Glamping di Gunung Pancar

Pada momen liburan yang singkat-singkat kali ini saya ingin sekali mengajak anak-anak untuk melakukan wisata alam di Sentul. Tau kan kalau wisata alam itu memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak-anak. Jujur saja saya merasakan sendiri perkembangan emosional yang cukup signifikan pada anak sulung saya sejak kami sekolahkan dia di sekolah yang berbasis alam. Contohnya waktu kami ajak ke Bromo atau ke Kalibiru, Naeema tidak sedikit pun mengeluh karena kondisi medan yang naik turun, dia justru antusias banget. Padahal dulu dia kurang begitu suka kegiatan yang butuh usaha seperti ini.

Banyak hal yang menurut saya dan Anda menjadi lebih baik, mulai dari kepercayaan diri, keberanian, kemandirian dan banyak lagi yang lainnya. Meski awalnya beraktivitas di alam kurang bisa dinikmati bagi Anda, tapi lama kelamaan hal itu justru asik untuk dilakukan. Selain melatih dan menguatkan Kaka Naeema, aktivitas itu juga sekaligus melatih Shanum agar terbiasa dengan aktivitas luar atau outdoor seperti ini.

Babakan Madang, Sentul

Babakan Madang, Sentul

Untuk memanfaatkan waktu libur yang sebentar-sebentar ini, ditambah lagi sudah dekat Ramadhan, sepertinya berlibur di dalam kota akan lebih bijaksana. Supaya ngga ke mall terus rasanya melipir ke Sentul enak juga ya. Entah kenapa saya suka daerah itu, selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, lalu lintasnya cukup bersahabat dan udaranya masih sejuk. Wisata alamnya juga cukup menarik dan murah meriah. Lagipula sudah lama saya tidak kesana, terakhir 3 tahun yang lalu sambil glamping di Gunung Pancar. Waktu itu Shanum masih berusia 5 bulan didalam kandungan saya

Wisata Alam di Sentul yang Murah Meriah

Saya suka air terjun, dan menurut saya Sentul memiliki air terjun yang cukup banyak. Ada yang sudah dikelola secara profesional, namun masih banyak juga yang masih dikelola oleh penduduk setempat saja. Jalan menuju air terjun memang tidak mudah, tapi menurut saya masih ramah anak koq.

Selain air terjun menurut saya Sentul memiliki beberapa tujuan wisata alam yang cukup menarik. Tidak ekstrim tapi cukuplah untuk mengenalkan suasana alam kepada anak-anak. Sambil belajar tentang tanaman, tentang kondisi alam, tentang perubahan cuaca dan tentang keragaman penduduk lokal. Pokoknya menurut saya cukuplah untuk refreshing dan santai bersama keluarga.

Berikut ini tujuan wisata alam di Sentul yang direferensikan oleh tempat wisata seru, yaitu:

  • Hutan pinus Gunung Pancar. Di area ini bisa juga dijadikan area camping. Kalau dulu kami sekeluarga dan teman-teman menyewa jasa The Carpenter untuk menangani glamping. Tapi tenda-tenda satuan juga ada yang menyewakan atau kalu punya tenda sendiri cukup membayar sewa tempatnya saja. Tidak menginap juga bisa koq, ada hammock yang disewakan yang dijadikan spot foto kekinian itu loh.
Wisata Alam di Sentul Yang Ramah Anak

Camping Ground Gunung Pancar (Sumber: Website Gunung Pancar)

Glamping di Gunung Pancar, Wisata Alam di Sentul

Glamping di Gunung Pancar

  • Pemandian air panas Gunung Pancar. Pemandian ini buka 24 jam. Memiliki 3 jenis kolam yaitu kolam umum, kolam 3 rasa dan kolam keluarga. Manfaat berendam di air panas salah satunya adalah untuk memperlancar peredaran darah.
  • Curug Kencana. Berada di lokasi yang lumayan bersahabat, meski demikian tetap tidak jauh dari turunan dan tanjakan. Jarak dari parkiran sampai ke curugnya sekitar 1 km. Didekat curugnya sudah banyak warung-warung kecil milik penduduk lokal. Tingkat kedalaman sungainya cukup bervariasi, ada yang dangkal ada juga yang dalam. Jadi seru kalau ajak anak-anak sambil main air di pinggirannya.

Curug Kencana, Wisata Alam di Sentul

  • Air terjun Bidadari. Lokasinya berada di Sentul Paradise Park, air terjun yang berasal dari hutan lindung Sentul ini memiliki ketinggian 40 meter. Air terjun ini sudah dikelola dengan profesional, jadi sudah ada kolam renang lengkap dengan ban pelampungnya juga.

Dari keempat tempat diatas hanya air terjun bidadari yang belum pernah saya kunjungi karena belum ada waktu yang pas. Sisanya sudah pernah saya kunjungi bahkan pernah saya lalui sebagai jalur hiking. Yang terfavorit bagi saya sih Curug Kencana, selain tempatnya tidak terlalu jauh tingkat kedalaman sungainya juga cocok untuk anak-anak bermain air. Sebaiknya datang di pagi hari, jadi suasananya masih sepi, jadi puas main airnya.

Supaya suasana liburannya lebih terasa, sambil staycation di daerah Sentul rasanya enak juga. Hotel banyak, villa apalagi. Rasanya sewa villa di sentul bisa menambah seru momen liburan singkat bersama keluarga kali ini deh.  Bermalam di Sentul supaya bisa berangkat pagi-pagi ke lokasi yang sudah saya informasikan diatas. BIar lebih puas mainnya.

Kalau kamu punya rencana liburan kemana?



signature-desy