Mata Kering Mengganggu? Atasi Dengan Insto Dry Eyes Aja!

Mata Perih, Mata Pegel, Mata Sepet

Permasalahan mata saya sejak remaja adalah mata kering. Jika keluar rumah dan mata saya terpapar sinar matahari pasti langsung terasa perih. Belum lagi kalau ditambah dengan debu dan asap, bisa-bisa sepanjang jalan hanya bisa menunduk untuk melindungi penglihatan saya. Dulu saya berpikir kondisi ini disebabkan karena mata minus, tapi kenyataannya ketika sudah menggunakan alat bantu kacamata tetap saja kondisi itu tidak berubah.

Ketika saya mulai bekerja dan banyak berada diruangan ber-AC saya mengira permasalahan mata saya akan berkurang. Soalnya akan jarang terpapar dengan sinar matahari. Tapi kenyataannya berada di ruangan ber-AC juga membuat mata sepet dan perih. Kondisi ini juga diperparah dengan aktivitas saya di kantor yang harus berdiam diri didepan komputer. Oh My, sungguh ngga nyaman dan membuat saya suka gagal fokus. 

Gejala Mata Kering 

Setelah saya baca-baca, ternyata kondisi yang saya alami ini merupakan gejala dari sindrom mata kering (dry eye syndrome). Dikutip dari website Jakarta Eye Center (JEC) sindrom mata kering ini adalah kondisi dimana tear film tidak stabil dari segi kualitas dan jumlah sehingga kehilangan kemampuan untuk melindungi permukaan mata. Hal ini menyebabkan kondisi produksi air mata pun jadi menurun. 

Ternyata kasus mata kering dialami oleh banyak orang. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, hampir 50% warganya yang berusia 18 tahun ke atas mengalami gejala mata kering ini. 

Apa saja sih gejala mata kering itu? Ada beberapa kondisi yang biasa dikeluhkan dan itu merupakan gejala dari mata kering, yaitu:

  • Mata terasa perih dan nyeri
  • Mata merasa gatal tak berkesudahan
  • Mata terasa pegel dan sepet
  • Mata sering mengeluarkan kotoran
  • Mata memerah
  • Sensitif terhadap cahaya 
  • Pandangan kabur dan tidak fokus
  • Sensasi mata seperti berpasir di dalam bola mata
  • Lebih mudah berair

Mendapati informasi seperti itu saya kemudian tambah yakin bahwa saya memang mengalami yang namanya iritasi mata kering. Karena jika saya ingat-ingat lagi kondisi atau gejala di atas itu sering saya alami secara random. Rasanya memang tidak nyaman dan membuat saya tidak fokus dalam beraktivitas.  

Penyebab Munculnya Gejala Mata Kering

Ternyata banyak sekali aktivitas kita sehari-hari yang bisa menyebabkan munculnya gejala mata kering menjadi semakin parah. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa membuat mata kita jadi kering, yaitu:

  • Berada di depan gadget atau komputer selama berjam-jam tanpa jeda.
  • Berada di lingkungan yang panas, berdebu dan berasap.
  • Berada di daerah yang dingin (seperti ruangan ber-AC) dan berangin.
  • Membaca buku terus menerus tanpa jeda. 
  • Penggunaan kontak lens.
  • Merokok, dan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.

Bekerja

Ada yang akrab dengan kondisi-kondisi diatas kah? Pasti kita selalu bersinggungan ya dengan kondisi itu. Saya sendiri memiliki pekerjaan yang mayoritas menuntut saya berada didepan komputer dan gadget. Mayoritas aktivitas saya dilakukan di dalam ruangan ber-AC. Jadi kondisi maya kering tidak bisa saya hindari. Sampai mengganggu banget sih seperti saya remaja dulu sih engga ya, kondisi saya masih tergolong ringan. Tapi kondisi mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah tetap saja harus saya tangani kan. 

Pakai Insto Dry Eyes

Sudah kenal dengan Insto? Saya sendiri sudah akrab dengan Insto sejak remaja dulu. Setiap kali merasa mata saya sepet atau perih, saya selalu meneteskan insto di mata saya masing-masing 2 tetes, pokoknya sesuai dengan petunjuk penggunaan yang saya baca pada kemasan. 

Insto

Kenapa insto? 

Dalam kemasan 7,5 ml Insto Dry Eyes mengandung zat Hidroxyprophylmethyl selulose sebanyak 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride sebanyak 0.1 mg, yang digunakan untuk mengatasi gejala pada mata kering. Zat tersebut memberikan efek pelumas seperti air mata. Itulah sebabnya Insto Dry Eyes ini bisa mengatasi gejala mata kering yang ringan. 

Obat Tetes Mata

Baca Juga: Mengatasi Luka Bakar

Penggunaan Insto Dry Eyes ini juga terbatas, hanya bisa 3 kali dalam sehari. Dengan kadar pemakaian 1-2 tetes untuk masing-masing mata. Oh iya, jangan lupa cuci tangan dulu sebelum menggunakan obat tetes mata ini, supaya mata kita yang kering tidak terpapar tangan kita yang kotor yang bisa membuat kondisinya bertambah parah. 

Solusi Mata Kering

Selain itu jika kita terlalu fokus akan satu pekerjaan misalnya membaca buku atau bekerja didepan komputer sebaiknya kita ambil jeda beberapa menit jika dirasa sudah terlalu lama fokus di aktivitas tersebut. Tujuan nya untuk mengistirahatkan mata terlebih dahulu. Dan jika kondisi ini masih dirasa mengganggu setelah menggunakan obat tetes ini, sebaiknya sih konsultasikan ke dokter mata ya. Itu berarti sudah butuh pendapat dari yang ahli alias dokter mata. 

Ingat dengan istilah mata adalah jendela dunia? Jadi sebisa mungkin yuk, kita jaga kesehatan mata kita. Salam sehat selalu. 

signature-desy

You may also like

21 Comments

  1. Pekerja macam kita gini deh ya ceu yang gampang terkena gejala mata kering ya. Setelah ngurus rumah selesai kadang me time main handphone, terus urusan konten pun membuat kita memandangi layar handphone dan laptop ya.

  2. Ak sering bgt nih kena mata kering dan seringnya mata jadi gatal gatal , mgkn keseringan pake gadget dn laptop kali ya. Harus sedia insto nih

  3. aku banget suka kering matanya huhu sedih jadi suka perih gt kalau lg dpn laptop apalagi duhhh. cocok nih aku bakal sedia ini ahhhh dikamar

  4. iya mbak, mata kalau udah kering buat mengerjap aja perihhh banget. alhamdulillah ada insto ya mbak, membantu banget mengatasi mata yang terlanjur kering. Tipsnya juga oke banget, sebelum kejadian, lebih baik ada jam-jam istirahat agar mata bisa istirahat dengan baik.

  5. Insto dry eyes ini andalanku banget, kalau habis naik motor pasti mata perih, langsung tetes insto. Pas ngebut ngetik ngejar deadline juga insto ngga boleh ketinggalan

  6. andalanku pas kuliah dulu.. skr juga masih sih, tp ga sesering pake pas masih kuliah :D… secara yaaa zaman dulu mah ngadepin laptop mulu , ngerjain assignment, bikin tugas, blm lagi pas Tugas akhir :D.. kayaknya laptop jd temen dari pagi sampe ketemu pagi.. mata biasa merah deh, pedih kurng tidur… makanya slalu sedia insto aku mba… enaknya insto krn dingin dan ga pedih di mata.. trus efeknya cepet banget.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *