Kalibiru, Wisata alam kalibiru, Jogjayarta, Yogyakarta, Tujuan wisata di Yogya

Jogjakarta, selain dikenal sebagai kota pelajar, batik dan identik dengan keraton, kini juga dikenal dengan keindahan alamnya. Ini disebabkan karena wisata yang sedang viral di media sosial salah satunya adalah Kalibiru. Terus terang saya baru punya kesempatan untuk berkunjung ke Kalibiru di bulan Oktober 2018 yang lalu bertepatan dengan liburan tengah semester sekolah Naeema. Sejujurnya karena ini mendadak jadi sampai akhirnya kami menginjakkan kaki di Jogjakarta hari itu, kami pun belum punya tujuan akan kemana. Pokoknya begitu tau ada libur satu minggu, ide liburan muncul, kemudian saya langsung cari tiket pesawat dan cari hotel di Jogja. Jadi kira-kira persiapannya hanya 2 hari deh sampai dengan hari keberangkatan. Untuk berkeliling di Jogja kami pun menyewa sebuah mobil berikut dengan sopirnya, biasalah Anda lagi males nyetir jadwal padat soalnya, hehehe.

Ngomong-ngomong, sudah tau pegipegi kan, siapa sih yang ngga tau. Pegipegi adalah online travel agent yang melayani pembelian tiket pesawat, kereta dan juga hotel. Jadi selain beli tiket transportasi ke tempat tujuan wisata, bisa sekaligus booking hotelnya jadi lebih praktis. Caranya gampang banget deh hanya dengan 4 cara yaitu:

1. Pilih halaman hotel
  2. Masukkan kota yang akan dituju, tanggal check in dan check out
  3. Jumlah orang yang akan menginap dan jumlah kamar yang akan di booking
  4. Gunakan filter hotel (misalnya: tarif kamar, bintang hotel, hotel area, fitur hotel dan tipe hotel)
pegipegi, pesan hotel, hotel di jogja, online travel agent

Cara Pesan Hotel di Pegipegi

Rekomendasi setelah klik tombol cari

Dan pada waktu itu akhirnya kami pun memilih Westlake Resort, memiliki konsep resort dengan fasilitasnya yang cukup lengkap membuat saya justru malas kemana-mana hehehe. Konsep resort ini cukup unik, setiap kamarnya dibuat sistem melingkar mengelilingi danau buatan yang isinya ikan koi berukuran besar. Kelihatannya pemilik dari hotel ini juga memperhatikan benar ekosistem yang mendukung seperti apa. Kapan-kapan saya ceritakan di postingan terpisah mengenai hotel ini ya, pokoknya cucok deh.

Setelah landing di Jogja dan memutuskan untuk menikmati soto, akhirnya Anda memutuskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan di Jogja. Dan amazing, jika selama ini Anda enggan pergi ke tempat-tempat yang berbau alam dan bikin cape, sekarang justru memilih wisata alam ke Kalibiru. Yeaay, akhirnya bisa menikmati keindahan kalibiru yang viral itu. Eh…tapi katanya menuju kesana itu harus pagi-pagi sekali, karena kalau kesiangan akan dapat parkir dibawah sekali dan akan semakin jauh menuju pintu masuk Kalibiru.

Kami pun memutuskan berangkat jam 7 dari hotel supaya bisa mendapat parkir lebih dekat dengan pintu masuk Kalibiru. Tapi pada kenyataannya, kami baru bisa berangkat jam 8 hahaha. Dan alhamdulillah, karena saat itu bukanlah moment liburan serempak, jadi kami bisa mendapat parkir dekat dengan pintu masuk Kalibiru.

Tapi meski demikian kami tetap harus melalui tanjakan curam yang lumayan juga untuk dilewati apalagi untuk ibu-ibu yang sudah cukup umur seperti mama saya. Oh iya, ada layanan ojek loh dari parkiran menuju ke pintu masuk Kalibiru, harganya cuma 5 ribu rupiah aja, soalnya deket banget ga sampai 500 meter cuma ya itu jalurnya menanjak hampir 40 derajat.

Baca Juga: Glamping di Gunung Pancar

Keindahan Alam Kalibiru

Bener deh ya, liburan ngga di musim liburan itu sungguh nikmat. Sampai Kalibiru sekitar jam 10:30 pagi, kami pun membayar tiket masuk. Seperti tempat wisata lainnya ada dua harga berbeda yang ditetapkan disana, untuk turis lokal dan turis mancanegara. Kalau turis lokal dikenakan biaya 10 ribu rupiah, sementara turis mancanegara dikenakan biaya 20 ribu rupiah. Perlu diingat, untuk datang kesini sebaiknya dilakukan sebelum jam 11 atau sekitar jam 1 karena loket tiket tutup jam 11 dan baru buka kembali jam 1.

Wisata alam Kalibiru merupakan lokasi wisata yang berada di daerah Kulon Progo. Dari atas Kalibiru kita bisa menikmati pemandangan yang indah, antara lain deretan bukit Menoreh yang subur dan indah. Warna-warna daun yang beraneka warna, air yang tidak hanya berwarna biru tapi juga kehijauan dan katanya jika cuaca cerah bisa juga melihat deburan ombak pantai selatan. Sayangnya hari itu saya tidak sadar akan ombak tersebut. Sedikit mendung sih hari itu.

Kalibiru, Wisata alam kalibiru, Jogjayarta, Yogyakarta, Tujuan wisata di Yogya

First impression ketika melihat pintu masuk dan kemudian mencoba toilet yang ada di dekat pintu masuk adalah bersih, semua dijaga dengan baik. Bangga sih dengan pihak pengelola, ada mushola juga tapi kebetulan saya ngga nyoba solat disana. Mungkin juga karena sepi, karena bukan musim liburan dan hari kerja pula, jadi kebersihannya terjaga. Mudah-mudahan aja turis lokal maupun mancanegara bisa menjaga kebersihan di Kalibiru. Ngapain aja sih di Kalibiru? Sejujurnya ya untuk foto dong, hehehe. Penasaran dengan bagaimana anglenya dan cara atau tools apa saja yang mereka pergunakan dan tawarkan. Baca terus ya….jangan di skip.

Ada 11 spot foto yang bisa dijadikan lokasi pengambilan gambar dan menikmati indahnya waduk. Jadi di beberapa titik itu dibangun sebuah tiang sehingga terkesan kita mengambang di awan. Jangan khawatir bangunan tiang dibangun cukup aman ditambah pengaman yang dipasang ke badan kita setiap hendak berfoto.

Diantara 11 spot foto yang ada di Kalibiru menurut ku yang paling keren adalah kano dan gantole. Bisa dilihat kan dari harga fotonya aja paling mahal. Jadi setiap spot foto itu memang berbayar, dimana kita akan di foto oleh fotografer profesional. Tapi meskipun ngga mau bayar dan ingin pakai kamera sendiri juga boleh aja sih. Cuma ya ngga bisa lama-lama, kalo engga mas-masa yang bertugas bisa bete tuh hehehe.

Spot foto di Kalibiru

Oh iya satu lagi, kalau difoto dengan fotografer profesional hasilnya tentu saja lebih bagus karena mereka memiliki perangkat yang memadai, seperti blitz dan alat fotografi lainnya. Sementara kalau foto sendiri bisa jadi hasilnya jadi gelap karena backlight.

Kami sendiri memilih spot foto gantole selain mau ngerasain bagaimana naik gantole, ditambah jam 11 petugas akan istirahat sampai kemudian buka lagi jam 1. Meskipun cuma ala ala aja alias pura-pura tapi bisa merasakan naik dan ada diatas ketinggian sambil melihat pemandangan sekitar Masyaallah sungguh takjub. Kurangnya cuma itu sih, agak mahal hahaha, per orang kena 35 ribu untuk berfoto disini, sudah termasuk 4 softcopy foto di gantole.

Foto dengan Fotografer profesional

Spot foto di gantole

Meskipun cuaca agak mendung tapi matahari tetap terasa teriknya, mungkin karena berada diatas ketinggian kali ya. Dan kami pun memilih satu lagi spot foto yang letaknya ngga jauh dari spot gantole, yaitu spot oval. Disini asyik banget kalau mau foto rame-rame. Masyaallah rasanya mau berlama-lama diatas spot oval ini sambil cari inspirasi, gak papa deh gosong sedikit. Sayangnya Anda udah mau buru-buru turun hehehe.

Sebelum turun kebawah, kami masih cari tempat yang adem untuk sekedar duduk-duduk. Jangan khawatir, di dalam Wisata Alam Kalibiru ada banyak warung makan dengan makanan otentik alias mie instan dan kopi sobek. Dan yes, saya pun menyempatkan pesan mie instan yang dimakan berdua sama Naeema plus secangkir kopi sobek. Masyaallah adem banget, karena lokasinya di bawah pepohonan rindang.

Kalibiru, Wisata alam kalibiru, Jogjayarta, Yogyakarta, Tujuan wisata di Yogya, burung hantu, owl

Warung di Kalibiru

Sepertinya burung hantu sedang hits di tempat-tempat wisata. Soalnya di Kalibiru ada spot berfoto dengan burung hantu. Gratis? Ya engga dong, harus bayar meskipun sekedarnya. Tapi saya koq kasian  dan ga tega ya, eksploitasi hewan kan ya itu?

Soal toilet gimana? Alhamdulillah, air toilet banyak dengan toilet yang bersih engga tapi kotor juga engga, tapi cukup terjaga koq. Airnya juga dingin deh, seger banget. Lagi-lagi itu karena saya kesana pas ngga liburan ya, jadi semua nyaman dan sesuai standar. Entah kalau saat musim liburan seperti apa.

Baca Juga: Restorant Jejamuran

Kesimpulannya, kalau saya diajak lagi ke Kalibiru pasti mau dong. Dengan waktu yang lebih lama, sambil duduk-duduk dan siapa tau bisa dapat inspirasi yakan? Dan kalau bisa bukan pas musim liburan juga sih. Jangan lupa siapkan stamina karena jalur yang cukup menantang naik turun, apalagi kalau tidak pernah olahraga seperti saya. Baiklah, Sampai jumpa di cerita liburan berikutnya.