Mengenal Keindahan Jepang Melalui NHK Japan

NHK Japan, Wisata Jepang, DomoNHK, Domo, Boneka Domo, NHK world, NHK World Japan

NHK Japan, Wisata Jepang, DomoNHK, Domo, Boneka Domo, NHK world, NHK World Japan

Siapa sih yang tidak suka dengan Jepang. Dari kecil kita sudah disuguhkan dengan tontonan film kartun Jepang mulai dari Doraemon, Candy-Candy, Saint Seiya, dan masih banyak lagi film kartun lainnya. Ditambah lagi menjelang remaja saya juga suka nonton film Oshin dan Tokyo Love Story yang saat itu benar-benar happening banget. Ditambah dengan komik-komik manga yang saya koleksi sejak kecil (koleksi-koleksi itu hanya tinggal kenangan karena secara tidak sengaja dibuang oleh mama, huhuhu…..) membuat saya semakin dekat dengan Jepang.

Jepang menjadi semakin populer dikala ada kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Jepang dengan pemerintah Indonesia untuk melakukan pembebasan visa bagi Warga negara indonesia (WNI) yang memiliki e-pasport. Nah….semakin tertarik kan untuk mengeksorasi negara bunga sakura itu. Mengunjungi Negara Jepang juga merupakan wishlist saya loh. Kapan ya….? Harus nabung…nabung dan nabung nih.

Sambil menunggu tabungan saya cukup untuk bisa travelling ke Jepang, dari dulu sampai sekarang saya paling seneng membaca hal-hal yang berhubungan dengan negara tersebut. Selain untuk  berkhayal (yes, i am dreamer) juga untuk menambah pengetahuan saya loh tentang Jepang.

Informasi yang saya dapatkan tentang Jepang biasanya saya dapatkan dari internet. Biasanya seputar daerah-daerah wisata atau gaya hidup perkotaan yang mana itu sudah biasa banget, tapi tetap menarik untuk dilihat. Padahal kalau saya melihat foto-foto para travelling blogger seringkali mereka mengunjungi tempat-tempat yang lebih orisinil dalam arti lebih tradisional. Lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari warga Jepang sehingga bisa lebih eksplorasi dan terasa berkunjung ke Jepangnya.

NHK World, NHK World Japan, Domonhk, Domo, Jepang, Japan, Streaming

Kebetulan, Perusahaan Televisi Nasional Jepang yaitu NHK Japan sudah bisa kita nikmati siarannya dari tanah air. NHK adalah kepanjangan dari Nippon Hoso Kyokai, merupakan perusahaan broadcasting yang cukup tua loh ternyata. Berdasarkan informasi yang saya baca dari wikipedia (tanggal akses 29 September 2016) pertama kali NHK di luncurkan berupa siaran radio pada tahun 1925, baru kemudian diluncurkan siaran televisinya pada tahun 1953. Waah….jangan-jangan NHK dulu juga termasuk salah satu stasiun yang menyiarkan kemerdakaan Indonesia ya.

NHK Japan memiliki 2 layanan dalam siarannya, yaitu NHK General TV dan NHK Education TV. Selain menyiarkan berita-berita lokal yang terjadi didalam negaranya, NHK Japan juga menyiarkan berita-berita internasional yang dikenal dengan NHK World. Jika tidak mengerti bahasa Jepang, tidak perlu khawatir karena bisa menikmati siaran NHK Japan di NHK World, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, jadi jangan khawatir gigit jari saat menonton siaran NHK World ya, hehehe. Di Indonesia sendiri siaran NHK World bisa dinikmati jika kita berlangganan TV kabel, seperti: First Media, Big TV,  Indovision, Okevision, dll. Atau jika kita memiliki jaringan internet yang cukup baik, bisa juga  menikmati siaran NHK World ini dengan cara streaming di nhk.jp/nhkworld.

NHK World, NHK World Japan, Domonhk, Domo, Jepang, Japan, Streaming
NHK World Japan

Jika sudah download aplikasinya, kita bisa menonton acara yang kita mau.  Bisa memilih yang sedang live saat itu atau yang recording. Meskipun mayoritas isinya adalah berita dan pengetahuan, disiaran NHK World ini kita juga bisa mengenal tentang makanan-makanan tradisional Jepang dari mulai sejarah, teknologi sampai dengan bagaimana memasaknya, juga tentang kehidupan dan budaya Jepang. Jadi kita bisa melihat kehidupan masyarakat asli bukan hanya gaya hidup modern nya saja.

NHK World, NHK World Japan, Domonhk, Domo, Jepang, Japan, Streaming
Program-Program NHK World Japan

Karena tv kabel langganan saya  belum kerjasama dengan NHK Japan, jadi solusi streaming melalui aplikasi sepertinya cocok buat saya. Iya, NHK World sudah ada aplikasi baik di Google Playstore maupun di App Store, untuk mendownloadnya tidak dikenakan biaya loh…..

Google Playstore, NHK Japan, App Store, NHK World Japan, Streaming

Meet Domo, The NHK Japan Mascot

Kemarin saya  window shopping ke Mall Kota Kasablanka, saya melihat ada stand nya NHK Japan disana. Dengan booth yang dominam berwarna merah tentu saja membuat saya ingin mampir, apalagi ternyata disana ada Domo setinggi 3,6 yang begitu menarik pandangan mata. Domo adalah maskot nya NHK Japan.

NHK World, NHK World Japan, Domonhk, Domo, Jepang, Japan, Streaming
Selfie Bareng Domo

Saya beberapa kali pernah melihat boneka Domo di tempat pembelian cinderamata jika melihat acara jalan-jalan televisi Jepang. Saya baru tahu kalau boneka itu bernama Domo dan merupakan maskot dari televisi nasional Jepang itu. Tetapi saya menilai karakter itu memang cukup terkenal disana, karena selalu ada disetiap sudut kota di Jepang.

Domo berasal dari kata Domo Koniciwa yang artinya “hai, hallo” atau “halo Domo”. Domo pertama kali muncul dalam rangka merayakan ulang tahun NHK  Japan tepatnya pada tanggal 22 Desember 1998. Pertama kali kemunculannya  berbentuk stop-motion sketches saja.

NHK World, NHK World Japan, Domonhk, Domo, Jepang, Japan, Streaming
Domo-Kun

Entah bagaimana prosesnya, lambat laun Domo menjadi terkenal. Bukan hanya sekedar maskot dari NHK Japan tetapi juga tokoh manga, video games dan internet yang sangat disukai di negara asalnya. Karakternya yang memberi keceriaan, membuat orang yang melihatnya juga ikut ceria.

Oh iya kembali lagi ke kunjungan saya ke booth nya NHK World Japan, saya tidak mau melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama Domo yang tidak bisa saya peluk karena terlalu besarnya. Dan ternyata jika kita sudah berfoto dan upload ke media sosial instagram maka kita bisa dapat stiker bergambar Domo yang lucuuuu…..

NHK World, NHK World Japan, Domonhk, Domo, Jepang, Japan, Streaming
Stiker Domo

Kamu mau berfoto bersama Domo juga seperti saya? Main aja ke Mall Kota Kasablanca karena booth NHK World Japan masih akan ada di sana sampai dengan tanggal 2 Oktober 2016. Lokasinya ada di lantai dasar, tepatnya didepan Sogo. Kamu bisa foto-foto, sekaligus mencari tahu tentang NHK World Japan kan….

Ditunggu foto eksist kamu bersama Domo ya ^_^



signature-desy

You may also like

31 Comments

  1. Nonton NHK ini baper kak! hahahha gue nonton lagi Tokyo Love Story dong, abis itu baper berat… Seneng bisa liat2 kebudayaan jepang di NHK & berharap bisa liat langsung cus ke Jepang #eeeaaa

  2. NHK ini channel favoritku banget. Aku selalu nonton NHK klo lg pulang ke rumah. Tapi kalau di Jkt gbs nonton NHK karna ga ada channelnya di kost. Huhu. Berita di NHK enak didengerin, ga lebay dan tendensius. Acara hiburannya jg bermanfaat. Btw aku suka tampilan blog Mba Dessy yg skrg, ketauan lama ga mampir *kabuur :p

  3. Aku suka dhn kebudayaan Jepang.. Seja SMP sdh sering denger radio NHK berbahasa Indonesia.. Pas SMA suka baca Majalah Halo Jepang terbitan Kefubes Jepang.. Gara2 baca majalah itu dpt sahabat pena namanua Yoko Murayama dari Okinawa.. Duh jadi inget dia.. Di manakah dia gerangam ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *