1000 Hari Perlindungan Untuk Si Kecil

Adalah tugas kita sebagai orangtua untuk memberikan 1000 hari perlindungan untuk si kecil. Memastikan tumbuh kembangnya maksimal terutama di usia emas.

Menjadi orangtua terutama seorang ibu merupakan komitmen yang harus kita jaga seumur hidup. Alhamdulillah aktifitas saya sebagai blogger membuat saya seringkali mendapat informasi terbaru seputar parenting, perawatan anak dan hal penting lainnya. Insyaallah saya selalu berusaha untuk bisa berbagi dan meneruskan informasi yang saya dapat melalui tulisan-tulisan saya ini. Mana tau bisa berguna untuk orang lain yang kebetulan mampir ke blog ini atau mungkin sebagai pengingat diri saya dikemudian hari.

Sudah tau kan ya bahwa 1000 hari pertama kehidupan merupakan moment penting dalam kehidupan manusia? Kenapa bisa penting? Karena kualitas seseorang itu ditentukan sejak awal janin tumbuh didalam tubuh seorang calon ibu. Itulah sebabnya ketika saya ingin hamil lagi beberapa tahun yang lalu, Obgyn tempat saya berkonsultasi selalu bilang “kalau mau hamil harus disiapkan kondisi fisiknya”. Padahal setau saya hamil ya hamil aja, usaha produksi. Ternyata oh ternyata itu adalah salah besar.

Jumat, 27 Juli 2018yang lalu saya berkesempatan hadir diacara Blogger Gathering Sleek Baby. Acara yang diadakan di Twin House Cipete ini ingin mengedukasi lagi para ibu sebagai seseorang yang bertanggung jawab dalam tumbuh kembang seorang anak akan pentingnya 1000 hari perlindungan. Juga hadir siang itu dr. Reza Abdussalam, SpA, Tanya Larasati  dan Lidwina Natalia yang adalah Brand Manager dari Sleek Baby.

1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan
Ki-Ka: dr. Reza Abdussalam, SpA , Tanya Larasati (Influencer) dan Lidwina Natalia (Brand Manager Sleek Baby).

Dalam penjelasannya, dr. Reza Abdussalam, SpA mengingatkan kami para ibu muda yang hadir siang itu untuk menjaga 1000 hari pertama kehidupan buah hati kita. Karena dalam 1000 hari pertama itu semua organ penting dan sistem tubuh mulai berkembang dengan pesat, seperti: perkembangan kognitif, perkembangan organ metabolik, pertumbuhan fisik, kesehatan saluran cerna dan kematangan sistem imun.

Itulah sebabnya kita orangtua, terutama kita sebagai seorang ibu haruslah bisa memperhatikan hal-hal berikut demi mempersiapkan 1000 hari yang sangat penting untuk si buah hati demi mewujudkan 1000 hari perlindungannya. Yuk kita perhatikan hal berikut ini:

  1. Pre natal

Seperti yang saya bilang tadi, kita harus sudah mulai memperhatikan kondisi fisik kita sejak kita memiliki rencana untuk hamil. Ketika kita sudah dinyatakan hamil itu moment kita untuk meningkatkan lagi nutrisi untuk janin. Karena selama 280 hari itulah merupakan momen pembentukan otak.

1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan

  1. Paska natal

Setelah bayi lahir yang perlu diperhatikan lagi adalah nutrisi kandungan asi kita. Dimana selama 180 hari atau 6 bulan kita harus berusaha untuk bisa memberikan ASI ekslusif. Lagi-lagi nutrisi yang kita makan pun harus diperhatikan agar ASI juga bisa maksimal. Dalam contoh kasus saya sendiri, saya lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein hewan dan nabati serta memperbanyak minum air putih.

Perkembangan yang dinamakan golden moment ini pun terus berlangsung sampai dengan 540 hari (6 bulan- 2 tahun) kehidupan si buah hati. Perkembangan otak yang sangat pesat diiringi dengan perkembangan fisik dimana semua organ tubuh mulai berintegrasi untuk membentuk kemampuan tumbuh kembang si kecil dengan sempurna.

  1. Kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi itu penting untuk bisa memaksimalkan tumbuh kembang bayi. Selain sebagai sumber energi, nutrisi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh, meningkatkan tumbuh kembang anak dan yang terakhir sebagai terapi.

Berdasarkan rekomendasi dari WHO sejak tahun 2003, ada beberapa sikap yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebutuhan nutrisi si buah hati, seperti:

  • Lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), segera setelah bayi lahir.
  • Berikan ASI eksklusif selama 6 bulan.
  • Berikan MPASI (makanan pendamping ASI) paling lambat 6 bulan dan tetap melanjutkan pemberian ASI.
  • Perhatikan nutrisi MPASI. Usahakan untuk selalu memberikan MPASI yang mengandung unsur 4 bintang yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran. Pilih bahan makanan yang mengandung zat DHA dan AA, zat besi dan tautin, serta choline dan zinc.
  • Perhatikan kebersihan peralatan makan dan minum si kecil.
1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan
Pic: Ola Aswandi
  1. Kebutuhan stimulasi

Perlu diketaui bahwa perkembangan sel-sel otak dimulai sejak janin masih di dalam kandungan, puncaknya sekitar 4 sampai 6 bulan. Jumlah sel otak yang terbentuk akan menentukan kualitas otak anak. Itulah sebabnya sejak masa kehamilan kita sudah harus mengutamakan nutrisi untuk si buah hati.

Hal yang harus diperhatikan dalam stimulasi ini adalah:

  • Rangsangan otak kiri untuk motorik halus, seperti: bicara, baca-tulis, daya ingat, kecerdasan, dan lain-lain.
  • Rangsangan otak kanan untuk motorik kasarnya, seperti: pengenalan diri, pengenalan lingkungan sifat waspada, kreatif dan produktif.
  • Kenyamanannya saat bergerak dalam proses stimulasi. Untuk menjaga kenyamanan kita harus menjaga kebersihan pakaian yang digunakan, tubuh dan kulitnya dan area sensitif lainnya.

Baca Juga: Pijat Bayi, Wujud Sentuhan Cinta Ibu

1000 Hari Perlindungan

Selain pemenuhan nutrisi yang kita lakukan sebagai orangtua, ada hal lain yang perlu kita lakukan untuk 1000 hari perlindungan yaitu dengan higienitas. Soal higienis ini saya jadi ingat ungkapan seorang dokter kepada saya beberapa waktu lalu, beliau bilang “kalau sudah higienis saja kita masih bisa terkena penyakit apalagi kalau tidak higienis.” Dan secara logika saya sih benar ya…..saat kita tidak higienis dan tubuh kita kuat padahal bisa saja didalamnya tubuh kita ternyata sudah digrogoti oleh penyakit, jadi begitu sakit langsung ambruk deh. Duh, jangan sampai itu menimpa kita semua ya. Dan jangan sampai karena kurang higienis ini jadi menggangu pertumbuhan si kecil sehingga menghambat perkembangannya.

Sleek Baby dan Kampanye #1000HariPerlindungan

Siapa yang tidak kenal dengan Sleek Baby. Salah satu produsen produk bayi yang dikenal dengan perlindungannya yang menyeluruh, seperti:

Perlindungan terhadap higienitas:

  • Perlindungan untuk peralatan makan dan mainan (Sleek baby bottle, nipple and accesories cleanser) bahkan produk ini bisa juga digunakan untuk mencuci sayuran dan buah (food grade)
  • Perlindungan terhadap kebersihan tubuh dan kulit si kecil yang sensitif (Sleek baby natural antibacterial 2 in 1 hair & body wash) untuk melindungi kulit bayi dari bakteri.
  • Perlindungan terhadap kebersihan tangan keluarga (Sleek baby foamy handwash)
1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan
Produk dari Sleek Baby

Perlindungan terhadap stimulasi, khususnya melindungi kulitnya yang sensitif. Ada dua produk yang bisa melindungi kulit si kecil yang sensifiti yaitu: Sleek baby laundry detergent dan Sleek baby diapers cream yang sudah hypoallergenic dan dermatologically tested.

Baca Juga: Mencegah dan Mengobati Ruam Popok

1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan
Hampers Sleek Baby Untuk #1000hariperlindungan
1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan
Isinya super cute kaaan…..

Saat ini Sleek Baby ingin lebih berperan aktif lagi dalam kampanye 1000 hari perlindungan dan mengajak kita semua untuk ikut terlibat. Caranya mudah banget, kita cukup posting foto di instagram kita bersama si kecil sambil memegang salah satu produk sleek yang jadi favorit kita, sertakan pesan perlindungan untuk ibu lain, tag @sleekbaby_id, sertakan #1000hariperlindungan dan #sleekbabyalamimelindungi.Satu postingan foto sama dengan aksi perlindungan untuk satu anak di kecamatan penjaringan.

1000 Hari Perlindungan, #1000hariperlindungan, sleek baby, golden moment, 1000 hari pertama kehidupan, kesehatan, kampanye #1000hariperlindungan
Foto yang diupload untuk berkontribusi dalam kampanye #1000hariperlindungan

Yuk….kita ikutan memberikan kontribusi agar makin banyak anak-anak Indonesia yang mendapatkan 1000 hari perlindungan. Dan mulai hari ini mudah-mudahan kita juga bisa lebih peduli akan 1000 hari kehidupan pertama buah hati kita demi sumber daya manusia yang lebih baik di kemudian hari. Kalau mau baca-baca artikel #1000hariperlindungan lainnya, kunjungi aja www.sleekbaby.co.id. Happy reading 😊.



signature-desy

You may also like

52 Comments

  1. aku juga dulu suka kzl kalau ada yg bilang bumil makan yg bagus jgn makan ini itu dll hahahahhaa ternyata emang makanan pas hamil ngaruh banget ke janin, jadi harus selalu dijaga ya.. dan kebersihan juga penting, untung sekarang udah punya sleek baby survival kit dong, jadi lengkap melindungi anak2 dari head to toe 😀

  2. Ternyata 1000 hari untuk si kecil sangat baik ya. Mantab nih campaign sleek. Mengajak para emak2 agar lebih aware lagi ttg perlindungan si kecil

  3. Sekarang produk-produknya Sleek beragam ya. Jaman Darell bayik cuma ada buat bersihin botol sama buat cuci baju aja. Setelah botol dan baju di cuci pake Sleek ngerasa aman total karena udah hygienist pasti hehehe

  4. Udah banyak banget ya varian produknya sleek, dulu aku cuma tau yg buat cuci dot dan alat makannya aja. Tp mmg kalau pakai sleek smuanya lgsg kinclong dan baunya enak. Beda dgn sabun cuci yg lain .

  5. 1000 hari pertama memang penting untuk diperhatikan, karena kalau tidak efeknya bersifat irreversible ya, untuk sleek babynya noted nanti buat anak kedua 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *