Menyiapkan Perlengkapan MPASI Untuk Si Buah Hati

Huwoo….tiba-tiba sudah masuk minggu ke-tiga dibulan September aja nih. Berarti sudah mulai menghitung hari menuju momen bersejarah bagi Shanum yaitu memulai MPASI alias makanan pendamping air susu ibu. Serius yah, jaman Naeema dulu saya tuh sampai bergabung ke milis MPASI-Rumahan loh dalam rangka mempersiapkan momen bersejarah ini. Nah sekarang, bablas belum baca-baca lagi dan kepikiran mau kasih apa.

Jangankan udah kepikir mau ngasih apa, beli barang-barang MPASI aja belum termasuk ke alat makannya Shanum. Mau ngasih MPASI dengan teknik konvensional atau BLW itu juga belum menentukan pilihan, asli ya, kali ini super santai. Santai bukan karena saya hapal dengan menu-menu dan ilmu yang saya dapat dari milis jaman Naeema dulu bukan loh ya. Saya santai karena nge-blank aja gitu….ga nyangka Shanum cepet banget besarnya. Seems like time flies so fast. And i really enjoy the moment this time. Alhamdulillah.

Back to MPASI, so mau ngasih apa? Well…kayanya itu nanti aja dipikirin lagi. Saya sudah follow beberapa akun di instagram yang emang khusus membahas MPASI. Kenapa sih ga baca panduan langsung dari WHO? Duh…kalo ada yang udah baca dan ngejalanin langsung terus dia dengan sukarela share kenapa engga belajar dari dia aja, hahahaha *defense karena malas baca. Di refresh lagi soal bahasan-bahasan MPASI, ternyata kini bukan soal tidak memberikan gula atau garam sebelum satu tahun tapi ada lagi istilah lain yang disebut 4 star. Eh…apa emang ini udah ada dari dulu ya? Cuma saya aja yang kelewat baca, hahaha. Ya pokoknya begitu deh. 

Meskipun waktu Naeema dulu saya benar-benar memberikan MPASI rumahan, tapi tidak 100% saya yang susun dari awal. Ada yang saya cuma masak aja sementara bahan-bahannya titip beli sama mama, dan sebaliknya. Dimasak setiap hari untuk beberapa kali makan. Jadi Naeema makan bubur saring yang sama dalam sehari. Mungkin efeknya ya sekarang ini, anaknya jadi super simple kalo makan, kurang variatif. Jadi niatnya nih ya, di Shanum kali ini ingin mengenalkan variasi rasa supaya makannya juga makin bervariasi.

Soal menu biarkanlah kita skip dulu ya. Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan saya sudah menetapkan hati mau memberikan MPASI dengan teknik yang mana. Ga hanya teknik tapi saya sudah bisa memikirkan menu-menu yang akan saya kenalkan pada 15 hari pertamanya mengenal MPASI. Sekarang saya mau bahas dulu nih, peralatan-peralatan MPASI apa saja yang harus saya persiapkan. 

Berdasarkan pengalaman dan baca sana-sini ada beberapa peralatan baik itu peralatan dapur maupun perlengkapan makan yang harus dipersiapkan menjelang MPASI ini. Perlengkapan MPASI itu seperti:

  • Pisau dan Talenan. Usahakan pisahkan antara pisau untuk daging dan pisau untuk sayuran, begitupun dengan talenan. Sebaiknya talenan yang dipersiapkan adalah talenan kayu karena media kayu tidak menyimpan bakteri. Jika hanya memiliki satu pisau dan satu talenan diusahakan untuk mencuci pisau atau telanan sehabis memotong daging atau sayuran dengan menggunakan sabun, agar tidak muncul bakteri.
Peralatan MPASI, Peralatan Dapur, MatahariMall,
Sumber: Mataharimall
Peralatan MPASI, Peralatan Dapur, MatahariMall,
Sumber: Mataharimall
  • Parutan kelapa dan parutan keju yang digunakan untuk memarut bahan makanan seperti sayur-sayuran, daging, ayam, dan ikan agar lebih mudah untuk dihaluskan.
Peralatan MPASI, Peralatan Dapur, MatahariMall,
Sumber:Mataharimall
  • Saringan kawat gunanya untuk menyaring bahan makanan yang sudah matang agar teksturnya tidak terlalu halus.
  • Blender gunanya untuk menghaluskan bahan makanan, hasilnya benar-benar halus, dan sebaiknya tidak terlalu sering digunakan agar anak juga bisa mengenal tekstur makanan dan mempersiapkan saat anak mulai makan makanan kasar (>10 bulan)
  • Panci kecil yang khusus untuk memasak bubur bayi
  • Slow cooker, alat yang memasak secara perlahan. Biasa digunakan untuk membuat bubur bayi. Waktu memasak dengan slow cooker bisa 4-5 jam. Cocok banget bagi ibu bekerja bisa menghemat waktu. 
  • Panci Kukus untuk mengukus bahan-bahan makanan
Peralatan MPASI, Peralatan Dapur, MatahariMall,
Sumber:Mataharimall
  • Dan yang terakhir adalah peralatan makan seperti mangkuk kecil, sendok yang makan yang lunak, training glass untuk mengajarkan anak minum dari gelas dan slaber supaya makanan tidak mudah mengotori baju anak saat waktu makan.
Peralatan MPASI, Peralatan Dapur, MatahariMall,
Sumber: Mataharimall
Peralatan MPASI, Peralatan Dapur, MatahariMall,
Sumber: Mataharimall

Itulah kira-kira perlengkapan yang harus dipersiapkan jika kita ingin membuat MPASI rumahan ala kita sendiri. Sebagian alat-alat diatas memang sudah saya pakai sejak jaman Naeema dulu. Nah kebetulan untuk Shanum ini saya juga akan membeli barang-barang itu khusus untuk MPASI Shanum saja. Kalau perlengkapan dapur sih bisa dibeli sekalian belanja bulanan. 

Untuk peralatan makan memang saya sudah pilih-pilih mau beli model atau merek yang seperti apa. Sudah pasti perlengkapan makan tersebut harus BPA Free. Untuk sendok memiliki bahan yang lunak sehingga tidak menyakiti mulut atau gusi bayi, kalau bisa ada sensornya yang kalau makanannya terlalu panas akan berubah warnanya. Nah berhubung ibu rumah tangga yang sok sibuk banget ini ngga punya waktu mondar-mandir ke baby shop jadi mau ga mau saya window shoppingnya di online aja. 

Baca Juga: ASIP Pertama Shanum

Jadi setiap e-commerce pasti saya buka-buka. Supaya ngga ngelantur kesana-kemari dan tetap fokus pada mencari perlengkapan makan Shanum. Biasanya saya akan langsung memilih kategori perlengkapan anak dan bayi. Jangan sampai saya gagal fokus jadi ngintip gamis atau hijab-hijab deh. Pokoknya fokus……nah kalau sudah memilih kategori itu saya langsung cari peralatan makan yang saya inginkan. Banyak banget ternyata sekarang macam dan merk nya. Selain juga beli slabber nya supaya baju ga gampang kotor saat makan. 

Baiklah, saya mau hunting dulu ya. Mudah-mudahan barang yang saya mau ada di mataharimall.com semua nih, beberapa sih udah ada. Jadi ngga usah cari kemana-mana lagi, ga sempet keluar rumah jadi beli online aja.

Kalau Ibu-ibu punya cerita seputar mempersiapkan MPASI atau mau kasih masukan boleh banget loh. Saya open loh, karena butuh banget masukan nih. 



signature-desy

You may also like

9 Comments

  1. Lengkap anet ceeeu hahha, dulu alhamdulillah pas Mpasi raya dapet door prize peralatan masak & makan gitu deh, jadi aku ngga beli lagi hihihii.. Yang ku pengen beli itu sekarang slow cooker, semoga ada yg mau ngasih or endorse gitu hahahah 😀 #modus #kodekeras

  2. Shanum kamu gemesin banget euy. Faiz dan Fira Alhamdulillah lebih banyak menyantap MPASI buatanku sendiri. Bukan kublender, tapi kusaring dan kekentalannya menyesuaikan usia. Awal-awal aku kasih kuah, lama-lama aku enggak kasih kuah. Jadi, peralatan di atas, aku punyaaa dong. Tapi yang panci Hello Kitty itu bikin Fira teriaaaaak, eh padahal emaknya yang suka.

  3. Masyaa Allah lesung pipinya itu enggak nguatin deh ^_^.
    Sekarang ini memang semakin mudah cari-cari barang ya Mba. Aku biasanya cari dulu di e-commerce buat lihat harganya, kalau di pasar ada aku belinya di pasar. Tapi kalau enggak ada baru beli online, hehehe. Alhamdulillah karena pasarnya dekat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *