Diare Pada Anak: Pertolongan Pertama Dengan Obat Herbal

Diare Pada Anak

Sering membaca berita tentang kasus diare pada anak terutama dibawah lima tahun seringkali berujung kematian. Serem ya, diare pada anak memang bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Karena pada kenyataannya diare yang dialami anak-anak bisa jadi penyebab kematian. Diare merupakan sebuah kondisi anak yang mengalami Buang Air Besar (BAB) lebih sering dari biasanya. Kondisi fesesnya biasanya lebih cair. 

Penyebab diare yang sering kita tau biasanya karena mengkonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Biasanya anak-anak suka kan jajan sembarangan. Tapi sebenarnya penyebab diare pada anak itu bermacam-macam, seperti:

  • intoleransi terhadap makanan, laktosa dan fruktosa.
  • Alergi makanan.
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu.
  • Rotavirus
  • Infeksi bakteri, virus dan parasit.
  • Radang pada saluran pencernaan.

Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Di Acara Happy Parenting With Radio Sonora yang saya hadiri pada hari Sabtu (13/7) lalu saya mendapat beberapa pencerahan mengenai bagaimana mengatasi diare pada anak. Beberapa hal yang bisa kita lakukan dirumah ketika si kecil terindikasi diare (BAB lebih dari 3x dengan feses cair) misalnya dengan memberikan obat-obatan dari bahan alami yang tersedia di rumah. Obat herbal ini bisa digunakan sebagai langkah awal pengobatan sambil kita observasi perkembangannya. Biasanya rentang waktu observasi maksimal adalah 3 hari. 

Happy Parenting With Radio Sonora, Cara Mengatasi Diare Pada Anak
Ki-Ka: Dr. Widya dan Moderator

Ada beberapa bahan herbal yang bisa kita racik dan berikan pada si kecil sebagai cara mengatasi diare pada anak, yaitu: 

  • Daun jambu biji. Daun jambu biji ini memiliki kandungan yang bisa memadatkan feses. Caranya ambil daun jambu biji muda, kemudian tumbuk dan peras sampai menghasilkan 1 sendok ekstrak jambu biji. Campurkan dengan sedikit garam yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan penghilang rasa pahit.
  • Jahe. Tanaman ini mengandung anti-peradangan, analgesic, dan anti bakteri yang bisa memulihkan gangguan pencernaan. Hangatnya jahe juga bisa berfungsi untuk menenangkan. Cara penggunaannya bisa direbus kemudian diambil airnya. Campurkan dengan madu untuk menambahkan rasa manis. 
  • Kunyit. Kunyit mengandung zat kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat. Cara penggunaannya bisa dengan dua cara, yaitu direbus kemudian diambil airnya. Atau diparut kemudian diberi air hangat kemudian diperas dan diminum airnya. Tambahkan madu untuk menambah rasa manis. 
  • Madu. Dengan menambahkan madu bisa membantu untuk menyerap elektrolit sehingga terhindar dari dehidrasi.

Menurut Dokter Widya yang menjadi narasumber siang itu, pemberian obat herbal yang diracik sendiri boleh-boleh saja dilakukan. Tapi harus tetap memperhatikan dosis pada saat pemberiannya. Jangan sampai kelebihan dosis, bukan mengobati jadi justru memperburuk keadaan. 

Entrostop Herbal Anak

Sekarang ada entrostop herbal anak yang mengandung bahan-bahan herbal yaitu ekstrak daun jambu biji, ekstrak daun teh, dan kunyit yang berfungsi menyerap racun atau bakteri yang menyebabkan diare. Obat herbal ini cukup praktis karena langsung bisa diminum. Dalam satu kotak Entrostop herbal anak ini ada 6 sachet masing-masing berukuran 10 ml untuk satu kali minum, sehingga dosisnya terukur dengan tepat. Anak-anak yang berusia 6 tahun keatas bisa mengkonsumsi obat herbal ini. Harganya sekitar 10 ribu rupiah per kotak. Bentuknya sirup sehingga lebih mudah diminum oleh anak-anak.

