Fashion Wanita, Tas, Sepatu, The Warna, Etnik

Memakai atribut fashion wanita yang berbau etnik merupakan hal sederhana yang bisa saya lakukan untuk mengenal budaya Indonesia. Tidak hanya itu, memakai atribut fashion yang berbau etnik juga bisa mengenalkan seni dan budaya Indonesia kepada bangsa lainnya. Bangga kan kalau bangsa lain memakai pakaian yang berhubungan dengan budaya kita. Dengan cara itu bisa membuat Indonesia lebih dikenal di dunia.

Saya pernah melihat postingan di instagram Mba Indah Savitri (salah satu teman blogger) dimana para peserta rapat yang mayoritas adalah orang luar negeri (kalau tidak salah rapat PBB) memakai dress code kemeja batik. Wiih…..rasanya saya bangga loh. Menurut pendapat saya, kain etnik yang sukses diperkenalkan ke kancah dunia adalah batik khas Jawa. Dimana kain-kain ini didesain sedemikian rupa menjadi kemeja, dress, blouse, dan lain sebagainya yang bisa dipakai untuk acara formil maupun non-formil.

Pada kenyataannya masih banyak banget motif-motif kain dari berbagai suku yang ada di Indonesia yang bisa diolah menjadi atribut fashion loh. Tau kan kalau Indonesia memiliki 1340 suku etnik, dimana setiap suku itu memiliki ciri khas sendiri. Dan jika diolah menjadi atribut fashion khususnya fashion wanita sudah tentu akan lebih mudah memperkenalkannya ke kancah internasional.

The Warna

Saat ini banyak desainer dan UMKM yang mengolah kain etnik Indonesia menjadi atribut fashion wanita. Mulai dari kemeja, celana, rok, gamis, sepatu, tas, dan juga aksesoris fashion lainnya. Masing-masing desainer dan UMKM memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang masih fokus pada motif batik Jawa, ada yang melirik motif batik dari suku Toraja, ada yang mengolah motif batik suku di Sumatera dan ada yang menggunakan motif batik suku dayak di Kalimantan.

Fashion Wanita bersama The Warna

Salah satu merek yang mengolah kain etnik Indonesia menjadi atribut fashion wanita adalah The Warna. The Warna adalah salah satu industri dalam negeri yang mengolah kain-kain etnik yang ada di Nusantara menjadi berbagai macam bentuk tas, dompet dan sepatu. Kain etnik yang berasal dari Indonesia ini dipadupadankan dengan kulit sintetis yang didesain secara modern agar bisa mengikuti trend saat ini.

Ada berbagai macam kain etnik Indonesia yang dipakai oleh The Warna. Terus terang dari koleksi-koleksinya The Warna saya jadi tau banyak tentang kain etnik Indonesia, banyak sekali ragamnya. Meskipun jika dilihat sekilas terkesan sama, tapi ternyata memiliki detail yang berbeda itulah sebabnya harus dilihat seksama. Ada kain tenun jepara, kain batik jawa, kain motif dayak, batik kalimantan dan lain sebagainya.

Fashion Wanita

Tas menjadi atribut fashion wanita

The Warna memproduksi berbagai macam bentuk tas, sepatu dan dompet. Kamu suka model apa? Untuk Tas mulai dari clutch, backpack, sling bag. Dompet pun tersedia dengan berbagai macam ukuran dari yang panjang dan pendek. Dan sepatu produksi The Warna yang cukup banyak pilihannya, mulai dari flat shoes, mules, wedges dan heels. Sepatu dari Bisa dikatakan produksi The Warna menjadi pelengkap fashion wanita loh. Untuk flat shoes bisa dipesan untuk anak-anak juga loh, mulai dari nomor 24 sampai 33 sedangkan dewasa mulai dari 34 sampai 44. Jadi bisa kompakan dengan si kecil deh. Ibu-ibu yang suka kompakan sama anaknya pasti happy nih.

Saduri Brown Series

Alhamdulillah saya punya salah satu series The Warna namanya Saduri Brown Series yang terdiri dari tas dan flat shoes. Saduri Brown series ini menggunakan kain khas dayak yang dipadukan dengan kulit sintetis. Meskipun ini buatan lokal tapi detail mulai dari resleting, kaitan tas, dan detail lain yang terbuat dari besi yang tebal dan kuat. Bagian dalam tasnya juga dilapisi dengan kain tebal sehingga memang terkesan eksklusif.

The Warna, Fashion Wanita, Etnik

The Warna, Fashion Wanita, Etnik

The Warna, Fashion Wanita, Etnik

Dimensi tasnya tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Masih cukup untuk membawa keperluan saya dan Shanum, seperti dompet, baju ganti sepasang dan 2-3 diaper, simply makeup, handphone dan powerbank, dompet dan botol minum Shanum ukuran sedang. Tali tasnya juga ada dua tali yaitu pendek untuk di jinjing dan tali panjang yang bisa dipanjangkan hingga 12 cm untuk diselempangkan. Yang saya suka adalah bagian atas tas yang menyempit tidak terlalu memperlihatkan isi tas jika kita buka tas di tempat umum. Penting banget, soalnya saya kan pengguna transportasi umum, ngeri aja kalau tasnya terlalu terbuka, ya kan?.

Saduri Brown Bag

Cara Menggunakan Saburi Brown Bag – The Warna

Atribut fashion wanita lain dari Saduri Brown Series adalah flat shoes. Saduri Brown flat shoes memiliki 3 warna yaitu black, brown dan dan cream. Yang saya suka dari flat shoes ini adalah bagian bawahnya yang terbuat dari bahan karet jadi ngga licin. Serunya bisa kompakan sama si kecil loh, mulai dari ukuran 24 sampai 33 untuk si kecil , sementara itu untuk dewasa tersedia dari ukuran 34 sampai 44. Jangan khawatir ukurannya tidak cocok, karena kalau terlalu besar atau kecil bisa di retur ke The Warna.

Flat Shoes - The Warna

Flat Shoes – The Warna

The Warna, Fashion Wanita

Bagian Dalam Saburi Brown Flat Shoes

Bagian Dalam Saburi Brown Flat Shoes

Tips dari saya untuk flat shoes, jika kamu ingin menggunakan kaos kaki sebaiknya memesan satu ukuran dari ukuran normal. Apalagi kalau kaos kaki yang biasa dipakai berbahan tebal. Tapi kalau tidak menggunakan kaos kaki, bisa dipesan dengan ukuran standart karena ukuran yang digunakan ukuran untuk orang Indonesia koq, hehehe.

Baca Juga: Merawat Sepatu

Dan sepertinya saya mau order saburi brown untuk Kaka Naeema, supaya kita bisa kompakan. Pas banget dia belum punya flat shoes nih. Saya juga lagi intip-intip mulesnya, desain dan perpaduan etnik modernnya cocok banget sama selera saya.

Nah The Warna bisa banget jadi pelengkap atribut fashion wanita nih. Tinggal pilih mau yang mana dengan kain etnik seperti apa. Selamat Lebaran ya….



signature-desy