Mengenal Makanan Khas Bangka Bersama Oxone

Oxone, Peralatan Memasak, Demo Masak, Makanan Khas Bangka, Chef Eddrian Tjia,

Akhir-akhir ini saya lagi suka masak loh. Lagi rajin mencoba menu apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu yang mudah didapat dan familiar. Awalnya saya ga bisa masak, kalo masak paling yang sederhana aja seputar tumisan, lauknya paling digoreng. Udah ga kreatif kurang beragam ide mau masak apa, alhasil bosen sendiri. Tapi ya ternyata masak itu bukan keahlian yang instant loh…..ya iyalah mana ada yang instant langsung bisa dan jago. Setelah saya jalani dan rajin mengintip sosial media food blogger saya jadi terbiasa dengan kegiatan masak. Jadi ga suka jajan dan maunya masak aja, kemana aja ya. Lebih baik terlambat daripada ga sama sekali kan. Ketika saya diundang oleh C-Channel Indonesia untuk hadir di acara demo masak Oxone Home Made With Love bersama Chef Eddrian Tjhia saya pun antusias. 

Oxone, Peralatan Memasak, Demo Masak, Makanan Khas Bangka, Chef Eddrian Tjia,

Ternyata pilihan saya hadir malam itu tidak salah. Chef Eddrian Tjhia memperkenalkan masakanan khas Bangka yang didominasi dengan rasa asam nan segar. Saya sendiri belum pernah ke Bangka Belitung, kepingin banget kesana tapi belum rejeki euy. Rejekinya baru ngerasain makan makanannya dulu yang dimasak oleh orang Bangka Belitung asli. Malam itu Chef Eddrian juga memberikan hadiah terasi khas bangka belitung yang katanya terkenal sedap sekali. Chef Eddrian ternyata juga menjual terasi khas bangka, biasa ditawarkan ke restoran-restoran atau kerabat dekatnya. Jadi penasaran sama terasi khas bangka belitung itu jadinya.

Layaknya daerah kepulauan lainnya, Bangka Belitung juga memiliki makanan favorit yang mana didalamnya terdapat bahan dasar ikan. Pada dua resep yang akan dibuat Chef Eddrian ini bahan dasarnya adalah ikan tenggiri. Yang saya tau ikan tenggiri ini memang enak untuk dimakan dan favorit keluarga karena dagingnya banyak dan tulangnya besar-besar jadi lebih mudah memakannya.

Resep pertama yang dimasak Chef Eddrian adalah Lempah Kuning Nanas

Bahan isi:

Ikan Tenggiri

Nanas

Bahan Bumbu Halus:

-1 cm lengkuang

– ½ cm kunyit

– 6 siung bawang merah

– 1 siung bawang putih

– 3 cabe merah keriting

– 5 cabe rawit

– Terasi secukupnya

– Asem jawa secukupnya

– Gula dan Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Ikan tenggiri potong steam, taburi garam kemudian cuci bersih kembali
  2. Bumbu halus godok sampai mendidih
  3. Masukkan potongan nanas
  4. Tambahkan gula, garam dan asem jawa secukupnya
  5. Masukkan ikan tenggiri

Hidangan ini seger banget, dimakan dengan nasi hangat mantap deh. Kalau mau lebih pedas cabe rawit merahnya bisa di geprek dulu supaya lebih maknyos. Resep ini menurut saya mudah dan waktu masaknya juga sebentar. Kapan-kapan kalo dapat ikan tenggiri di tukang sayur insyaallah saya mau coba bikin juga dirumah.

Oxone, Peralatan Memasak, Demo Masak, Makanan Khas Bangka, Chef Eddrian Tjia,
Lempah Kuning Nanas, Makanan Khas Bangka

Resep kedua yang dimasak adalah Bujan Khas Bangka

Bahan-bahan:

  • 1,2 kg talas kemudian diserut
  • 200 gr ikan tenggiri ambil dagingnya saja
  • 200 gr tepung sagu
  • 100 gr tepung beras
  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 3 sendok makan tauco
  • Lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan talas dengan ikan tenggiri sampai rata
  2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, masukkan tauco, tepung sagu, tepung bera dan campur sampai kalis
  3. Bentuk bulat-bulat dengan menggunakan sendok
  4. Goreng sampai kecoklatan
  5. Hidangkan dengan menggunakan saus cuko atau saus sambal
Oxone, Peralatan Memasak, Demo Masak, Makanan Khas Bangka, Chef Eddrian Tjia,
Bujan Makanan Khas Bangka

Begitu diminta mencicipi saya habis dua potong dong. Kalau ga inget malu sepertinya ga bisa berhenti…..hihihi.

Baca Juga: Kesegaran Makanan di Hanamasa

Ada hal lain yang membuat saya gagal fokus, yaitu alat-alat masak yang digunakan oleh Chef Eddrian yang adalah produk baru dari Oxone yaitu Oxone Enameled Cast Iron Series. Oxone Enameled Cast Iron Series ini adalah produk inovasi baru dari Oxone. Dalam satu alat masak kita bisa gunakan untuk menumis, menggoreng, merebus, dan memanggang. Menurut Chef Eddrian yang sudah mencoba memasak menggunakan produk ini, panas dari produk ini merata dan tahan lama, masakan pun matang dengan sempurna. Karena Cast Iron Series terbuat dari baja dengan lapisan enamel yang berkualitas dan tahan lama.

Oxone, Peralatan Memasak, Demo Masak, Makanan Khas Bangka, Chef Eddrian Tjia,
Oxone Cast Iron Series

Oxone Enameled Cast Iron Series ini memiliki 5 jenis ukuran yang semuanya memiliki garansi seumur hidup, yaitu:

  • Square Grill Pan (OX-3028SQ)
  • Milk Pot with Lid (OX-3018RO)
  • 21,5 Round Pot (OX-3021RO)
  • 25,5 Round Pot (OX-3025RO)
  • Oval Casserole (OX-3030OV).

Penampakan Oxone Enameled Cast Iron Series ini emang keren-keren. Kelihatan kokohnya dan berat deh. Mau disajikan langsung setelah dimasak juga pantas aja loh.

Dan saya baru tau juga kalau ternyata Oxone juga punya slow juicer….hehehe iya norak banget deh. Di sesi terakhir Chef Eddrian yang saat ini memilih hidup lebih sehat dengan banyak memakan buah dan sayur membuat minuman segar dengan menggunakan Oxone New Master Slow Juicer. Ini berguna banget buat kamu yang males makan buah bisa diolah buah dan sayur ya dengan menggunakan slow juicer ini. Bikin juice tanpa perlu repot motong buah dan menghasilkan sari-sari buahnya saja tanpa ampas.

Oxone, Peralatan Memasak, Demo Masak, Makanan Khas Bangka, Chef Eddrian Tjia,
Oxone New Slow Juicer

Oxone New Master Slow Juice ini memiliki lubang tabung yang besar hingga bisa dimasuki satu apel tanpa dipotonh dulu. System reverse pin yang memudahkan proses pembilasan untuk pemerasan buah. Kecepatan putaran motornya sebesar 50 RPM membuat nutrisi vitamin yang terkandung didalam buah tidak hilang.

Baca Juga: Bincang-bincang yang lezat dan bernutrisi

Oxone ternyata adalah produk lokal yang menyediakan peralatan dapur dan rumah tangga yang berkualitas sejak 2011. Selain dua produk diatas Oxone memiliki banyak sekali variasi produk lainnya. Warna-warna yang cerah bisa mengubah mood kita yang memasak jadi semakin semangat loh. Eh jangan-jangan itu perasaan saya aja. Kalau mau lihat berbagai macam produk Oxone bisa dilihat online di website Oxone Indonesia atau secara offline di outlet Oxove di Emporium Pluit Mall, Mall Ciputra Jakarta, Giant Kalibata, Giant CBD Bintaro, Giant Bekasi dan pameran-pameran Oxone.

Semoga resep Chef Eddrian diatas bisa berguna buat buibu dan kaka-kaka sekalian ya. Cobain deh, seger dan enak loh apalagi ditambah nasi hangat, beuuh…..mantap. Kapan-kapan dishare lagi resep-resep sederhana lainnya. Makasih loh C-Channel udah ngajak saya belajar masak dari ahlinya.



signature-desy

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *