Merawat Pakaian Agar Tahan Lama

Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,

Ada yang hobi nya beli baju? Sama dong kaya saya, saya suka beli baju, akhir-akhir ini lebih suka beli baju dengan model terusan, gamis atau atasan yang longgar. Tapi setiap kali beli baju saya usahakan ada satu baju lama yang saya hibahkan ke orang lain untuk dipakai. Sebenernya ini trik juga sih supaya lemari ngga terlihat penuh banget. Supaya punya alasan juga beli lagi hahaha….Baju sekarang kan bagus-bagus ya. Saya sendiri lagi seneng sama brand-brand lokal yang menjamur di media online. Hobi membeli baju harus diimbangi dengan pengetahuan merawat pakaian, supaya pakaian tersebut bisa awet.

Bahan-bahan yang sedang trend saat ini bahan yang ringan seperti katun rayon, toyobo, maxmara, baloteli, satin, baby crepe dan masih banyak yang lainnya. Yang saya sebutin itu sih so far yang saya suka bahannya. Maklum ya….kemana-mana pakai angkutan umum, jadi harus banget pilih bahan baju tipis tapi ngga transparant atau yang ngga bikin gerah. Nah….baju-baju itu sudah pasti butuh perawatan kan ya, dari mulai proses mencuci, menyetrika, sampai menyimpan. Jangan sampai pakaian favorit kita rusak ditengah-tengah proses tersebut. Kalau kaya gitu sedihnya ya ampun pake banget. Apalagi kalau harganya lumayan, detailnya bagus, warna favorit…..tapi ngga bisa dipakai lagi. Hhmmm….jangan sampe deh.

Di Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 kemarin kebetulan saya hadir di acaranya Philips Indonesia yang saat itu mengenalkan produk setrika barunya dan berkolaborasi dengan brand fashion lokal yang sedang naik daun yaitu KAMI. Fashion shownya kali ini bertajum RAFAE. Koleksi-koleksi KAMI kali ini terinspirasi dari bentuk bulu burung yang merepresentasikan sayap malaikat, dimana sang designer ingin mengingatkan kembali akan pentingnya sebuah ilmu. Dan orang yang menuntut ilmu akan selalu dilindungi oleh malaikat dengan sayapnya. Wooww….keren ya, bahkan dalam menghasilkan sebuah karya fashion tetap mengandung makna filsafatnya. Koleksi-koleksi KAMI ini pun tertuang dalam bentuk pakaian bergaya casual dan semi-formal.

Merawat Pakaian, Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,

Merawat Pakaian, Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle, Merawat Pakaian, Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,

 

Baca Juga: Baju Untuk Ibu Menyusui

Dan di salah satu sesi fashion show, ada talkshow yang sangat menarik bagi saya membahas tentang bagaimana merawat pakaian kita supaya awet. Simple sih….tapi perlu juga diingetin seperti ini supaya baju-baju yang kita beli bisa awet dan mendapatkan perawatan yang sesuai. Apalagi jika pakaian-pakaian kita memiliki banyak detail seperti koleksi KAMI. Tips merawat pakaian ini disampaikan oleh Ardha Ardea Prisilla S, DS M.Ds, seorang dosen jurusan fashion design dari Lasalle College International Jakarta. Asyik kan dapat tips dari ahlinya….mau tau tipsnya kaya apa?. Scroll terus yah….

Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,
The Speakers

Tips merawat pakaian supaya tahan lama yang saya kombinasikan juga dengan pengalaman dan pengetahuan saya dalam merawat pakaian adalah seperti ini:

1.Mencuci
Pisahkan dulu pakaian yang warnanya senada kemudian rendam dan cuci secara bersamaan dengan tangan atau mesin cuci.
Pakaian yang bahannya tipis, memiliki aksen manik-manik dan sejenisnya sebaiknya dicuci manual dengan tangan.
Jika hendak mencuci dengan mesin cuci sebaiknya kemeja dikaitkan dulu kancing-kancingnya, pakaian yang memiliki retsleting juga dirapatkan terlebih dahulu, mencegah agar tidak rusak baik pakaian ataupun mesin cucinya.
Jangan mencampur pakaian yang bahannya memiliki potensi akan luntur jika tidak ingin merusak pakaian yang lain.
Sebaiknya pakaian dalam dicuci secara terpisah dengan tangan.

2.Menjemur
Bahan pakaian yang tipis sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung, begitupun dengan bahan pakaian berwarna hitam. Bahan pakaian yang tebal memungkinkan untuk dijemur dibawah sinar matahari langsung

3.Menyetrika
Dibutuhkan suhu yang berbeda untuk setiap bahan pakaian, tergantung dari tebal dan tipisnya bahan pakaian tersebut. Misalnya, menyetrika bahan sutra dan linen akan berbeda. Umumnya karena bahan sutra memiliki sifat benang yang halus maka sebaiknya disetrika dengan suhu yang hangat dan menggunakan kain alas sehingga setrika tidak menyentuh kain secara langsung. Untuk bahan pakaian berwarna gelap sebaiknya tidak menggunakan suhu yang terlalu panas karena akan meninggalkan bekas.

4.Cek Label Pakaian
Langkah mudah untuk merawat pakaian sebenarnya bisa dilihat pada label yang ada dibagian dalam, hanya saja tidak semua pakaian ada informasi label seperti ini.

Membahas tentang setrika baju rasanya memang hal yang paling merepotkan ya. Saya sendiri sudah menjalani hal-hal yang disampaikan Mba Ardha diatas, makanya kalau melakukan pekerjaan ini kesannya lama karena memang detail banget. Memilih alat setrika memang jadi hal yang utama supaya bisa membantu pekerjaan ini. Dari dulu setrika andalan saya memang Philips sih, dari yang warna pegangannya abu-abu, sampai yang gendut warna putih dan sekarang pakai yang putih juga tapi agak keunguan, itu ganti-ganti juga bukan karena rusak sih, tapi biasanya diminta orang hahaha.

Nah….begitu denger Philips launching setrika baru yang mendukung industri fashion langsung penasaran kaya apa. Soalnya setrika ini yang kemudian bisa membuat jahitan jadi lebih rapih dan juga menarik pelanggan untuk membeli baju tersebut. Produk Garment Care Philips yaitu:

> Perfect Care Optimal TEMP GC3920
Setrika ini akan mempermudah dan mempercepat proses setrika karena tidak memerlukan pengaturan sihu. Aman digunakan untuk semua bahan, dari mulai sutra, linen, maupun kasmir tanpa menunggu untuk penyesuaian suhu. Setrika uap ini memiliki pengaturan yang memungkinkan setrika mati secara otomatis. Dan yang terpenting adalah mampu membunuh bakteri yang ada pada baju dan material yang lainnya.

Merawat Pakaian, Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,

Merawat Pakaian, Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,
Detail Setrika Uap

> Steamer Easy Touch Plus GC524
Model ini sebenarnya sudah lama ada tapi kali ini hanya penambahan warnanya saja yaitu Gold yang elegan dirancang untuk menghilangkan kusut dan kerutan tersulit dengan mudah. Dilengkapi dengan style board dan hanger untuk menggantung pakaian, sikat tambahan serta pembuat lipatan, sehingga memudahkan kita untuk menguapi pakaian yang berbahan tipis dan lembut di bagian yang sulit.

Merawat Pakaian, Philips Indonesia, Setrika Philips, Jakarta Fashion eek 2018, JFW, Jakarta Fashion Week, Fashion Show, Kami, Brand Local, Lifestyle,

Menurut saya setrika-setrika ini memang cocok banget sih untuk industri fashion. Apalagi steamer easy touch ini akan membantu sekali kalau akan dilakukan pemotretan atau fashion show. Kebayang ngga kalau ngga pakai steamer, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyetrika baju-baju itu. Ditambah baju-baju seperti koleksi Kami ini, dimana dalam satu potong pakaian selalu ada bahan yang berbeda dan manik-manik sebagai hiasan. Jika mau tahu lebih jelas tentang setrika ini bisa langsung lihat di wesbitenya Philips Indonesia.

Saya sendiri kepingin loh punya steamer ini, siapa tau suatu hari bisa mewujudkan mimpi punya brand fashion sendiri. Atau paling tidak dipakai sehari-hari kalau mau melicinkan gamis yang mau dipakai. Kira-kira ada yang mau kasih sebagai hadiah ga ya??

Oh iya….gimana tips merawat pakaiannya? Udah ada yang jalanin belum langkah-langkah diatas atau mungkin punya tips-tips tambahan? Boleh loh dibagikan juga di kolom komentar. Siapa tau bermanfaat untuk saya dan pembaca lainnya.



signature-desy

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *