Konsultasi Dokter Secara Online Melalui Aplikasi SehatQ

Aplikasi SehatQ, Konsultasi Dokter Secara Online

Dulu ketika kakak Naeema sakit sementara saya masih harus bekerja, saya suka berandai-andai  “seandainya saja bisa konsultasi dokter secara online”. Bagi seorang ibu, mengetahui anaknya panas atau tiba- tiba flu dan batuk sampai membuat tidurnya ngga nyaman pasti membuat gundah gulana. 

Biasanya saya menunggu selama tiga hari dulu untuk masa observasi di rumah, jika masih panas atau kondisinya masih mengkhawatirkan biasanya baru saya konsultasi ke dokter. Tapi terkadang ada saja indikasi sakit yang perlu ditangani segera seperti batuk  atau flu, saya suka bingung mau kasih obat apa, khawatir obat yang saya kasih kurang tepat. Membayangkannya saja saya sudah serem ya….meskipun sebenarnya saya lebih suka memberi obat herbal terlebih dahulu, tapi ada kalanya perlu juga obat rekomendasi dari dokter jika obat herbal tidak cukup. 

Berobat ke dokter anak cuma untuk batuk itu rasanya menguras energi. Tau sendiri kan antrinya bisa berjam-jam. Sakitnya batuk tapi karena kelamaan di rumah sakit bisa jadi terinfeksi banyak virus, duh bikin parno deh. Itulah sebabnya saya suka menghayal punya dokter yang menerima konsultasi online. Tapi karena belum ada fasilitasnya, ya dijalani saja berobat ke Rumah Sakit, berobatnya cuma 5 menit tapi antrinya sampai 1,5 jam belum termasuk antri obat. Demi si buah hati dijalani saja. 

Sedangkan saya sendiri termasuk orang yang malas banget berobat ke dokter, karena antriannya membuat badan yang sakit jadi tambah sakit. Atau bingung mau berobat ke dokter spesialis apa, kemana dan dimana. Hmm sebenarnya sih itu cuma alasan karena malas antri aja hehehe. 

Aplikasi SehatQ

Rabu (25/9) lalu saya diundang untuk hadir di acara Grand Launching Aplikasi SehatQ yang diadakan di Sinarmas Tower, Thamrin Jakarta. Pertama kali kenal SehatQ beberapa bulan lalu melalui websitenya. Artikel-artikel yang ada di SehatQ cukup membantu jika ada kondisi medis yang sedang saya ingin tahu. Membantu kita jadi lebih paham akan kondisi yang kita hadapi. 

Di acara Grand Launching siang itu hadir sebagai narasumber adalah Tara Budiman (public figure), dr. Audi Antawijaya (CMO Bamed Health Care Group) dan Linda Wijaya (Founder & CEO SehatQ). Setiap narasumber memiliki permasalahan yang sama dalam menangani kesehatan keluarga. 

Latar belakang Mba Linda Wijaya mendirikan SehatQ berawal dari perannya sebagai seorang Ibu. Dimana dirinya secara tidak langsung harus paham bagaimana menangani permasalahan kesehatan keluarga terutama anak-anak. Dia harus bisa mencari informasi tentang gejala yang timbul dari sumber yang terpercaya jika ada anak-anaknya yang sakit. Dan apa saja yang harus dilakukan jika sudah mendapat informasi yang dibutuhkan. 

Grand Launching SehatQ

Bagaimana dengan Tara Budiman? Seperti yang kita ketahui dia adalah seorang public figure dengan mobilitas yang cukup tinggi. Ada kondisi dimana dia merasa kurang fit dan perlu berkonsultasi dengan dokter untuk meminta rekomendasi obat atau vitamin untuk menangani kondisinya itu. Apalagi jika hal itu terjadi di luar negeri, kalau berkonsultasi dengan dokter lokal khawatir ada kendala bahasa yang bisa bikin tambah stress. Itulah sebabnya Tara merasa perlu punya koneksi dokter di Indonesia yang bisa dihubungi secara online. 

Apa yang dialami Mba Linda Wijaya, dr Audi dan Tara  tentu saja dialami oleh banyak orang diluar sana, Saya pun sebisa mungkin mencari tau informasi-informasi terkait dengan yang saya alami.  Sehingga ketika berkonsultasi ke dokter secara langsung bisa lebih lengkap lagi informasinya. 

Grand Launching Aplikasi SehatQ, Konsultasi Dokter Secara Online

Konsultasi Dokter Secara Online di Aplikasi SehatQ

Perkenalan saya dengan SehatQ sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu berupa website. Kunjungan saya ke website SehatQ sekedar membaca artikel seputar kesehatan. Baru kemarin itu saya tau kalau SehatQ membuat aplikasi yang bisa di unduh di playstore maupun di apple store. Otomatis saya unduh dong, soalnya bermanfaat banget. SehatQ, sehat dalam genggaman deh pokoknya.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi SehatQ, yaitu: 

  1. Pencarian informasi tentang kesehatan, penyakit dan tips.
  2. Chat dengan dokter (konsultasi dokter online) secara realtime.
  3. Layanan booking dokter online jika hendak berobat ke rumah sakit atau klinik. 

Konsultasi Dokter Secara Online

 

Baca Juga: Kunyit, Obat Herbal

Beberapa hal yang menurut saya merupakan kelebihan dari SehatQ, yaitu: 

  1. Dalam satu akun, kita bisa memasukkan data-data keluarga kita. Jadi bisa berkonsultasi mewakili mereka.
  2. Ketika hendak berkonsultasi secara online di Fitur Chat Dokter, kita harus selalu memasukkan data tinggi dan berat badan, usia dan keluhannya. 
  3. Chat dokter benar-benar dijawab realtime oleh tim dokter SehatQ. Hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk dibalas oleh dokter.
  4. Informasi promo pemeriksaan kesehatan.

Sayangnya di Tangerang tempat tinggal saya, SehatQ belum bekerjasama dengan Rumah Sakit langganan nih. Semoga saja segera ya, supaya bisa booking melalui aplikasi. Tanpa harus buka buang-buang pulsa untuk telpon kesana. Tapi saya belum tau nih bagaimana sistem pembelian obat di sana, apakah harus ke apotik langsung dan hanya membawa resep dari dokter SehatQ atau bagaimana. Nanti saya coba cek lagi ya, alhamdulillah saat ini belum ada kebutuhan membeli obat. 

Kesimpulannya saya senang sekali dengan adanya aplikasi SehatQ, jadi bisa lebih multitasking. Ngga perlu galau kalau mau cari informasi kesehatan, atau sekedar konsultasi dokter online yang bisa ditanya-tanya soal gangguan kesehatan, gejala yang dialami dan informasi tentang obat-obat yang harus dikonsumsi. Meski berkonsultasi secara online, dokter juga tetap bisa memberikan resep loh. 

ios-android

Baiklah, sampai bertemu di artikel informasi yang lainnya ya. Mudah-mudahan keluarga kita semua selalu sehat. Tapi ngga ada salahnya untuk selalu baca-baca artikel di SehatQ untuk menambah pengetahuan, agar sehat dalam genggaman kita. Jangan lupa unduh aplikasi SehatQ di handphone kamu ya.Sampai jumpa lagi. 

SehatQ

signature-desy

You may also like

40 Comments

  1. jadi semakin mudah dan terbantu ya sekarang, misal belum punya c ukup waktu untuk langsung ke dokter, kita bisa konsultasi via applikasi sehatq dulu, pas janjian ketemu pun wakrunya juga sudah di tetapkan, jadi ga perlu ke rs buat ambil nomer antrian hehe

  2. Setuju banget mba Des, aku juga paling malas berobat ke dokter ituh ngantrinya lama banget pernah aku antri dari jam 11 dipanggil dokter jam 17.30 dong kebayang anakku lagi sakit rewelnya minta ampun kudu nunggu juga lama emosi pisan da aku mb wkwkw..untunglah ada inovasi baru sehatq yah bantubnagte aku udha cobain fitur chat dokternya

    1. Asyik banget ya pake aplikasi Sehatq ini mbak, janjian ama dokter gak perlu antri lama. Cukup chatingan di aplikasi atau websitenya bikin janji, beres deh. Makin simpel aja hidup di era canggih seperti sekarang ini

  3. layanan booking dokternya tuh yg jd favorit di sehatQ. tau sendiri kalau antre biasa kan lamaaaaa. datanh sejam lebih aeal dr jam praktek, itupun masih dapat nomor belakang. huft. kalau praktis begini kan enak, pesan via sehatQ ajah

  4. Inovasi dari sehatQ ini membantu bgt mbaak. Aku juga pakai untuk booking dokter waktu itu pas ayahku mau kontrol pasca operasi. Dan cek jadwal dokternya juga bisa. Membantu bgt

  5. seneng deh jaman sekarang segala sesuatunya udah sangat mudah yaa, apalagi semenkak ada konsultasi dokter secara online ini, makin gampang jadinya hehehe

  6. kemajuan teknologi mempermudah semuanya ya, mau konsultasi ke dokter bisa cukup instal aplikasi ini tentu saja menghemat waktu dan biaya dan tenaga juga, semuanya serba online, good job SehatQ

  7. udah bukan hal yang gak mungkin lagi ya konsul secara online begitu. dan hebatnya lagi dokternya mau tetap melayani ya. padahal dokter mah biasanya dah sibuk banget di instansi dan praktek di rumah. berkat sehatQ nih

  8. Enak ya kalau bisa konsul secara online jd gak panik duluan, tau apa yg mesti diperbuat terlebih dulu. Kalau aku seringnya pakai sehatq buat janji temu hehe krn aplikasi dr RS langganan sering error

  9. Baru tahu saya mbak aplikasi sehatQ bisa langsung chat dengan dokter ya. Membantu banget inj ya kalau las anak sakit, penangannya di rumah atau konsultasi sakita yang lain sbeelum tindakan di RS.
    Unduh aplikasinya ah

  10. Nah, inovasi baru nih di bidang kesehatan. Senang ya ada SehatQ gini yang memungkinkan kita berkonsultasi dengan dokter secara langsung via aplikasi. Bahkan bisa booking dokter juga bilamana diperlukan.

  11. Wah keren banget ya satu akun bisa sekalian buat anggota keluarga yang lain dan detail juga informasi yang harus kita kasih. Apalagi dokternya gercep banget ya bales nya.

  12. Wah, aplikasi ini bisa membantu banget! Aku tuh kalau anak sakit kadang suka kalut ya, panik sendiri, kalau pakai aplikasi SehatQ ini bisa konsul langsung dengan tim medis dan bisa dapat penanganan yang sesuai. Cobain ah, mau tau di Depok udah kerjasama dengan klinik & rs apa aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *