Dr. Brown's Humidifier

Review Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier ini berawal dari permasalahan kulit kering keluarga kami. 

Saya akui sehari-hari AC kami hampir menyala lebih dari 12 jam. Soalnya kami jarang buka pintu khawatir debu mengingat angin yang sering kali berhembus kencang sambil membawa debu. Belum lagi kondisi air yang tidak begitu baik seringkali membuat kulit kami menjadi kering. Shanum anak saya yang paling kecil juga memiliki dermatitis atopik sejak dia bayi. Kondisi ini membuat saya harus menjaga kulitnya agar tetap lembab supaya ga memicu dermatitisnya. Sedangkan Kaka Naeema punya alergi, suka pilek atau bersin-bersin di kondisi tertentu seperti ketika baru bangun tidur atau udara terlalu berdebu. 

Seringnya saya menonton drama korea dimana seringkali melihat ada alat yang menghembuskan uap di dalam ruangan dalam setting rumah sakit atau kamar membuat saya bertanya-tanya, alat apakah itu dan apa fungsinya? Dan setelah mencari tahu saya akhirnya saya paham bahwa itu adalah alat yang dinamakan humidifier. 

Mengenal Humidifier dan Manfaatnya

Humidifier merupakan alat yang berguna untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan. Terutama di dalam ruangan yang ber AC. Selain itu alat ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita, diantaranya: 

  • Dapat mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Karena fungsinya sebagai pelembab udara maka secara tidak langsung akan dapat berpengaruh kepada kelembaban kulit kita. 
  • Meredakan gatal. Kulit yang cenderung kering akan menimbulkan rasa gatal, sehingga dengan menjaga kelembaban kulit maka rasa gatal biasanya akan dapat dihindari. 
  • Mengobati gejala pilek, flu atau alergi. Humidifier juga bisa mengurangi rasa gatal pada hidung seperti yang biasa dialami ketika mengalami gejala pilek. Selain itu alat ini juga bisa mencegah perkembangan virus dan bakteri yang tumbuh di udara yang kering. 
  • Mencegah serangan asma bagi penderitanya. 
  • Menghambat penularan penyakit. Sebuah studi yang terdapat dalam jurnal National Academy of Science menyatakan bahwa virus dan bakteri akan lebih mudah tersebar pada tempat yang memiliki kelembaban udara yang rendah. Sehingga pemakaian humidifier yang tujuannya adalah menjaga kelembaban ruangan dapat dikatakan bisa mencegah penularan penyakit. 
  • Mengurangi dengkuran saat tidur.
  • Bermanfaat untuk tanaman yang kita letakkan di dalam rumah. 

Cara kerjanya humidifier adalah dengan mengisi air sulingan (demineralisasi) ke dalam alat tampung kemudian alat disambungkan ke listrik setelah dinyalakan alat ini akan menyemprotkan uap air ke udara. Air yang digunakan untuk mengisi humidifier disarankan adalah air kemasan agar mengurangi endapan mineral yang memicu pertumbuhan bakteri. 

Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier

Siapa yang tak kenal dengan brand Dr Brown’s yang sudah berdedikasi menciptakan produk yang inovatif untuk mendukung kesehatan dan pemberian gizi yang optimal untuk bayi. Selain botol susu, brand ini juga memiliki beberapa produk lainnya yang semua dikhususkan untuk ibu dan bayi. Mulai dari berbagai macam botol susu dengan fungsi yang berbeda-beda, pacifiers, teethers, gelas untuk anak-anak, sikat gigi, kebutuhan bayi dan anak sampai kebutuhan ibu   untuk menyusui. Lengkap banget kan produknya Dr Brown’s ini. 

Setelah saya berkenalan dengan cooler bag dan botol susunya sekarang giliran saya berkenalan dengan humidifiernya. Seperti fungsi humidifier lainnya, Dr Brown’s humidifier ini mengklaim memberikan manfaat yang sama untuk kesehatan seperti yang sudah saya tulis sebelumnya. 

Dr. Brown's Ultrasonic Cool Mist Humidifier

Berikut ini beberapa fitur dari Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier, yaitu:

  1. Membantu mengurangi iritasi yang disebabkan oleh udara yang kering.
  2. Nozzle mist untuk menyalurkan uap ke segala arah.
  3. Mudah dikendalikan dengan 1 control button.
  4. Kapasitas tangki air yang besar hingga 3,8 liter.
  5. Memiliki Auto Shut-off sehingga dapat mati secara otomatis jika air habis.
  6. Dapat digunakan hingga 30 jam.
  7. Beroperasi tanpa suara.
  8. Dilengkapi dengan 3 sumbu untuk penggunaan essential oil atau aroma terapi.

Baca Juga: Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Pemakaian humidifier juga perlu diperhatikan. Idealnya air humidifier  setiap 3  (tiga) hari agar tidak ada agar pertumbuhan bakteri dan virus dapat dihambat. Apalagi jika penggunaannya seringkali dicampur dengan essential oil, sudah pasti perlu rutin dilakukan agar mengurangi endapan mineral. Dan jika sudah dibersihkan atau diganti dianjurkan untuk dikeringkan terlebih dahulu baru diisi air kembali. 

Jika air sudah habis ketika perangkat masih menyala, kita tidak perlu khawatir karena perangkat akan mati secara otomatis. Dan tetap perlu kita bersihkan terlebih dahulu tabungnya dan keringkan untuk kemudian bisa digunakan kembali.

Harga: Rp. 990.000,- (sumber website Dr. Brown’s)

Review Dr. Brown’s Humidifier

Awalnya saya juga masih maju mundur nih mau pakai humidifier. Beneran butuh ngga ya, apalagi saya sempat baca kalau humidifier itu  biasanya akan menimbulkan suaranya yang bising. Duh kayanya kok jadi menggangu ya kalo berisik. Tapi berhubung kondisi kulit yang memang butuh pertolongan ditambah lagi dengan situasi pandemi seperti ini, saya pun mencari tau lagi soal humidifier. 

Akhirnya saya kenal dengan Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier. Saya pikir ini hanya khusus untuk bayi saja tapi ternyata tidak demikian. Kenapa pakai logo bayi, karena ini adalah humidifier ultrasonic yang tidak mengeluarkan bunyi sama sekali. Beneran ngga ada suaranya loh. Jadi ngga akan menggangu tidur bayi sekalipun. Apalagi Dr Brown’s merupakan brand yang memang terkenal dengan produk-produk bayinya. Tapi yakin deh humidifier ini pun cocok bagi mereka yang tidak memiliki bayi. 

Ukurannya memang cenderung cukup besar, dengan daya tampung air sampai dengan 3,8 liter. Tapi itu justru membuat humidifier ini cocok diletakkan diruang keluarga kami yang berukuran 3×5 meter. Daya semprot uapnya pun bisa diatur dari kecil sampai dengan besar dan bisa dioperasikan dengan cukup mudah. 

www.desyyusnita.com

Hampir beberapa minggu ini memakai humidifier yang kami letakkan di ruang keluarga kami, yang saya rasakan udara sekitar ruangan terasa lebih bersih. Kondisi kulit pun tidak terasa terlalu kering seperti biasanya. Untuk pilek nya Kaka Naeema di pagi hari sih masih perlu diobservasi lagi nih, kadang muncul kadang baik-baik aja sih.  

Humidifier Ramah Anak - www.desyyusnita.com

Overall saya suka dengan humidifier ini karena ga berisik. Arah uap nya pun bisa diatur 360 karena Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier ini memiliki fitur nozzle mist yang bisa mengatur aliran uap udara sesuai dengan keinginan kita. Cara mengoperasikannya pun mudah, sampai Shanum pun dengan suka senangnya menghidupkan dan mematikan sendiri, tapi tenang aja ga bahaya kok.

Untuk informasi lengkap mengenai produknya atau ingin membeli produk ini bisa langsung di website atau di instagram nya Dr Brown’s aja ya. Sampai jumpa di postingan berikutnya. Tetap jaga kesehatan ya. 

Referensi:


signature-desy