Puasa: Lakukan Hal Ini Agar Mulut dan Hati Tetap Adem

Pepsodent Herbal-Sahur Amal

Alhamdulillah, bulan puasa Ramadan tinggal menghitung hari. Mudah-mudahan dipanjangkan umur kita supaya bisa menjalankan ibadah di bulan yang suci. Ramadan adalah bulan yang dirindukan oleh seluruh umat Islam di dunia. Dibulan ini lah segala amal ibadah yang kita lakukan dilipatgandakan. Siapa sih yang ngga mau dapat bonus, apalagi bonusnya pahala bayarannya bukan lagi dunia tapi akhirat.

Untuk mendapat bonus yang tak ternilai dengan harta apapun itu jelas tidak mudah. Kita harus bisa menahan segala hawa nafsu. Puasa merupakan ibadah yang ditujukan agar kita bisa menahan segala hawa nafsu. Nafsu itu bukan hanya soal makanan tapi juga amarah, syahwat, hasrat berbelanja dan hal lainnya yang berlebihan dan perlu untuk dikendalikan.

Perubahan pola makan, pola tidur dengan aktivitas yang tetap padat bisa membuat badan kita drop ketika berpuasa. Supaya ibadahnya lancar sudah tentu kita perlu mempersiapkan jiwa dan raga kita. Ibadah juga perlu strategi loh. Jangan sampai perubahan yang terjadi menghalangi kita untuk berpuasa, setuju kan? Dan tidak lupa menjaga kesegaran mulut supaya tetap adem bisa membantu kita menjaga mood supaya hati tetap adem loh.  

Baca Juga: Hindari Gejala Panas Dalam Saat Berpuasa

Jumat, 26 April 2019 yang lalu saya diundang oleh Kumpulan Emak Blogger hadir di acara Pepsodent “Sahur Amal” di Seribu Rasa. Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi, yaitu pagi dan sore. Sesi siang dihadiri oleh teman-teman media. Dan influencer yang hadir pada sesi siang yaitu Tantri Syalindri atau lebih dikenal dengan Tantri Kotak. Sementara itu untuk sesi sore dihadiri oleh para influencer dan blogger, salah satunya yaitu Fitri Tropica. Pada sesi sharing sore itu, saya banyak mendapat pencerahan dari para narasumber agar selalu mulut dan hati tetap adem selama bulan puasa. Hal-hal apa saja yang harus kita lakukan supaya mulut adem, hati juga adem?

Pepsodent Herbal-Influencer
Pepsodent Herbal-Influencer (Ki-Ka: Fitri Tropika dan Tantri Syalindri)

Tips Puasa: Mulut Adem Hati Adem

Ustadzah Lulu Susanti yang mahir berpantun malam itu menyampaikan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan supaya hati tetap adem.

  • Jaga makanan halal dan thoyyib. Jadi memakan yang halal saja tidak cukup, tapi senantiasa kita harus menjaga agar makanan itu baik. Baik gizinya, baik pengolahannya dan baik sumbernya. Maksudnya adalah makanan itu dibeli dari penghasilan yang juga halal dan thoyyib.
  • Menjaga Lisan. Seringkali lisan ini lebih mudah menyakiti orang lain. Itulah sebabnya menjaga lisan itu kadang lebih sulit. Susah tapi harus diusahakan, karena itu lebih baik banyak diam. Bicara yang baik-baik saja.

Perilaku dijaga, kebersihan tubuh termasuk mulut juga dijaga, lisan dijaga, insyaallah yang keluar dari diri kita semua yang baik-baik saja. Tapi kalau puasa rasanya sulit ya menjaga supaya kita ngga bau mulut. Tapi bisa loh bau mulut itu diminimalisir. Bagaimana caranya?

Drg. Ratu Afifah DCClintDent, MDSc mengatakan bahwa kesegaran mulut ketika kita berpuasa bisa diusahakan dengan cara-cara yang simple. Bahkan cara-cara itu bisa dihitung juga sebagai ibadah kita loh. Catat nih ya caranya, gampang banget!

1.Menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehari yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur.

2.Berkumur saat berwudhu. Kita diperintahkan untuk solat dalam 5 waktu, jadi manfaatkan waktu-waktu itu untuk menghempas manja kuman-kuman yang ada di mulut saat kita sedang berpuasa.

3.Perbanyak minum air putih. Air putih merupakan komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi. Selain itu air putih juga berfungsi untuk membersihkan partikel-partikel makanan yang menempel disela-sela gigi.

4.Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur. Menurut saya sih  ngga puasa saja kita harus banget makan-makanan yang berserat tinggi loh. Buah dan sayur itu adalah pembersih gigi alami yang membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di gigi. Selain itu buah dan sayur mengandung antioksidan yang menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5.Mengkonsumsi Kurma. Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah rasul alaihi wassalam. Dan ternyata kurma sendiri memiliki fungsi kandungan fluoride yang bisa melindungi gigi dan mencegah agar tidak berlubang. Tapi kan kurma manis? Tenang, kandungan fruktosa yang dimiliki oleh kurma tidak memberikan efek samping untuk gigi kita.

Sikat Gigi, puasa
Mengajarkan anak-anak menyikat gigi agar tetap segar selama puasa

Pepsodent Herbal

Siapa yang tak kenal Pepsodent. Rasanya merek pasta gigi ini sudah melekat didalam pikiran kita semua. Setiap tahun pepsodent pasti membuat inovasi dan improvisasi agar jadi lebih baik. Terbukti pada tahun 2014 dan 2018 Pepsodent telah menerima Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI).

Kalau urusan membersihkan mulut selalu yang diingat pepsodent ya ga sih? Memiliki banyak varian, salah satunya Pepsodent Herbal. Terus terang saya suka yang berbau herbal.

Pepsodent Herbal, Puasa
Pepsodent Herbal

Ada 3 kandungan utama yang ada di pada Pepsodent Herbal, yaitu: daun sirih, garam dan lemon. Ketiga bahan tersebut sama-sama berfungsi untuk melindungi gigi dan memberikan kesegaran yang lebih lama. Saya sih setuju dengan klaim tersebut, karena rasa keset daun sirih yang timbul setelah kita menggosok gigi dengan Pepsodent Herbal itu lebih tahan lama. Jadi otomatis mulut kita juga segar lebih lama. Formulanya insyaallah bisa membuat mulut kita adem selama berpuasa.

Ikutan Sahur Amal, Yuk!

Siapa yang suka melewatkan momen sahur? Biasanya alasannya bermacam-macam deh, dari mulai ngantuk, masih kenyang, males dan masih banyak lagi. Tapi tau ngga sih kalau diluar sana banyak banget orang-orang yang ngga bisa makan sahur padahal mereka ingin. Banyak yang ngga bisa makan sahur dan siangnya mereka tetap berpuasa. Sedih ya.

Makan sahur merupakan momen yang diutamakan dalam berpuasa. Karena seperti yang disampaikan oleh Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata, Rasulullah Shallalahu wa salam bersabda “bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

Selain merupakan sunnah Rasulullah Shallalahu wa salam, sahur merupakan pembeda puasanya umat Islam dari para ahli kitab lainnya. Jadi sebisa mungkin jangan melewatkan sahur ya.

Bulan Ramadan adalah bulannya beramal. Bulan dimana segala amal ibadah kita dilipatgandakan. Untuk itu Pepsodent Herbal mengajak kita semua untuk ikut menyebarkan kebaikan dengan melakukan “Sahur Amal”. Pepsodent Herbal Sahur Amal ini merupakan kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun 2013. Sampai hari ini kegiatan itu sudah membagikan ratusan ribu paket sahur kepada masyarakat Indonesia.

Pepsodent Herbal juga mengajak kita untuk berbagi dalam program Sahur Amal ini. Caranya gampang banget, cukup beli pepsodent herbal kemasan khusus Sahur Amal. Setiap pembelian satu Pepsodent Herbal kemasan khusus berukuran 190 gram sama dengan menyumbang 1000 rupiah. As simple as that. Trus pepsodent herbalnya dipakai deh untuk menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur.

Puasa, Sahur Amal, Ramadan
Cerita di Balik Kemasan Khusus

Donasi yang didapat nantinya akan disumbangkan kepada anak-anak yatim piatu yang ada di panti asuhan seluruh Indonesia. Selain memberikan dukungan secara moril kepada mereka bahwa mereka tidak sendiri, tapi juga memberikan motivasi kepada teman-teman kecil di panti asuhan untuk selalu giat beribadah, berpuasa dan berbuat kebaikan di bulan Ramadan ini.

Pepsodent Herbal-Scrapbook, Ramadan, Puasa
Pepsodent Herbal-Scrapbook

Oh iya di acara Pepsodent Herbal kemarin saya juga diajak untuk membuat scrapbook yang isinya memotivasi teman-teman kecil di panti asuhan untuk semangat berpuasa. Hasilnya, hihi ngga bagus-bagus banget sih tapi paling tidak pesan saya bisa sampai kepada mereka sehingga mereka bisa ingat dan bersemangat.

Pepsodent Herbal-Influencer
Pepsodent Herbal-Influencer

Terima kasih ya KEB sudah mengundang saya. Saya jadi tau ada program yang keren dari Pepsodent Herbal ini. Nah, tunggu apalagi, yuk kita ikut berpartisipasi di program Pepsodent Herbal Sahur Amal ini.



signature-desy

You may also like

52 Comments

  1. Ga kerasa banget ya mba tahun ini tuh tiba2 udh mau puasa aja. Haha tapi susah nih menjaga lidah kadang adaaa aja temen yg ngajakin julid. Tapi semoga bisa dikurang2in ya…

    Btw thankyou tipsnya. Tp rutin konsumsi sayur tug agak sulit si buatku. Buat pepsodent herbal akuUudh pake dong:D

  2. Salah satu yg juga mesti dijaga saat bulan puasa adalah hindari akun2 hosyip di IG. Hahaha. Mesti dihindari bangeed. Aku pernah coba pepsodent herbal tapi udah lama banget. Nanti coba beli lagi ah sekalian belanja bulanan.

    1. Selain menjaga lisan harus jaga jari juga ya kak, biar ngetik chatnya nggak kebablasan jadi ghibah *eh. Btw kumur2 saat wudhu bisa bikin bau mulut sedikit mereda yaa, asal jangan ketelen aja he he he. Pepsodent pasta gigi andalan aku dari kecil kak, senang ada varian baru yang herbal ini. Ada kandungan daun sirihnya pula. Ntab!

      1. hehehe iya, kadang ngeri sekarang ghibahnya bukan dari mulut aja yaa tapi juga dari jari. Anyway aku udah beli si pepsodent herbal dooong. Alhamdulillah satu keluarga cocok nih pake varian pepsodent yang satu ini

  3. Banyak cara meraih pahala. Pepsodent herbal membantu anak bisa makan sahur bersama .

    Menjaga kebersihan hati dan mulut selama puasa dengan melakukan hal yang positif

  4. Siapa sangka ya buah kurma mengandung flouride , Mpo kirain cuma zat besi doang.

    Pepsodent herbal merawat gigi dengan cara yang mudah dan bahan alami

  5. bener ya mbak kata temanku, selama puasa menahan lapar itu mudah, menahan emosi yang susah, apalagi mulut, karena mudah sekali bergunjing 🙂 semoga kita dijauhkan dari semua itu ya mba agar ibadah puasanya di terima Tuhan dengan baik

  6. Benar juga ya, harus banyak makan makanan berserat kayak sayur dan buah. Karena kadang lambung yang ga sehat juga bikin bau mulut. Trus baru tau juga kalo kurma mengandung fluoride alami. Semangatttt puasa tahun ini harus makin sehat 😀

  7. selalu pakai pasta gigi pepsodent tapi malah belum pernah nyoba yang herbal, mumpung lagi puasa mauah nyoba pepsodent herbal biar mulut tetap segar dan nyaman selama puasa

  8. Ku tak pindah dari lain hati untuk pepsodent herbal ini mba karena ga terlalu pedes, jd bersahabat d area mulut dan dengan gerakannya d bulan ramadhan ini, bisa sambil beramal ya

  9. Wah serius saya baru tahu kalau kurma ternyata punya manfaat untuk kesehatan gigi. Thanks infonya mba Desy. Dan salam kenal ya mba, aku Farah dari Makassar 🙂

  10. Selama ini selalu pake Pepsodent untuk gigi sensitif. Udah cocok dan sudah lama gak pernah berganti merek. Tapi bulan Ramadhan ini kepengen juga aah cobain pepsodent herbal ini.

  11. 3 macam kandungannya yang ada di pepsodent herbal ini
    pesan orangtua semua loh jahahahahha
    garam, daun sirih dan lemon iu beneran bikin mulut segar juga gigi jd bersih

  12. Saya belum nyobain nih Pepsodent yang herbal ini. Selama ini pake yang merah aja, ama yang buat gigi ngilu kalo pas giginya berasa gak nyaman, kalo dah sembuh balik lagi ke yang merah. 😀

  13. aku blm prnh beli yg herbal, selalunya yg original trus :D. odol dr sejak kecil, udh kebukti yaaa pepsodent memang bagus, krn bisa bertahan sampe skr ini. anak2 aku pakein odol ini juga dr mereka bisa sikat gigi. tp yg utk anak2. kalo belanja bulanan nanti, aku coba deh yg herbal sesegar apa rasanya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *