Ayo Tunjuk Tangan, Gerakan Sosial SGM Eksplor

#AyoTunjukTangan merupakan gerakan sosial yang diinisiasi oleh SGM Eksplor yang bertujuan untuk memenuhi nutrisi dan pendidikan anak Indonesia yang masih butuh bantuan agar anak-anak merasa terlindungi dan mendapatkan hak-haknya. 

Membahas soal hak anak, Ayah dan Bunda sudah tau belum kalau ternyata anak-anak itu memiliki Empat Hak Dasar yang harus kita penuhi. Seperti yang disepakati dalam Konferensi Hak Anak dan sudah diratifikasi oleh Indonesia pada tahun 1990 dan dituangkan dalam Undang-Undang Perlindungan Anak, ada Empat Hak Dasar Anak yaitu:

  1. Hak hidup
  2. Hak tumbuh dan berkembang, termasuk mendapatkan asupan gizi dan nutrisi, pola asuh yang penuh dengan kasih sayang, stimulasi mental dan pendidikan.
  3. Hak perlindungan, termasuk juga perlindungan dari penelantaran, dan pengabaian.
  4. Hak partisipasi, hak anak untuk didengar suaranya. 
4 Hak Dasar Anak

Sayangnya Empat Hak Dasar anak diatas masih belum bisa penuhi. Karena menurut data UNICEF bahwa 9 dari 10 anak di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam hal pemenuhan nutrisi dan pendidikan. Bahkan sebuah Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) pada tahun 2018 mengemukakan tentang kondisi anak di Indonesia yang dinyatakan kekurangan gizi. 

Pada tahun 2018 itu RISKESDAS menemukan 30,8% anak balita mengalami stunting. Bahkan 38% anak balita juga mengalami anemia. Anemia biasanya diakibatkan oleh kekurangan mikronutrien dan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, remaja, dan perempuan usia subur dalam proporsi yang significant. 

Bagaimana dengan kondisi pandemi seperti ini? Bisa dibilang angka nya akan meningkat, ditambah dengan kenyataan dilapangan selama hampir 2 tahun ini banyak anak-anak yang menjadi yatim piatu. Undang-Undang 1945 pasal 34 ayat 1, yaitu:

“Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.”

Tapi meskipun demikian rasanya perlu adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam hal ini para orangtua, guru, sekolah, dan swasta untuk bisa memastikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki akses yang cukup untuk mendapatkan nutrisi dan pendidikan yang layak. Kalau bukan kita lalu siapa lagi? Kita harus bisa bersinergi demi Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Apalagi proyeksinya Indonesia memiliki impian yang besar di tahun 2030 yaitu Indonesia Layak Anak (IDOLA) dan ditahun 2045 yaitu Indonesia Emas. Ini bukan hanya untuk anak kita sendiri tapi juga untuk anak-anak Indonesia. 

Misi Indonesia Untuk Anak Indonesia

#AyoTunjukTangan, Mengajak Kita Semua Peduli Akan Anak Indonesia

Ingat dengan pepatah bahwa “anak tidak bisa memilih untuk dilahirkan dari orangtua yang mana”, kan? Saya sepakat bahwa setiap anak yang lahir pasti memiliki mimpi untuk bisa maju dan berkembang. Tidak peduli orangtua mereka seperti apa, apa profesinya dan tinggal dimana. Semangat itu pasti dimiliki oleh mereka, namun seringkali terkendala dengan sulitnya pemenuhan gizi dan pendidikan. Ingat data RISKESDAS yang saya sampaikan diatas kan? 

Seperti yang disampaikan oleh Ka Seto: “Ibarat bunga yang indah yang seharusnya tumbuh dengan indah di Tamansari Indonesia, tapi tidak mendapatkan pupuk, disiram dan mendapat perawatan yang layak maka bunga tersebut akan layu sebelum berkembang.  Begitu juga anak-anak Indonesia yang memiliki semangat dan keinginan untuk maju akan menjadi patah semangat karena tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitarnya.”

Itulah yang kemudian melatarbelakangi gerakan sosial #Ayotunjuktangan yang diinisiasi oleh SGM Eksplor. #Ayotunjuktangan merupakan simbol dari keinginan untuk maju, berkomitmen untuk mendukung kemajuan anak Indonesia untuk tumbuh menjadi #generasimaju dengan tumbuh kembang maksimal. #SGMEksplor percaya bahwa semua anak Indonesia, mau dari latar belakang apapun bisa untuk maju dan mendapat masa depan yang lebih baik.

#AyoTunjukTangan Bareng SGM Eksplor

Dalam gerakan sosial ini SGM Eksplor mengajak semua Orang Tua khususnya Bunda yang memang sangat peduli akan nutrisi dan pendidikan anak-anak untuk bergabung dalam memberikan donasi untuk anak Indonesia. Ada 3 jenis donasi yang bisa dipilih yaitu:

  • Bantu 75.000 anak dapatkan dukungan nutrisi
  • Bantu 1500 anak dapatkan beasiswa pendidikan online
  • Bantu renovasi fasilitas sekolah

Bisa pilih salah satu atau ingin menyumbang di ketiga jenis donasi diatas juga sangat dipersilahkan. 

3 Jenis Donasi dari Kegiatan #AyoTunjukTangan

Dalam menjalankan gerakan sosial ini SGM Eksplor juga dibantu oleh partner-partner nya seperti: Cakap dan Telkomsel yang ikut berpartisipasi mensukseskan gerakan ini.  

Jadi #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia. Jika sendiri dirasa sulit untuk menunjukkan kepedulian, maka ayo deh kita lakukan bersama-sama. Karena masa depan Indonesia adalah masa depan anak-anak kita juga kan?. Yuk bergandengan tangan demi generasi maju Indonesia. Merdeka!

Referensi:

https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-5679035/pandemi-covid-19-beri-dampak-ke-kebutuhan-nutrisi-anak (Tanggal akses 20 Agustus 2021)

Webinar Launching Gerakan “Ayo Tunjuk Tangan” Tanggal 16 Agustus 2021, Penyelenggara SGM Eksplor


signature-desy