Hotel di Jakarta Dengan Nuansa Klasik “The Hermitage Hotel”

Liburan akhir tahun 2018 kemarin saya ngga sempat tuh menyusun rencana untuk liburan keluar kota. Karena Oktober lalu sudah keluar kota yang ceritanya insyaallah akan diposting di blog juga, selain itu Anda’ sibuk banget ngga bisa ambil cuti. Dan supaya kita maksudnya saya dan anak-anak ngga kecewa, Anda’ berinisiatif untuk mengajak kita staycation di salah satu hotel di Jakarta.

Jakarta banget ya? Hahaha iya, soalnya supaya lebih gampang dijangkau dengan taksi online, berhubung kita ngga ada kendaraan yang standby jadi Anda’ pilih yang disekitar Jakarta aja. Sekali-kali jadi turis di kota kelahiran dan tempat beraktivitas kan gak papa ya, hehe. Dan untuk liburan singkat kali ini kita menginap di The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta yang  adalah hotel berbintang 5 berlokasi daerah Menteng.

22 Desember 2018, liburan kami memang lebih awal. Tidak ada maksud lain selain waktu Anda’ yang cukup luang daripada di waktu pergantian tahun nanti. Lagipula bisa kebayang kan hotel-hotel pasti lebih penuh. Hotel semua diurus oleh Anda’, jadi saya dan anak-anak beneran cuma tinggal ikut aja. Habis sholat dzuhur pun kami berangkat dengan taksi online menuju ke daerah menteng. Alhamdulillah jalanan Jakarta cukup bersahabat, mungkin karena sudah banyak yang liburan keluar kota kali ya.

The Hermitage Hotel di Jakarta

The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel adalah hotel di Jakarta yang berdiri diatas bangunan jaman kolonial Belanda tahun 1920-an. Dari luar terlihat tidak terlalu tinggi, namun hotel ini memiliki 9 lantai pada bagian belakangnya. Sehingga jika dilihat dari luar hanya terlihat bangunan atau rumah era kolonial belanda yang direnovasi tanpa menghilangkan bentuk bangunan aslinya.

The Hermitage Hotel Jakarta, Hotel di Jakarta, Hotel Bintang 5
Atas-Bawah: Pintu Masuk, Reseptionis dan Halaman Belakang The Hermitage Hotel
The Hermitage Hotel Jakarta, Hotel di Jakarta, Hotel Bintang 5
Lobby The Hermitage Hotel Jakarta

Interiornya perpaduan antara minimalis dan klasik. Tetapi hal itu tidak menghilangkan kesan vintage dari bangunan asli Belanda yang menjadi bangunan utamanya. Halaman belakang yang disulap menjadi tempat duduk-duduk, bangunan lantai dua dengan tangganya yang masih kental dengan interior Eropa juga masih memiliki kesan vintage. Pintu masuk ke arah kamar hotel yang vintage juga membuat hotel ini terasa semakin homey.

The Hermitage Hotel Jakarta, Hotel di Jakarta, Review Hotel
Coridor The Hermitage Hotel Jakarta

Kamar kami berada di lantai 1, hotel ini memiliki  koridor yang tidak terlalu besar, didominasi dengan warna putih. Berhubung lagi suka dengan warna putih jadi saya suka banget jadinya. Tapi ya itu, sayangnya koridornya tidak terlalu besar mungkin ini ciri khas bangunan tempo dulu ya. Jadi serasa ada di rumah ningrat belanda banget gitu loh. Di beberapa sudut koridor terdapat jendela yang mana sinar matahari bisa masuk dari sana. Cocok banget untuk spot foto, hehe.

Bagaimana dengan kamar tidurnya? Kami menyewa kamar tipe deluxe saat itu. Dengan fasilitas  dengan tempat tidur ukuran nomor 1 atau king size. Kamar tidurnya sih ngga terlalu besar, didalamnya terdapat kamar mandi dengan kaca transparan, desain kamar mandi pun didesain dengan cukup elegan nan klasik.

Hotel di Jakarta
Living Room (Deluxe) The Hermitage Hotel Jakarta
Hotel di Jakarta
Bed Room (Deluxe) The Hermitage Hotel Jakarta

Kamar yang kami tempati ini ini memiliki 2 bagian, begitu kita masuk akan langsung berada di ruang tamu, sementara ada pintu yang membatasi antara ruang tamu dengan kamar mandi dan langsung ke kamar tidur. Di ruang tamu terdapat 2 kursi klasik dan meja, televisi dan juga meja kerja juga tersedia di ruangan ini. Ruangan yang tidak seberapa besar itu benar-benar dimaksimalkan dan tetap mempertahankan gaya klasiknya. Oh iya kalau ingin menambah ekstra bed akan diletakkan di ruang tamu ini, masih muat koq. Untuk ekstra bed dikenakan charge cukup murah untuk hotel bintang lima ini sekitar 400-450 ribu ya kalau saya tidak salah ingat.

Fasilitas Hotel

Kolam renang saat ini jadi syarat utama jika hendak staycation. Moment staycation memang seringkali dimanfaatkan untuk latihan berenang. Alhamdulillah kemampuan berenang anak-anak pun ada kemajuan, apalagi ini dilatih oleh Anda’ sendiri. Kolam renang di The Hermitage adalah kolam renang outdoor yang berada di lantai teratas yaitu lantai 9. Tidak terlalu besar, tapi cukup lah untuk bolak-balik anak-anak.

Hotel di Jakarta
Sport Facility

Sayangnya tidak tersedia kolam untuk anak-anak. Sepertinya karena keterbatasan ruang. Untuk anak-anak hanya bisa bermain di pinggiran kolam saja. Meski demikian pasti sudah senang, yang penting main air. Kolam renang ini berdekatan dengan bar, ada rooftop restaurant juga yang bisa dijangkau dengan tangga. Sayangnya saya tidak melihat-lihat ke rooftop.

Fasilitas lain yang dimiliki hotel ini adalah ruang fitnes.   Tempatnya tidak terlalu besar tapi cukup memiliki beberapa alat olahraga. Sambil olahraga sambil melihat pemandangan kolam renang, pasti senang. Tersedia ruang ganti dan kamar mandi juga di ruangan ini. Jadi setelah berolahraga tidak perlu basah-basahan masuk ke dalam kamar.

Baca Juga: Prasana Resort Bali

Food

The Hermitage memiliki restoran dengan menu yang cukup beragam. Soal harga, jangan tanya deh rate nya hotel bintang lima lah hehehe alias cukup mahal menurut saya. Tapi meski demikian kami sempat memesan chicken wings sayang saya lupa mengabadikannya karena sudah langsung dimakan Kaka Naeema, hehehe. Tapi menurut saya chicken wings nya ini kurang mantap, karena lebih ke krispy dibanding berbumbu ala ala chicken wing bayangan saya. Untuk menu yang lain saya tidak sempat pesan karena sudah keburu ngantuk, tapi pelayanan dine-in nya cukup memuaskan koq, khasnya bintang 5.

Hotel di Jakarta
Restaurant The Hermitage Hotel Jakarta

Beda a la carte beda pula breakfast, untuk anak usia dibawah 12 tahun tidak dikenakan charge, sementara itu untuk anak-anak dikenakan charge 180 ribuan dan yang dewasa 240 ribuan. Makanan yang disajikan untuk breakfast sangat beragam dari mulai western, oriental dan sudah pasti menu nusantara. Yang favorit saya tentu saja di bagian roti, entah kenapa saya suka roti hahaha. Dibagian roti banyak sekali ragamnya, mulai dari croissant multigrain sampai ke roti gluten free, gandum, bagel semua ada, komplit banget deh. Diantara roti itu, croissant multi grain adalah favorit saya. Dimakan tanpa selai dan unsalted butter juga oke aja. Duh menulis bagian ini membuat saya menelan air liur hahaha.

Baca Juga: Samara Resort Malang

Tempat Menarik di Sekitar The Hermitage Hotel

Berada di lingkungan perumahan Menteng yang tenang. Lokasinya berseberangan dengan SD Negeri, jadi kalau mau lihat kehidupan penduduk lokal bisa banget sambil melihat keceriaan anak-anak SD pulang sekolah, hehe.

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di dekat sana jika menginap disana:

  • Jalan SurabayaTau kan kalau Jalan Surabaya terkenal dengan barang-barang second hand yang unik-unik. Jika tidak berminat belanja    bisa saja hanya sekedar foto-foto dengan tema vintage loh disana.
  • Paradigma CafeMau sekedar duduk-duduk manis, bisa banget dilakukan di Cafe ini. Memiliki desain yang kekinian sehingga cocok banget jika ingin mengambil foto yang instagramable. Apalagi disana juga ada area terbuka yang bisa dijadikan area bermain anak-anak atau sekedar duduk membaca buku.
  • Metropole. Jaman saya kuliah tempat ini dikenal dengan Megaria, kemudian beberapa tahun belakangan ini namanya berubah menjadi Metropole seperti namanya di tahun 80-an.
  • Monas. Berjarak 2,5 km kita bisa menumpang ojek atau taksi menuju ke Monas.
  • Mall dan pusat belanja. Lokasinya juga dekat dengan beberapa mall besar di Jakarta seperti: Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Tanah Abang, 
  • TamanMau sekedar jogging atau menikmati udara sore, bisa banget duduk-duduk manis di taman yang ada di dekat sana seperti ke Taman Lembang atau Taman Suropati.

Dan masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi selagi menginap disini. Oh iya, penampilan rumah utama The Hermitage Hotel ini ternyata diabadikan dalam sebuah foto yang dipajang di sekitar lobby, menarik banget deh. Jadi bisa tau penampilan dulu dan sekarang. Moment staycation kami se-keluarga di The Hermitage Hotel sangat berkesan terutama interior hotelnya yang menarik. Seandainya saja saya pergi dengan teman yang juga suka foto, rasanya mungkin sudah ratusan stok foto saya di berbagai sudut hotel ini. 



signature-desy

You may also like

45 Comments

  1. Saya lihatnya kayak ala-ala eropa gitu modelnya. Cantiiiik. Restorannya tuh bikin inget dapur rumah. Semoga ada kesempatan buat saya ngerasain bermalam di situ hehe

  2. Aku baru lewat depan hotelnya aja nih.. saat-saat mengantar Ibu mertua ke RS JEC Menteng selalu selalu lewat hotel the hermitage ini.. depannya banget ada sekolah SD, jadi bisa jajan jajan unyu depan hotel ya ka.. duh sayang ya ngga ke rooftopnya.. liat feed ig hermitage bagus banget view dari rooftop.. ajak-ajak aku dong ka kalo staycation lagi di the hermitage ini hehe

  3. Aku suka bangunan Belanda gini Machan. Tapi lbh bagus lagi (menurut akuuuuu) kalau si furnitur lobbi diganti jadi model yg klasik gt hihihihi, jadi MEVVAH hihihihi. Kapan ajak aku nginep disitu Machan hahahahhaa.

  4. ini koridornya keren banget minta berpose di situ hahahha
    di sini juga ada hotel heritage kek gini tapi sepi ..
    udah gitu tempatnya jauh
    padahal keren banget ya foto2an hehe
    udah gitu deket sama tempat2 seru

  5. Aku pernah beberapa kali hadir kesana karena ada acara keluarga besar tapi belum pernah menginap disana kak. Wah suasana kamarnya menarik juga ya, sesuai dengan konsepnya.

  6. Aku pernah kehotel itu pas ada acara make up class gt…bagus emang hotelnya cuma aku blm pernah masuk kamarnya..ternyata lebih mewah sekali yaa…

  7. Meskipun staycation di Jakarta aja tapi seru ya mbak. Aku suka banget sama hotel yg nuansa vintage gini. Mungkin bbrp temenku selalu bilang kelihatan lebih horror. Tapi kalau buat aku sendiri malah nuansanya terkesan klasik gimana gitu. Hehehe

  8. wuiiih mevvaaaaah… eh tapi aku sukak Hermitage ini. Klasik banget. Unsur kolonialnya berasa. Rooftopnya juga asik kok buat kongkow-kongkow. Aaah aku mah nunggu gretongan staycation dimari ajah ah hahaha

  9. Suka banget sama hotel bergaya klasik gini.. ibaratnya seperti dalam rumah sendiri tapi memiliki fasilitas kerajaan ya dess.. suka banget.. semoga next bisa staycation di hotel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *