Tips #HappyEveryday Untuk Ibu Menyusui

#WRPEveryday, #NgemilFRUITBAReng, Cemilan Sehat, Snack Sehat, Cemilan Ibu Menyusui, Snack Diet, Snack WRP, Fashion Blogger

6 bulan paska melahirkan akhirnya saya berhasil menjadi ibu menyusui dan memberikan ASI Eksklusif pada Shanum. Selama 6 bulan memberikan ASIX bisa dibilang bukan perjalanan yang mudah meskipun kali ini saya sudah tidak bekerja tapi drama pasti selalu ada. Misalnya pada awal Shanum lahir ASI saya belum berproduksi dengan baik, sehingga masih diberikan vitamin pelancar ASI sampai 1 bulan paska melahirkan. 2 hari melahirkan sudah harus dipompa supaya Shanum tetap bisa minum ASI selama di bluelight. Ketika sudah pulang dirumah, perubahan ritme, bayi kholik sungguh benar-benar menguras energi. Sungguh saya mengalami baby blues kala itu. Meskipun sudah diantisipasi tapi ternyata baby blues tetap mampir hehehe.

Dari yang sering saya baca bahwa ibu menyusui itu harus menjaga emosinya supaya produktifitas ASI tetap lancar. Ternyata itu benar saudara-saudara…..kesibukan mengurus bayi, rumah tangga , belum lagi berusaha tetap membagi perhatian dengan Si Kaka membuat keseharian sebagai ibu menyusui tidak semudah membaca artikel tengang menyusui itu sendiri. Kegiatan sehari-hari dan tidak punya waktu untuk diri sendiri bahkan sekedar Me Time di kamar mandi selama 10 menit saja menimbulkan rasa exhausted dan akhirnya membuat emosi ngga stabil. Kalau sudah begini sindrom baby blues datang deh, efeknya jadi kemana-mana, seperti: mudah marah, terlalu sensitif, stress, dan berujung produksi ASI menurun.

Baca Juga: Asip Pertama Shanum

Sambil mengobservasi dan melakukan beberapa cara untuk meningkatkan mood saat sedang menurun biasanya saya melakukan hal-hal yang sangat simple dirumah. Iya…dirumah karena ngga ada asisten jadi kebanyakan aktifitas saya ya dirumah aja. Kegiatan yang biasa saya lakukan dirumah adalah:

  • Mandi pagi. Setelah bangun tidur malam dan hendak solat subuh biasanya saya langsung mandi dulu. Lumayan bisa mandi dengan tenang, karena biasanya Shanum juga masih nyenyak pada jam tersebut. Jangan lupa cuci rambut juga biar tambah segar.
  • Dress Up. Yang dimaksud dress up disini bukan pakaian untuk pergi ya. Pilih aka pakaian yang tetap nyaman untuk dikenakan dirumah, asal jangan pakai daster deh. Karena mengganti pakaian rumah seperti atasan bawahan yang bukan daster berpengaruh juga untuk menaikkan mood. Kalau saya aji mumpung pakai baju-baju yang ngga bisa saya pakai keluar, T-Shirt dan Celana yang adem-adem ala generasi milenial misalnya.
#WRPEveryday, #NgemilFRUITBAReng, Cemilan Sehat, Snack Sehat, Cemilan Ibu Menyusui, Snack Diet, Snack WRP, Fashion Blogger
Begini aja bisa bikin happy
  • Make Up No Make Up. Nah….karena sayang make up yang ada ga kepakai karena jarang keluar rumah, kadang saya pakai dirumah juga. Setelah pakai skin care rutin pakai aja maskara sedikit dan lip care. Udah lumayan tuh bikin aura sedikit berbeda. Kalau males pakai make up ya cukup skin care aja, tp jangan lupa lip care juga ya.
  • Memakai parfum. Karena saya suka wangi-wangi, memakai parfum dirumah juga bikin percaya diri kalo didepan suami. Jadi ga bau ASI banget gitu.
  • Snacking. Saya suka banget ngemil coklat. Tapi sekarang harus dikurangi karena khawatir Shanum ada kecenderungan alergi dengan dairy product. Tapi kalo ngga ngemil bisa bikin lemes juga shay….akhirnya saya beralih ke ngemil-ngemil yang berfaedah, seperti buah-buahan dan makanan yang banyak mengandung serat dan sedikit kalori agar bisa sekaligus menambah kualitas ASI juga.

Baca Juga: Make Up No Make Up

Oh iya membahas tentang snack yang sehat dan bikin #HappyEveryday, beberapa waktu yang lalu saya berkenalan dengan cemilan dari Nutrifood WRP yaitu WRP Fruit Bar. Snack ini selain memiliki kandungan serat tinggi, juga mengandung coklat dan potongan buah apricot dan raisin. Ternyata Apricot dan Raisin itu memberikan efek bahagia loh, saya baru tau. Cemilan ini cocok dengan kebutuhan saya yang suka ngemil namun ingin berat badan tetap stabil bahkan cenderung ingin turun.

#WRPEveryday, #NgemilFRUITBAReng, Cemilan Sehat, Snack Sehat, Cemilan Ibu Menyusui, Snack Diet, Snack WRP, Fashion Blogger
WRP Fruit Bar

Fruit Bar ini rasanya manis tidak berlebihan, cracker gandumnya juga crispy, ada lapisan coklat dibagian bawah tapi tidak banyak dan manisnya pas, tidak keras dan tidak terlalu padat dibanding dengan snack serupa lainnya. WRP Fruit Bar ini rendah kalori (80 Kkal/saji) namun juga kaya nutrisi dimana didalam cemilan ini mengandung 8 jenis vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B9, B12, C dan E) dan 2 mineral (mineral zat besi dan magnesium). Jadi ngga perlu was-was cemilannya membuat gemuk, dan mood akan tetap terkendali.

 

#WRPEveryday, #NgemilFRUITBAReng, Cemilan Sehat, Snack Sehat, Cemilan Ibu Menyusui, Snack Diet, Snack WRP, Fashion Blogger
#NgemilFRUITBAReng

Oh iya, fruit bar bukanlah pengganti makanan utama, jika ingin mengurangi porsi makan bisa dengan WRP Everyday Low Fat Milk. WRP Everyday Low Fat Milk yang dikonsumsi sebagai pada saat sarapan, makan siang atau makan malam. Susu low fat ini memiliki 2 varian rasa yaitu coklat dan vanila. Tapi sementara ini saya belum mengkonsumsi susu low fat ini. Masih sebatas mengganti cemilan sehat saja supaya menjaga produksi ASI tetap stabil karena masih punya tujuan untuk bisa menyusui sampai dengan 2 tahun. Informasi lebih detail bisa di cek ke website WRP Everyday.

Kembali ke soal membahagiakan diri sendiri bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dan rasanya itu penting dan murah meriah. Dengan melakukan hal-hal diatas tadi alhamdulillah bisa merubah mood saya menjadi bahagia loh. Meskipun mungkin ada masalah lain yang mungkin belum terselesaikan, tapi kita paling tidak kita bisa menghadapinya dengan lebih baik.

Jadi kapan kita #NgemilFRUITBAReng??.

signature-desy

You may also like

10 Comments

  1. Kemarin aku baca tentang susu anak. Disarankan memang kasih asi sampai 2 tahun, setelahnya pake susu UHT. So bye bye sama susu bubuk dan welcome WRP. Body mama ttp kece, nutrisi juga terpenuhi hihihi. Semua senang.

  2. Huwaaa… blom balik BB nii.. br turun 8kg T_T. pengen doong kyk mba desy :*
    Di awal masa menyusui itu emang cape banget ya.. banyak yg bilang nyuruh istirahat tp realitanya mah boro-boro bisa istirahat xD. Wkwkwkw

  3. Oh Mba Dessy udah ngga kerja kantoran lagi toh.. hehe duh iya nih aku juga ga kebayang ntar anak kedua ga ada pengasuh dan sambil ngurus baby pengennya bisa full asi, pas anak pertama aku masih gampang nyerah soalnya hehe.. iya betul yang penting juga banyakin ngemil berfaedah salah 1 contohnya ngemil Fruit Bar ! hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *