar kulit tetap lembab
  • Latih anak-anak untuk rajin minum air putih
  • Hindari paparan sinar matahari langsung

Baca Juga: Melatih Motorik Halus Si Kecil

Perawatan Untuk Kulit Bayi

Sekarang saya cukup selektif untuk memilih sabun mandi untuk Shanum terutama karena usianya yang masih dibawah 5 tahun dan rentan terkena eksim atopik. lagi. Sabun mandi yang saya pakai haruslah mengandung pelembab agar menjaga kulit Shanum tetap lembab dan lembut. Tidak lupa sehabis mandi saya selalu oleskan lotion, lagi-lagi agar kulitnya lembab.

Akhir-akhir ini saya lagi jatuh cinta dengan produk Cusson Baby SensiCare yang khusus untuk kulit sensitif dan eksim. Kemasannya yang berwarna ungu membuat saya jatuh hati itu karena saya suka ungu hehe. Kemudian ditambah lagi dengan wanginya yang harum dan elegan. Biasanya sabun yang memiliki kelembaban tinggi tidak memiliki wangi yang lembut dan bahkan sedikit bau obat, tapi tidak demikian dengan produk ini.

Cussons Baby SensiCare-desyyusnita.com

Cusson Baby SensiCare mengandung Triple Protection Complex yang terdiri dari organic oat, olive oil dan ceramide. Dengan kandungan tersebut produk ini akan menjaga keseimbangan pH kulit si kecil, dan menjaga kelembaban kulit selama 24 jam. Dan yang terpenting produk ini sudah teruji Hypoallergenic & Dermatology. Rangkaian produk Cusson Baby SensiCare bisa digunakan dari mulai newborn.

Ada 3 jenis produk yang bisa menjaga kulit si kecil selalu lembab sepanjang hari, yaitu:

1.Cussons   Baby Sensicare Gentle Hair & Body Wash

Berfungsi sebagai pencuci rambut dan badan sekaligus. Tidak seperti produk multifungsi sejenis lainnya yang tidak lembab, produk ini justru memiliki formula yang lembab. Tidak pedih dimata, membuat kulit tetap lembab dan menjaga keseimbangan kelembaban kulit.

Produk ini mengandung formula khusus dengan Derma-soft Complex. Terdiri dari:

  • Organic oat, membantu menjaga kelembaban  kulit dan melindunginya dari kulit kering.
  • Argan oil, menutrisi kulit kepala.
  • Ceramide, menguatkan fungsi pertahanan pada kulit.

Teksturnya gel transparan dan sedikit cair. Cukup digunakan sedikit saja sudah bisa digunakan untuk seluruh badan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Formulanya terasa ringan di kulit dan memberikan efek menyegarkan serta lembab.

Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Sayangnya produk ini memiliki kemasan yang besar, jadi ngga travel friendly. Jadi harus punya wadah kecil yang harus siap sedia di toiletriesnya Shanum.

Harga: Rp. 140.000,-

Ukuran: 200 ml

2. Cusson Baby Sensicare 24 hr Daily Moisturizing Lotion

Mengeringkan badan dengan handuk ternyata juga berpotensi membuat kulit kering. Itulah sebabnya saya selalu pakaikan lotion ini ke Shanum dan bahkan Kaka Naeema untuk menjaga kulitnya agar lembab sepanjang hari. Saya sentuh kulit mereka jadi lebih lembut dan sejuk, suka deh.

Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Bentuknya cream dan sedikit cair sehingga ringan dan mudah terserap kedalam kulit. Melindungi kulit dan menjaga kelembabannya sampai dengan 24 jam. Cocok untuk kulit sensitif dan ruam eksim. Produk ini mengandung organic olive oil, shea butter dan ceramide.

Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Kemasan yang besar juga kurang nyaman untuk dibawa kemana-mana. Perlu dipindahkan ke tempat yang lebih kecil agar bisa lebih simple.

Harga: Rp. 170.000,-

Ukuran: 200 ml

3.Cusson Baby Sensicare Intensive Soothing Cream

Jika banyak melakukan kegiatan outdoor dan terpapar sinar matahari langsung biasanya akan muncul ruam di sekitar pipi Shanum. Kalau sudah begini butuh perlindungan ekstra. Saya oleskan Cusson Baby Sensicare Intensive Soothing Cream.

Bentuknya lebih creamy dibanding lotionnya. Tentu saja karena Cusson Baby Sensicare Intensive Soothing Cream semacam essence yang memiliki kekuatan untuk melembabkan 5 kali lebih kuat dibandingkan lotionnya. Jadi efeknya pun akan lebih cepat menyejukkan dan melembabkan kulit. Formulanya mengandung organic oat, organic olive oil, shea butter dan ceramide.

Eksim, Perawatan Kulit Bayi, Perawatan Kulit Anak, SensiCare, Cussons Baby

Ukurannya yang kecil bisa dimasukkan kedalam toiletriesnya Shanum, jadi kalau bepergian bisa membawa produk ini untuk menjaga kelembaban kulit Shanum selama dalam perjalanan.  Produk ini juga bisa digunakan bayi baru lahir yang memiliki kulit sensitif dan ruam eksim.

Harga: Rp. 70.000,-

Ukuran: 50 ml.

Cussons Baby SensiCare-desyyusnita.com

Insyaallah kalau kelembaban kulit si kecil kita jaga secara konsisten akan bisa terhindar dari kulit eksim yang bisa dicegah dan diminimalisir efeknya.

Kalau ingin tau lebih detail tentang Cusson Baby SensiCare bisa cek ke beberapa channel di bawah ini ya:

Instagram SensiCare | Youtube  | Web SensiCare

*Referensi: Alodokter.com



signature-desy