Merawat Sepatu: Lakukan Hal ini Agar Sepatu Awet

Your Bag Spa, Cara Merwat Sepatu

Jangan cuma bisa pakai aja, tapi harus tau bagaimana cara merawat sepatu supaya awet, ga bau dan selalu kinclong. Kali ini mau bahas sepatu yah, mungkin ada yang butuh informasi yang akan saya share berikut ini. 

Inget ga sih kalau dulu waktu sekolah kita dibiasakan untuk mencuci sepatu saat liburan, trus jemur deh diatas genteng. Jemur di atas genteng itu ampuh banget supaya sepatu ga demek dan ga bau. Cucinya pakai apa? Ya pakai sabun cream dong, supaya kotorannya lepas semua dan jadi bersih deh. So far kayanya cara itu yang paling efektif dilakukan saat itu dan yang saya ketahui ya.

Sampai suatu hari ketika hujan turun, sepatu saya basah bukan cuma cipratan air tapi juga kuyup. Dan tau ngga, sepatu saya berbusa dong. Setelah diingat-ingat ternyata karena waktu mencuci sepatu itu saya kurang bersih membilasnya sehingga didalam bahan sepatu masih ada kandungan sabunnya. Duuh….habis itu saya ga mau lagi cuci sepatu pakai sabun cream alias sabun colek.

Ketika saya sudah punya penghasilan sendiri maka budget beli sepatu juga bertambah, kalau dulu cuma beli yang ratusan ribu, sekarang bisa nabung untuk beli yang agak mahal. Otomatis saya juga harus tau dong bagaimana merawat sepatu-sepatu saya supaya usianya lebih panjang alias awet. Ada beberapa

Hal sederhana yang saya lakukan, hasil dari baca tips sana-sini dan observasi sama sepatu sendiri.

Cara Merawat Sepatu

Merawat sepatu itu harus disesuaikan dengan jenis bahan dari sepatu itu sendiri. Tapi saya akan berikan cara merawat sepatu yang paling dasar harus dilakukan supaya sepatu bisa awet.

Cara merawat sepatu supaya awet, yaitu:

  1. Bersihkan sepatu setiap habis dipakai, dengan menggunakan lap basah baik luar maupun bagian dalam.
  2. Angin-anginkan sepatu sebelum disimpan.
  3. Simpan sepatu di kotaknya dengan dilapisi kertas pembungkus jika sudah tidak digunakan.
  4. Selalu gunakan kaos kaki saat memakai sepatu, untuk menghindari lembab pada bagian dalam dan mencegah bau.
  5. Pastikan kaki kita kering sebelum menggunakan sepatu.
  6. Jangan mencuci sepatu dengan sabun cream atau detergen, bisa menyebabkan bahan sepatu cepat rusak dan warnanya pudar.
  7. Jangan mencuci sepatu dengan mesin cuci.
  8. Untuk sneaker atau sepatu bertali, lepaskan tali sepatu sebelum mencucinya.
  9. Sebaiknya mencuci sepatu dengan sabun yang tidak mengandung detergen.
  10. Jangan mengerikan sepatu di belakang mesin cuci, kulkas atau dengan hair dryer karena bisa merusak tekstur bahannya.
  11. Sepatu membutuhkan waktu 24 sampai 36 jam untuk kering secara sempurna di bawah sinar matahari.

Paling tidak untuk hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan sehabis memakai sepatu adalah melakukan langkah nomor 1 sampai 5. Supaya sepatu yang kita pakai bisa terhindar dari lembab yang menyebabkan sepatu jadi bau. Tapi menurut saya sendiri, sejak rajin memakai kaos kaki, bagian telapak sepatu saya jadi lebih awet dibanding dulu ketika tidak memakai kaos kaki.

Your Bag Spa

Sedangkan untuk langkah perawatan sepatu nomor 6 sampai 11 tidak perlu rutin kita lakukan sih. Tapi jujur saya termasuk orang yang malas mencuci sepatu kalau ngga kotor banget. Tapi kan tetap perlu dicuci ya, apalagi kalau bagian sol nya udah dekil of the kumel, pakainya jadi kurang pede gitu. Karena trauma sama cuci sepatu takut berbusa lagi seperti yang saya ceritakan sebelumnya, ketika ada sepatu yang harus dicuci lebih baik saya serahkan saja sama ahlinya. Jangan takut keluar budget deh, nyucinya kan ga setiap bulan juga.

Your Bag Spa (YBS)

Belakangan ini memang sedang mewabah jasa pencucian sepatu. Tapi kalau sepatu dan tas kamu merupakan barang-barang branded lebih baik serahkan dengan yang lebih expert deh seperti Your Bag Spa yang saya kenal dari Clozette Indonesia. Kebetulan saya diberi kesempatan untuk mencoba layanan untuk cuci sepatu di Your Bag Spa.

Your Bag Spa adalah jasa profesional untuk merawat tas dan sepatu yang kita punya. Your Bag Spa berada di mall-mall besar dan terkemuka di Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, Surabaya dan Lampung.

Jasa yang mereka miliki antara lain: cleaning, protecting, repair, retouch, and recolouring. Barang-barang yang bisa ditangani di YBS tidak hanya tas dan sepatu tapi juga aksesoris yang terbuat dari kulit, seperti: tali jam tangan, topi, dompet, dan jaket. Biaya perawatannya pun bervariasi mulai dari 75 ribu sampai 1 jutaan.

Pas banget saya punya boots berbahan suede yang belum pernah saya cuci. Memang sih jarang dipakai, tapi kan tetap perlu dicuci apalagi bahannya suede. Kenapa ga pernah dicuci? Ya karena saya belum menemukan tempat cuci sepatu yang terpercaya. Beruntunglah saya kenal Your Bag Spa ini. Langsung boots suede itu pun dapat giliran untuk dibersihkan.

Baca Juga: Rekomendasi Flat Shoes

Review

Your Bag Spa memiliki banyak outlet yang berada di Mall terkemuka di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya dan Lampung, persisnya dimana bisa cek di instagramnya aja ya.  Kemarin saya pilih outlet yang ada di Grand Indonesia lantai UG, tepatnya ada didalam Central.

Begitu saya tiba di outlet YBS, kedua sepatu saya langsung diperiksa. Dari mulai kondisinya, tingkat kekotorannya, apakah ada baret atau lecet, ada efek samping apa setelah pencucian, dan lama proses pencucian. Untuk kedua sepatu saya, yaitu uang berbahan suede diinformasikan bahwa ada kemungkinan warnanya akan menjadi turun. Sedangkan sepatu kanvas saya karena ada glitter-glitternya kemungkinan glitternya akan sedikit menghilang. Kedua bahan sepatu saya itu memang sulit agak sulit perawatannya, jadi ya saya sudah mengerti akan hal itu.

Proses pencucian membutuhkan waktu 7 sampai 10 hari. Sayangnya waktu pencucian sepatu saya lewat 4 hari dari batas waktu standar pelayanannya. Hal ini disebabkan ketika sepatu saya sudah dicuci kemudian diperiksa oleh bagian Quality Control, ternyata masih ada bagian yang kotor maka proses pembersihan akan diulang. Penjelasan itu yang saya terima dari Mba YBS yang ada di outlet ketika saya tanyakan mengenai proses yang lewat dari batas waktunya.

Bagaimana setelah kedua sepatu saya dibersihkan di YBS? Pertama boots suede saya, meskipun warnanya abu-abu tua, tapi jelas terlihat kondisinya lebih bersih. Tidak mengalami penurunan warna seperti yang diinformasikan sebelumnya. Cuma sayangnya sepatu saya tidak tercium bau wangi-wangi. Itu karena bahan suede rentan disemprot dengan wewangian, khawatir menimbulkan bercak pada bahannya. Sementara itu sepatu kanvas saya, juga bersih kinclong. Glitter-glitternya juga masih ada tuh, sepertinya sih tidak ada yang berkurang ya. Hanya saja ada noda dibagian tali sepatu yang memang tidak hilang. Saya nyuci sendiri juga ngga hilang, berharap nyuci di YBS bisa hilang ternyata engga juga.

Cara Merawat Sepatu
Kondisi Sepatu Sebelum di cuci di Your Bag Spa
Your Bag Spa
Setelah di cuci di Your Bag Spa

Your Bag Spa

Biaya untuk pencucian 2 sepatu saya itu adalah 200 ribu untuk sepatu kanvas dan 300 ribu untuk sepatu boots suede. Memang cukup mahal sih tapi rasanya kalau sepatu kamu branded apalagi sampai jutaan harganya worthed koq. Apalagi setelah selesai sepatu kita diberikan pembungkus. Jadi ga usah pusing nyari pembungkus sepatu lagi deh.



signature-desy

You may also like

17 Comments

  1. aku juga penasaran banget nih pengen nyobain bersihin sepatu di your bag spa, soalnya belum pernah nyobain heheh, kebetulan ada beberapa sepatu yang gabisa di cuci sendiri hehehehe

  2. Bersihkan sepatu setiap habis dipakai??? yang ada, mau pake baru deh dibersihkan, hahha mb desy ketahuan ni footwearnya branded2 semua, uwuwu, klau aku karena jasa your bag spa belom ada di Bali jadi di lap lap tipis aja, semoga segera ada deh di Denpasar

  3. ak jg biasanya pake kaos kaki biar sepatu lebih awet dan g basah kena kringat tpi paling aman dan gampang mnding cuciin ke shoes spa gitu ya, apalagi klo sepatu mahal haha

  4. Aku banyak nih sepatu yg belum aku cuci, sama mba aku punya juga boot yg bahan nya suede. Mau ah coba ke Your Bag Spa.. gpp mahal tapi kan jadinya sepatu kita bersih

  5. Di Semarang belum ada nih YBS, semoga ke depan segera buka cabang di sini ya.
    Ada sih pencuci2 sepatu yang menjual jasa membersihkan sepatu. Selama ini yang paling rajin nyuciin sepatu malah suamiku. Dia seneng karena masing2 sepatu akan mendapat kantong sendiri setelah dikasih spray dengan aroma sesuai pilihan kita.

  6. Saya juga punya sepatu boots dari awal beli juga belum pernah dicuci karen harganya yang lumayan jadi perlu jasa pencucian sepatu seperti YBS ini mbak, wah kalau saya musti ke Surabaya dulu ya, Malang belum ada ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *