Mengelola keuangan keluarga saat ramadan itu ternyata penting. Jika ada yang bilang Ramadan adalah bulan kita bisa berhemat rasanya itu hanya harapan saja deh. Pasalnya, alih-alih ingin berhemat kita justru sering kali menjadi tongpes alias kantong kempes. Koq bisa? Puasa kan ngga perlu jajan, dan ngga perlu beli lauk banyak-banyak, tapi kenyataannya tidak demikian.

Menurut Mba Ligwina Hananto ada 3 tipe pengeluaran pada saat Ramadan, yaitu:

  • Pengeluaran Bulanan; yang digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari
  • Pengeluaran Lifestyle; biasanya biaya ini digunakan untuk bersosialisasi, undangan buka puasa bersama pasti ada saja.
  • Pengeluaran Sosial; hal-hal yang dikeluarkan untuk sedekah, infaq dan zakat.

Seringkali saya merasa saat Ramadan berasa jadi mendadak kaya. Gimana ngga berasa jadi orang kaya, gajiannya aja dua kali, gajian bulanan, THR trus bisa jadi nyambung lagi ke gajian bulan berikutnya. Tapi pada kenyataannya saya justru jadi bangkrut seketika setelah lebaran. Alhamdulillah sih ngga sampai ngutang-ngutang yah. Cuma ya jadi ga bisa jajan aja, hahaha. Pokoknya mengencangkan ikat pinggang sampai tiba gajian berikutnya.

Mengelola Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan keluarga itu sangat penting supaya semua biaya memang keluar sesuai dengan tujuannya. Mba Ligwina bilang, sejak kecil kita selalu diajarkan untuk menabung. Tapi sayangnya kita tidak diajarkan bagaimana menghabiskan uang dengan bijaksana. Bijaksana maksudnya adalah mengeluarkan uang sesuai dengan tujuannya. Jadi ngga ada tuh pengeluaran yang konsumtif, kalau pun dianggap konsumtif paling tidak itu sudah dianggarkan sebelumnya.

Ligwina Hananto-Mengelola Keuangan Keluarga

Talkshow Anti Boncos di Bulan Ramadan Bersama Hero Group

Ternyata mengelola keuangan keluarga itu susah-susah gampang ya. Intinya sih kita mau atau tidak. Lagi-lagi Mba Ligwina menginformasikan hal yang simple secara teori tapi secara prakteknya cukup sulit dilakukan, apalagi kalau ngga disiplin seperti saya ini.

Ada 2 tips yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan keluarga terutama saat Ramadan, yaitu:

  • Selalu lakukan pencatatan untuk setiap pengeluaran yang diperlukan. Apalagi menyangkut keperluan bulanan dan keperluan lebaran.
  • Gunakan sumber penghasilan yang tepat untuk setiap pengeluaran tersebut. Maksudnya adalah pengeluaran bulanan diambil dari penghasilan atau gaji bulanan. Sedangkan keperluan lebaran diambil dari uang THR kita.
  • Manfaatkan diskon atau promo yang ada di pusat perbelanjaan atau supermarket untuk memenuhi segala kebutuhan yang sudah tercatat.  

Tapi kan ya, diskon atau promo itu seringkali membuat kita justru jadi tambah boros ya? Iya ga sih? Saya sih iya, suka lupa diri aja gitu. Begitu bayar tiba-tiba kelebihan deh. Dan intinya adalah kita harus disiplin, sebelum berangkat belanja ya dicatat kebutuhannya. Kalaupun mau cheating pun sudah harus dicatat bisa lebih berapa belanjaannya. Kalau sudah begini insyaallah semua hal terkendali deh.

Baca Juga: Tips Menjadi Ibu Bijak

Belanja Cerdas dan Hemat Bersama Hero Group

Bagaimana sih agar kita bisa menghabiskan uang dengan bijaksana? Yang paling sederhana adalah berteman dengan diskonan. Jadi kalau sebelumnya kita takut ada diskon malah jadi boros, kali ini seperti yang Mba Ligwina bilang diskon itu justru harus dimanfaatkan.

Hero Group sebagai salah satu perusahaan yang memiliki beberapa empat unit bisnis yaitu Hero Supermarket, Giant Supermarket, Ikea dan Guardian menawarkan solusi supaya kita bisa berbelanja dengan lebih bijaksana. “Program-program yang ditawarkan nanti diharapkan  bisa memberikan dampak yang siginificant terhadap keuangan pelanggan”, ungkap Hadrianus Wahyu Trikusumo, Direktur PT Hero Supermarket Tbk.

Ramadan seperti yang kita tau, kebutuhan belanja pangan pun meningkat. Harga juga kadang-kadang naik secara nasional. Mau ngga mau kita harus lebih cerdas agar asupan gizi selama puasa bisa terpenuhi. Dari ke empat bisnis unit Hero Group ini memiliki program-program yang bisa mendukung kita supaya lebih hemat.

Hero Group

Ki-Ka: Arie Kunil (MC), Ligwina Hananto ( Financial Trainer & CEO of PT. Quantum Magna Financial, Adinda Proehoeman ( Perwakilan Marketing Giant dan Hero), Andin Citra (Marketing & Media Specialist IKEA), Erin Arifin (Head of Marketing Guardian), Astrid Tiar (MC)

Hero supermarket menawarkan program 30 Days of discovery. Dimana dalam program ini setiap pembelanjaan 300 ribu, bisa membeli produk tertentu dengan harga spesial. Ada juga promosi tematik selama Ramadan, mulai 29 April – 6 Juni 2019 yang menghadirkan ribuan produk berkualitas. Dan kabarnya di program tematik ini, kurma adalah salah satu produk yang diskon.

Giant pun tidak mau ketinggalan dengan program Belanja Murah Bulan Berkah. Apalagi beberapa waktu laku Giant pun meluncurkan program harga teman yang tidak ada jangka waktunya. Jadi makin tambah banyak deh program diskonnya. Dan kalau males masak, langsung saja meluncur ke Giant, karena di kategori makanan siap saji juga ada promo menarik dengan program Santap Segera Saat Berbuka.

Mengelola Keuangan Keluarga

Talkshow Anti Boncos di Bulan Ramadan

Biasanya nih, kalau lebaran bukan cuma baju yang mau baru. Mumpung dapat THR mau dong beli perabot rumah tangga yang baru. Nah….kalo ini sih bisa ke IKEA aja. My favourite banget deh IKEA ini. Kalau ngga sempet datang langsung ke toko bisa juga ke websitenya di www.ikea.co.id. Karena promo toko juga berlaku koq untuk pembelian online.

Promo Ikea

Promo Ikea

Dan yang terakhir untuk ibu-ibu dan kaka-kaka yang ingin tampil cantik ketika lebaran nih. Jangan lupa lakukan perawatan kulit ya, jangan sampai puasa membuat kulit kita jadi dehidrasi. Ngga mau pas lebaran nanti kulit kita jadi kusam?. Makanya kulit itu dirawat bukan di edit hehehe istilahnya begitu deh.

Untuk hal ini belanja deh skin care di Guardian. Yes, pasti semua udah paham kalau Guardian sering banget kasih promo, ya kan? Yang paling aku hapal promo sheet mask hahaha. Dalam program Fit dan Cantik Selama Ramadan, ada ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30%. Belum lagi promo +1000, dimana kita menambah 1000 rupiah untuk dapat produk-produk tertentu.

Kalau semua teori yang Mba Ligwina sampaikan bisa kita praktekkan dengan baik dan benar aku penasaran deh tetap ada kebocoran anggaran ga ya? Atau paling tidak akan tongpes setelah lebaran ngga ya? Apalagi dengan adanya dukungan Hero Group ini. Ya semoga saja mengelola kekuangan keluarga jadi lebih sederhana ya pola pikir saya terutama.

Baca Juga: Tips Kelola Keuangan Ala Ibu Bijak

Intinya ingat ya, semua pengeluaran harus direncanakan dan dicatat dulu baru deh kemudian di eksekusi. Lalu disiplin, jangan gampang beli hal-hal konsumtif tapi akhirnya mubazir.

desyyusnita.com

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, semoga dimudahkan dan dilancarkan ibadahnya. Makasih untuk Mba Ligwina yang selalu kasih percikan-percikan teori yang aplicable. Dan terima kasih juga untuk The Urban Mama dan Inke Maris atas undangannya. Mudah-mudahan tahun ini saya tidak tongpes setelah lebaran. Aamiin.  

signature-desy