Entrostop Herbal Anak, Diare Pada Anak
Bentuknya sachet mudah diminum anak-anak
mengatasi diare pada anak, obat herbal
Ukuran 10 Ml.

Anak-anak bisa minum sebanyak tiga kali sehari. Orang dewasa juga bisa koq minum obat ini, cuma dosisnya ditambah menjadi 2 sachet sekali minum. Tapi jika dalam dua hari diare masih berlanjut, tetap harus berkonsultasi ke dokter. Yang terpenting pada saat diare kita harus selalu memperhatikan asupan cairan yang masuk ke tubuh anak. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi yang bisa memperburuk kondisi si kecil.

Selalu ingatkan anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan badannya. Membangun budaya cuci tangan dengan sabun sebelum makan penting sekali untuk mencegah diare datang lagi.  

Semoga anak-anak kita selalu sehat ya. Dan bisa menjaga kebersihannya sendiri. 

Referensi

https://www.halodoc.com/kesehatan/diare (Tanggal akses 17 Juli 2019)



signature-desy

You may also like

29 Comments

  1. Owh.. Entrostop udah ada yang nuat anak juga ya? Wah bagus nih…
    Merk Entrostop kan udah lama banhget terkenal ampuh menyembuhkan diare buat orang dewasa, berarti yang buat anak juga donk ya… Apalagi bahannya dari herbal, alami.

  2. waaah aku baru tau nih kalo entrostop udah ada yang buat anak anaknyaaa, jadi aman ya karena ini juga terbuat dari herbal hehehe, ku mau infoin ah ke temenku buat anaknya hehehe

  3. aku memding beli entrostop anak ini drpd numbukin daun jambu biji ;p. baru tau loh mba ada yg untuk anak. selama ini, aku slalu stok entrostop, apalagi kami sekeluarga kan rutin traveling. nah kdg di beberapa negara yg didatangin banyak yg makanannya ga cocok ama perut. makanya entrostop slalu aku bawa. tp kalo ada yg utk anak, aku hrs stok yg itu juga sih di dompet obatku 🙂

  4. Ohh ada sekarang yg untuk anak Machan. Nice banget. Jd gampang minumnya n rasanya pasti enak.

    Aku juga persediaan deh kalau dedek Oche udh gedean. Krn diare itu mengerikan dan menyakitkan huhu.

  5. saya pernah coba daun jambu biji untuk atasi diare. rasanya sepet bukan main. duh kalaupun ini obat alami tapi mending gak saya coba lagi, percuma gak bs masuk ke perut, hehe. mending entrostop ajah deh

  6. Akutu merasa lebih nyaman kalau pakai obat herbal dan entrostop ini merk yang udah lama banget aku percaya dan jadi andalan keluarga untuk diare

  7. Alhamdulillah kalau sudah ada Entrostop untuk anak ya. Suka bingung loh kalau si kecil diare kudu diberi apa. Kalau obat herbal diare yang untuk orang dewasa kan belum pasti cocok untuk anak-anak.

  8. Nah kalau daun jambu biji dicampur garam udah sering kupraktekkan buat diri sendiri mba kalau lagi males minum obat diare sama diarenya masih ringan. Tapi habis baca di sini sekarang jadi tahu deh kalau kunyit, jahe sama madu juga bisa buat obat diare. Wiih senangnya sekarang enstrostop ada yang herbal buat anak. Mana sirup lagi. Duh ku nanti mau pake ini ah kalau diare. Kan enyak kalau yang cair muehehr. Makasih sharingnya mba 🙂

  9. Enak nih kalau ada entrostop, harus sedia di kotak p3k dan saat jalan jalan

    Suka mules bisa karena jajan saat traveling atau masuk angin.

    Biar diare tidak mengangu aktivitas

  10. Masyaa Allah, serem banget mbak kalau sampai berujung kematian. Smg kita dan keluarga kita sehat selalu ya mbak. Saya blm pernah nyobain entrostop. Mesti sedia nih di rumah

  11. Ini varian entrostop baru kah ? wah kids friendly banget, apalagi usia 6 tahun kan pas SD suka beli jajan yang mulai sembarangan soalnya dia mulai sekolah biasa keikut temen,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *