Aplikasi SehatQ, Konsultasi Dokter Secara Online

Dulu ketika kakak Naeema sakit sementara saya masih harus bekerja, saya suka berandai-andai  “seandainya saja bisa konsultasi dokter secara online”. Bagi seorang ibu, mengetahui anaknya panas atau tiba- tiba flu dan batuk sampai membuat tidurnya ngga nyaman pasti membuat gundah gulana. 

Biasanya saya menunggu selama tiga hari dulu untuk masa observasi di rumah, jika masih panas atau kondisinya masih mengkhawatirkan biasanya baru saya konsultasi ke dokter. Tapi terkadang ada saja indikasi sakit yang perlu ditangani segera seperti batuk  atau flu, saya suka bingung mau kasih obat apa, khawatir obat yang saya kasih kurang tepat. Membayangkannya saja saya sudah serem ya….meskipun sebenarnya saya lebih suka memberi obat herbal terlebih dahulu, tapi ada kalanya perlu juga obat rekomendasi dari dokter jika obat herbal tidak cukup. 

Berobat ke dokter anak cuma untuk batuk itu rasanya menguras energi. Tau sendiri kan antrinya bisa berjam-jam. Sakitnya batuk tapi karena kelamaan di rumah sakit bisa jadi terinfeksi banyak virus, duh bikin parno deh. Itulah sebabnya saya suka menghayal punya dokter yang menerima konsultasi online. Tapi karena belum ada fasilitasnya, ya dijalani saja berobat ke Rumah Sakit, berobatnya cuma 5 menit tapi antrinya sampai 1,5 jam belum termasuk antri obat. Demi si buah hati dijalani saja. 

Sedangkan saya sendiri termasuk orang yang malas banget berobat ke dokter, karena antriannya membuat badan yang sakit jadi tambah sakit. Atau bingung mau berobat ke dokter spesialis apa, kemana dan dimana. Hmm sebenarnya sih itu cuma alasan karena malas antri aja hehehe. 

Aplikasi SehatQ

Rabu (25/9) lalu saya diundang untuk hadir di acara Grand Launching Aplikasi SehatQ yang diadakan di Sinarmas Tower, Thamrin Jakarta. Pertama kali kenal SehatQ beberapa bulan lalu melalui websitenya. Artikel-artikel yang ada di SehatQ cukup membantu jika ada kondisi medis yang sedang saya ingin tahu. Membantu kita jadi lebih paham akan kondisi yang kita hadapi. 

Di acara Grand Launching siang itu hadir sebagai narasumber adalah Tara Budiman (public figure), dr. Audi Antawijaya (CMO Bamed Health Care Group) dan Linda Wijaya (Founder & CEO SehatQ). Setiap narasumber memiliki permasalahan yang sama dalam menangani kesehatan keluarga. 

Latar belakang Mba Linda Wijaya mendirikan SehatQ berawal dari perannya sebagai seorang Ibu. Dimana dirinya secara tidak langsung harus paham bagaimana menangani permasalahan kesehatan keluarga terutama anak-anak. Dia harus bisa mencari informasi tentang gejala yang timbul dari sumber yang terpercaya jika ada anak-anaknya yang sakit. Dan apa saja yang harus dilakukan jika sudah mendapat informasi yang dibutuhkan. 

Grand Launching SehatQ

Bagaimana dengan Tara Budiman? Seperti yang kita ketahui dia adalah seorang public figure dengan mobilitas yang cukup tinggi. Ada kondisi dimana dia merasa kurang fit dan perlu berkonsultasi dengan dokter untuk meminta rekomendasi obat atau vitamin untuk menangani kondisinya itu. Apalagi jika hal itu terjadi di luar negeri, kalau berkonsultasi dengan dokter lokal khawatir ada kendala bahasa yang bisa bikin tambah stress. Itulah sebabnya Tara merasa perlu punya koneksi dokter di Indonesia yang bisa dihubungi secara online. 

Apa yang dialami Mba Linda Wijaya, dr Audi dan Tara  tentu saja dialami oleh banyak orang diluar sana, Saya pun sebisa mungkin mencari tau informasi-informasi terkait dengan yang saya alami.  Sehingga ketika berkonsultasi ke dokter secara langsung bisa lebih lengkap lagi informasinya. 

Grand Launching Aplikasi SehatQ, Konsultasi Dokter Secara Online

Konsultasi Dokter Secara Online di Aplikasi SehatQ

Perkenalan saya dengan SehatQ sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu berupa website. Kunjungan saya ke website SehatQ sekedar membaca artikel seputar kesehatan. Baru kemarin itu saya tau kalau SehatQ membuat aplikasi yang bisa di unduh di playstore maupun di apple store. Otomatis saya unduh dong, soalnya bermanfaat banget. SehatQ, sehat dalam genggaman deh pokoknya.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi SehatQ, yaitu: 

  1. Pencarian informasi tentang kesehatan, penyakit dan tips.
  2. Chat dengan dokter (konsultasi dokter online) secara realtime.
  3. Layanan booking dokter online jika hendak berobat ke rumah sakit atau klinik. 

Konsultasi Dokter Secara Online

 

Baca Juga: Kunyit, Obat Herbal

Beberapa hal yang menurut saya merupakan kelebihan dari SehatQ, yaitu: 

  1. Dalam satu akun, kita bisa memasukkan data-data keluarga kita. Jadi bisa berkonsultasi mewakili mereka.
  2. Ketika hendak berkonsultasi secara online di Fitur Chat Dokter, kita harus selalu memasukkan data tinggi dan berat badan, usia dan keluhannya. 
  3. Chat dokter benar-benar dijawab realtime oleh tim dokter SehatQ. Hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk dibalas oleh dokter.
  4. Informasi promo pemeriksaan kesehatan.

Sayangnya di Tangerang tempat tinggal saya, SehatQ belum bekerjasama dengan Rumah Sakit langganan nih. Semoga saja segera ya, supaya bisa booking melalui aplikasi. Tanpa harus buka buang-buang pulsa untuk telpon kesana. Tapi saya belum tau nih bagaimana sistem pembelian obat di sana, apakah harus ke apotik langsung dan hanya membawa resep dari dokter SehatQ atau bagaimana. Nanti saya coba cek lagi ya, alhamdulillah saat ini belum ada kebutuhan membeli obat. 

Kesimpulannya saya senang sekali dengan adanya aplikasi SehatQ, jadi bisa lebih multitasking. Ngga perlu galau kalau mau cari informasi kesehatan, atau sekedar konsultasi dokter online yang bisa ditanya-tanya soal gangguan kesehatan, gejala yang dialami dan informasi tentang obat-obat yang harus dikonsumsi. Meski berkonsultasi secara online, dokter juga tetap bisa memberikan resep loh. 

ios-android

Baiklah, sampai bertemu di artikel informasi yang lainnya ya. Mudah-mudahan keluarga kita semua selalu sehat. Tapi ngga ada salahnya untuk selalu baca-baca artikel di SehatQ untuk menambah pengetahuan, agar sehat dalam genggaman kita. Jangan lupa unduh aplikasi SehatQ di handphone kamu ya.Sampai jumpa lagi. 

SehatQ

signature-desy