Cara Membersihkan Botol Bayi

Kegiatan mencuci botol susu bayi mungkin terkesan mudah dan sederhana. Meski sederhana kita harus memastikan lagi tidak ada sisa susu yang menempel di sela-sela dot atau botol susu. Mencuci botol bayi pun tidak boleh ditunda terlalu lama. Walaupun harus ditunda sebaiknya semua bagian botol sudah dilepas satu persatu dan direndam terlebih dahulu untuk menghindari timbulnya kerak dari susu yang tersisa.

Pernah ada cerita dari seorang teman beberapa tahun yang lalu. Suatu sore anaknya yang berusia 3 tahun mengalami muntah-muntah. Bahkan ketika masuk setitik air putih pun langsung muntah, dan akhirnya sampai harus dirawat di rumah sakit. Kondisi anak usia 3 tahun itu terus terbayang di kepala saya. 

Terakhir saya pun tahu penyebab muntahnya diakibatkan karena infeksi pencernaan. Infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri yang bisa saja muncul dari botol susu yang proses pencuciannya kurang bersih. 

Sejak itu saya pun saya mulai peduli dan lebih memperhatikan proses pencucian botol susu untuk anak-anak. Tidak hanya sekedar botol susu, tapi juga perlengkapan bayi lainnya yang berpotensi dimasukkan ke mulut oleh si kecil. 

1000 Hari Perlindungan Untuk Si Kecil

Memberikan 1000 hari perlindungan sejak bayi baru lahir merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh semua orangtua dan orang disekelilingnya. Langkah yang sederhana selain nutrisi yang terjamin adalah membersihkan perlengkapan bayi secara rutin dengan menggunakan produk bayi yang aman. 

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi

Sebenarnya cara ini mungkin dilakukan oleh semua ibu, tapi saya mau cerita lagi, mungkin saja ada yang berbeda. 

Pertama-tama kita perlu pastikan bahwa perlengkapan untuk mencuci produk bayi berbeda dengan alat cuci yang kita gunakan untuk mencuci piring makan orang dewasa dan peralatan masak lainnya ya. Saya menyiapkan alat cuci berikut ini:

  • Spons pencuci piring yang memiliki tangkai sehingga memudahkan untuk mencuci bagian dalam botol (ada busa halus dan busa kasar).
  • Sikat kecil untuk sedotan.
  • Sabun pencuci piring yang aman untuk bayi dan anak-anak.

Perlengkapan Mencuci Botol Bayi

Cara membersihkan botol susu bayi dan sebenarnya ini berlaku juga untuk botol minum, botol jus dan botol lainnya yang dipergunakan oleh si kecil, ala saya adalah sebagai berikut ini: 

  1. Pastikan tangan kita sudah bersih, jadi jangan lupa cuci tangan dulu.
  2. Lepaskan semua bagian botol satu persatu termasuk sedotan atau dot yang menempel di bagian atas botol.
  3. Tuangkan 3-4 tetes sabun pembersih ke masing-masing bagian botol dan beri air setengah botol. 
  4. Atau bisa juga dengan menampung air di wadah kemudian tuangkan sabun pembersih baru rendam semua bagian botol susu. 
  5. Kocok terlebih dahulu bagian dalam botol dengan air sabun. Kemudian Gosok-gosok dengan menggunakan sabut busa pencuci. 
  6. Untuk bagian dot, biasanya saya balik dotnya supaya bisa membersihkan bagian dalam dengan sempurna. Mencegah ada sisa-sisa asi atau sufor menempel di bagian dalam. 
  7. Bersihkan bagian dalam sedotan dengan sikat sedotan yang ada, gosok berulang beberapa kali. 
  8. Tiriskan dengan cara membaliknya agar air turun. 

Kalau sudah dicuci apakah perlu disteril lagi? 

Untuk botol minum saya sih lebih mengocoknya dengan air hangat sebelum digunakan. Tapi kalau botol susu sebaiknya di steril terlebih dahulu. Proses steril bisa dengan cara tradisional maupun modern. 

Cara tradisional adalah dengan merebus air sampai mendidih kemudian setelah mendidih api dimatikan, setelah beberapa saat masukkan semua bagian botol, dan diamkan beberapa menit kemudian tiriskan dalam box yang tertutup. Sementara jika modern menggunakan alat steril yang sudah banyak tersedia di pasaran. Beberapa kali coba alat steril modern, paling suka dengan yang menggunakan sinar UV. 

Sabun Pembersih Yang Aman

Sejak anak pertama saya selalu pakai sabun pembersih botol dan perlengkapan bayi yang khusus untuk bayi dan anak-anak. Saya pilih yang aromanya tidak menyengat supaya bau nya tidak tertinggal di botol susu bayi. 

Sleek Baby, Pembersih Botol Bayi

Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi adalah yang menjadi pilihan saya. Alasannya sih simple aja karena produk ini lebih mudah didapat dimana-mana. Trus punya berbagai macam ukuran, pokoknya dibawa traveling ok, buat dirumah apalagi. 

Sleek Baby Bottle, Nipple and Accessories Cleanser

Sleek Baby Paraben Free

Sleek Baby Pembersih Botol Bayi

Tapi ternyata kesukaan saya dengan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini nggak hanya sampai disitu. Sekarang produk ini terus berimprovisasi sehingga formula yang dimilikinya pun terus disempurnakan. Dilengkapi dengan 8 proteksi nya, yaitu: 

  1. Food Grade: tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk si Kecil. 
  2. Natural Anti Bacteria: bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada perlengkapan si Kecil termasuk botol susunya.
  3. Stain Removal: mampu membersihkan noda yang menempel, sisa lemak dan bau yang tidak sedap pada peralatan makan si Kecil. 
  4. Hypoallergenic: kandungan yang mampu meminimalisir terjadinya iritasi kulit, gatal, dan kasar pada kulit. 
  5. Dermatologically Tested: sudah teruji secara klinis.
  6. Microbiological Tested: efektif dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya.
  7. High Quality Concentrate: Hanya perlu sedikit saja, sudah bisa membersihkan botol susu sudah bersih dan terlindungi dari kuman.
  8. Paraben Free: tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya, sehingga aman untuk si Kecil.

Formula Sleek Baby Dengan 8 Proteksi

Bagaimana? Formula yang dimiliki Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi ini sudah lengkap kan. Tapi bener deh lemak-lemak bekas ASIP itu rontok loh, botol ga licin lagi, langsung keset. Padahal saya hanya sekali memberi sabun aja. 

Kalau mau tau informasi lebih detail tentang Sleek Baby bisa ke Facebookatau  Instagramnya aja. 

Perlu diingat nih, mencuci botol susu ini memang simple tapi perlu ekstra hati-hati agar benar-benar bersih sehingga kesehatan si Kecil  pun terjaga. 

Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat untuk untuk teman-teman semua. Kalau punya tips yang lainnya boleh dong di share, ditunggu ya! 

#SleekBaby 

#SleekBabyAlamiMelindungi 

#SleekBaby8Protection 

#1000HariPertama

#PerlengkapanBayi 

#ProdukBayi 

#BayiBaruLahir 

#PembersihBotol



signature-desy