Tips Memilih Pakaian Untuk Anak

Kali ini saya mau berbagi tentang tips memilih pakaian anak nih. Karena kenyamanan ketika si kecil mengenakan baju biasanya akan berpengaruh pada mood nya saat itu. 

Sudah setahun lebih saya tidak membeli baju untuk anak-anak, khususnya Shanum. Karena aktivitas lebih banyak dilakukan dirumah jadi pakaian yang dipakai lebih banyak baju rumah yang adem, seperti daster, kaos dan celana pendek. Baju yang dipakai pun bisa dibilang yang itu-itu aja. Tidak banyak variasi karena habis dipakai, dicuci, kering trus pakai lagi. Muter aja gitu terus sampai bosan saya melihatnya. 

Sampai suatu hari saya merasa perlu memutar baju-baju di lemari supaya tidak mubazir. Entah feeling atau gimana, ternyata baju yang banyak di lemari sudah sempit semua. Beberapa memang ada baju ukuran anak dua tahun, sudah jelas ini ngga cukup lagi buat Shanum, beberapa lagi masih cukup hanya saja mungkin panjangnya yang sudah tidak lagi sama, seperti menyusut padahal badan Shanum yang meninggi. 

Memilih Pakaian Yang Nyaman Untuk Anak

Pertumbuhan badan Shanum cukup unik, dua tahun lalu saya sempat membeli baju untuk anak usia 5 tahun (ini menurut informasi ukuran penjual ya) harusnya sekarang masih bisa dipakai karena usianya baru masuk 4 tahun, tapi, nyatanya tidak demikian. Baju-baju itu sudah mulai ngatung, tampaknya Shanum tumbuhnya memang keatas, hihi kaya iklan aja. 

Tips Memilih Pakaian Anak

Dalam memilih pakaian untuk anak saya cukup detail. Karena saya ngga mau baju yang sudah dibeli membuat anak tidak nyaman bahkan sampai membuat dia bad mood. Ujung-ujungnya pakaian itu ga mau dipakai lagi deh, kan sayang yah. 

Ada beberapa tips yang biasa saya terapkan dalam memilih pakaian anak, seperti:

Infografis-tips memilih pakaian anak
  1. Bahan pakaian. Pilih bahan pakaian yang lembut dan mudah menyerap keringat. Biasanya bahan katun combed atau bahan katun bambu yang menjadi andalan. Bahan pakaian yang dipilih juga harus disesuaikan dengan suasana dan cuaca. Misalnya bahan yang tipis seperti: katun dan jersey bisa digunakan saat cuaca sedang panas), sedangkan bahan yang agak tebal  seperti: wool, sweater, drill, corduroy bisa digunakan jika cuaca sedang dingin.
  2. Ukuran. Pilih ukuran baju anak sesuai dengan badan atau usia anak. Boleh saja ukurannya 1-2 nomor lebih besar jika cutting bajunya masih terlihat tidak terlalu jauh ukurannya, misalnya di ketiak atau di bagian selangkangan.
  3. Model Pakaian. Sebaiknya pilih model pakaian yang sesuai dengan usia anak-anak. Hindari pakaian dengan detail terlalu banyak, karena bisa membuat si kecil jadi ngga nyaman mengenakannya. 
  4. Warna. Pilih warna-warna yang netral, atau warna pastel. Jika ingin hendak memilih warna yang ceria sebaiknya tidak memilih warna yang terlalu mencolok. 
  5. Pakaian Segala Suasana. Memilih pakaian yang bisa digunakan sehari-hari bisa dikatakan lebih aman dan nyaman untuk si kecil yang lagi memasuki masa aktif.
  6. Harga. Mahal atau murah itu relatif, yang penting beberapa poin diatas bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih pakaian untuk anak.

Saya sendiri biasanya lebih banyak memilih baju yang temanya casual namun modelnya tetap manis dan cute untuk anak seusianya. Untuk hijab biasanya saya pilih kan bahan yang ringan dan menyerap keringat supaya dia nyaman saat menggunakannya bahkan di siang hari. 

Baca Juga: Cara Memilih Bra Menyusui Yang Tepat

Babyshop Indonesia di Lippo Mall Puri

Untuk memenuhi kebutuhan pakaian Shanum kali ini saya pergi ke Babyshop Indonesia yang baru saja membuka outletnya yang ke 4 di Lippo Mall Puri lantai UG. Outletnya luas dan tentu saja menerapkan protokol kesehatan.

Area Gerai Yang Luas di Babyshop Indonesia
Area Gerai Yang Luas di Babyshop Indonesia

Babyshop merupakan gerai yang menjual segala kebutuhan bayi dan anak-anak hingga usia 10 tahun. Gerai ini sudah berdiri sejak 1973 dengan lokasi gerai pertama di Bahrain, Timur Tengah. Babyshop merupakan lini bisnis terbesar dari Group Landmark untuk retailer non-makanan di Timur Tengah, Afrika, India dengan berpusat di Dubai. Hingga kini Babyshop sudah memiliki 225 gerai secara global.

Di Asia Tenggara sendiri, Babyshop pertama kali membuka gerainya di Malaysia pada tahun 2018. D tahun 2019 dan 2020, Babyshop sudah menerima penghargaan “Best Mother & Baby Store” oleh Majalah Parenthood. Suatu prestasi yang luar biasa, bukan?. Dalam kurun waktu dua tahun Babyshop sudah membuka 11 gerainya di Asia Tenggara. 

Berbagai Macam Kebutuhan Bayi
Berbagai Macam Kebutuhan Bayi

Sementara itu Juli 2020 merupakan awal bagi Babyshop menjajaki pasar Indonesia. Sampai dengan saat ini Babyshop sudah membuka 4 gerainya yaitu di Pakuwon Mall Surabaya, Mall Kelapa Gading, Paris Van Java Bandung dan Lippo Mall Puri Jakarta. Dan masih ada beberapa outlet lagi yang akan dibuka di Jabodetabek. 

Karena baru opening tentu saja tidak lengkap kalo tidak ada promo. Ada diskon 25 % loh untuk lebih jelasnya bisa langsung aja ke Lippo Mall Puri ya. 

Review Belanja di Babsyhop

Sesuai dengan klaimnya Babyshop Indonesia memiliki banyak produk yang bisa memenuhi kebutuhan bayi dan anak-anak hingga usia 10 tahun. Dari mulai bedding set, box bayi, botol menyusui, mainan anak-anak, aksesoris, baju casual, dan baju pesta lengkap ada disini. Meskipun brand yang masuk belum begitu banyak untuk stroller dan box bayi, karena memang baru opening tapi variasi modelnya sudah cukup mewakili kok. 

Babyshop Indonesia Lippo Mall Puri
Ketika Shanum Gagal Fokus Sama Mainan Bayi-Bayian

Saya paling suka dengan produk-produk yang dibundling. Misalnya legging dapat 2 potong, sleeping wear juga demikian. Jadi lebih ekonomis gitu, maklum ibu-ibu efisien hehehe. Selain itu bahan pakaiannya pun nyaman dan lembut sehingga sesuai dengan kriteria saya nih. Harga juga relatif ya, masih cukup terjangkau. Dan saya banyak menemukan pakaian yang memang cocok dengan style saya dalam memilihkan baju untuk Shanum. 

Kesimpulannya saya akan kembali lagi kesini karena masuk kedalam kriteria yang saya tuangkan dalam tips memilih pakaian untuk anak yang sudah saya share diatas. Dan semoga akan banyak promo-promo menarik lainnya ya. Untuk informasi lebih lengkap soal Babyshop Indonesia bisa cek ke instagramnya ya.


signature-desy