Bereksplorasi, Mitu Baby, Mitu Baby Antiseptic, Tumbuh Kembang Anak, Perkembangan Anak, Eksplorasi Anak, Bebas Kuman, Bereksplorasi

Selalu ada informasi berharga yang saya dapat dan harus saya sebarkan dari setiap acara blogger yang saya hadiri. Apalagi jika ini berhubungan dengan tumbuh kembang anak yang bisa menambah pengetahuan kita sebagai ibu. Meskipun mungkin banyak yang sudah tau, tapi ga ada salahnya saya ingatkan kembali, supaya lebih waspada lagi dan selalu dukung si kecil bereksplorasi.

Rabu, 9 Mei 2018 yang lalu saya hadir di acara Mitu Baby Blogger Gathering, narasumber siang itu ada dr. Herbowo Agung Soetomenggolo. SpA(K). Dokter Bowo panggilan akrab beliau mengingatkan kami yang hadir siang itu bahwa dari angka kematian bayi di Indonesia masih cukup tinggi. Ada 26 bayi yang meninggal dari 1000 kelahiran hidup, yang kematiannya rata-rata disebabkan oleh infeksi. Infeksi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya serangan dan perkembangbiakan mikroorganisme yang berasal dari dalam tubuh. Mikroorganisme ini biasa kita kenal dengan kuman bisa berupa bakteri, virus, dan parasit.

Bereksplorasi, Mitu Baby, Mitu Baby Antiseptic, Tumbuh Kembang Anak, Perkembangan Anak, Eksplorasi Anak, Bebas Kuman, Bereksplorasi

dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SpAK (kiri) dan Ibu Sabrina Purba (kanan)

Penyebab kematian pada balita disebabkan oleh beberapa penyakit yang muncul karena infeksi, misalnya: pneumonia, diare, meningitis, demam berdarah dengue, campak, TBC dan malaria. Kondisi infeksi pada balita bisa saja diperkuat okeh beberapa faktor pendorong, seperti:

  • Sistem imun si kecil yang belum sempurna
  • Kulit anak lebih tipis (30% lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa sehingga mudah rusak)
  • Kebersihan yang sangat tergantung pada orang lain karena anak belum mandiri.

Di negara yang tropis seperti Indonesia, kuman memang mudah menyebar dimana-mana. Mengutip perkataan Dokter Bowo,

“sudah bersih saja masih bisa sakit, apalagi kalau tidak bersih”,

dan saya setuju dengan Dokter Bowo. Jadi menjaga kebersihan menjadi tanggung jawab kita semua terutama menjaga kebersihan dilingkungan tempat dimana kita berada.

Baca Juga: Siapkan Kecerdasan Multitalenta

Berada banyak didalam rumah pun tidak menjamin si kecil terhindar dari kuman. Tau kah bunda kalau kamar tidur kita justru bisa menjadi tempat yang paling berkuman loh, baru kemudian ruang tamu, garasi dan dapur menjadi tempat yang paling banyak terpapar oleh kuman. Ngeri kan….? Sumber kuman didalam rumah itu bisa berasal dari kran air, hewan peliharaan, handuk, lantai, mesin cuci, handphone atau gadget yang lainnya, sikat gigi atau tempat sikat gigi dan spon pencuci piring. Makanya menjaga kebersihan rumah juga sangat penting. Sedangkan sumber kuman yang berasal dari luar rumah bisa berasal dari carseat, botol sambal, kecap ditempat makan umum dan lain-lain.

Mendengarkan semua fakta yang disampaikan Dokter Bowo pun membuat saya merinding. Soalnya Shanum itu lagi suka banget bereksplorasi, masa iya saya larang-larang demi menghindari kuman. Dokter Bowo juga tidak menyarankan kita untuk melarang anak bereksplorasi, justru harus terus dirangsang untuk bereskplorasi. Karena dengan berekplorasi anak akan terus berkembang dan bertambah keahliannya. Jangan sampai deh kita membatasi ruang gerak anak karena kuman.

Bereksplorasi, Mitu Baby, Mitu Baby Antiseptic, Tumbuh Kembang Anak, Perkembangan Anak, Eksplorasi Anak, Bebas Kuman, Bereksplorasi

Ada langkah yang bisa dilakukan kita sebagai orangtua yang selalu mendampingi aktifitas anak, salah satunya dengan memastikan kebersihan lingkungan sekitar, memastikan barang-barang yang akan digunakan oleh si kecil sudah bersih dan mengatur sirkulasi udara. Untuk memastikan barang-barang yang akan digunakan oleh si kecil bisa kita bersihkan dulu dengan tisu basah.

Bereksplorasi, Mitu Baby, Mitu Baby Antiseptic, Tumbuh Kembang Anak, Perkembangan Anak, Eksplorasi Anak, Bebas Kuman, Bereksplorasi

Sekarang kita bisa menggunakan Mitu Baby Antisetik Wipes ini sehingga lebih praktis bisa dibawa kemana-mana. Tisu basah ini juga mudah didapat di mini market disekitar kita. Kenapa sih harus memilih Mitu Baby Antiseptik Wipes ini? Karena tisu basah Mitu Baby ini mengandung 3 formula yang cukup penting untuk si kecil, yaitu:

  • Mengandung tea tree oil. Tea tree oil ini bisa menjadi antiseptik alami yang bisa berfungsi melindungi kulit bayi dari bakteri.
  • Embossed wipes. Design tisu yang memiliki pola embos berfungsi mengangkat kotoran lebih banyak.
  • Moisturizer. Menjaga kulit si kecil tetap lembut

Baca Juga: Produk Perawatan Bayi

Harumnya yang lembut dan sudah dermathology tested sudah cukup aman jika digunakan oleh anak-anak yang memiliki kulit sensitif. Dan formulanya pun tetap aman jika setelah digunakan untuk membersihkan tangan si kecil kemudian langsung tangan si kecil masuk mulut.

Bereksplorasi, Mitu Baby, Mitu Baby Antiseptic, Tumbuh Kembang Anak, Perkembangan Anak, Eksplorasi Anak, Bebas Kuman, Bereksplorasi

Mitu baby antisetic wipes ini bisa kita gunakan untuk membantu si kecil terhindar dari paparan kuman. Membersihkan tangan dan kakinya sehabis beraktifitas, membersihkan mainannya, atau membersihkan barang-barang lain yang sering digunakan oleh si kecil. Meskipun tidak bisa menjadi selalu bersih, tapi paling tidak kita harus melakukan langkah antisipasi sendiri.

Jadi sekarang jangan khawatir jika si kecil ingin bereskplorasi, agar tumbuh kembangnya maksimal. Biarkan dia belajar mengenali lingkungannya, dampingi dia dan selalu antisipasi. Jangan lupa moment berharga seperti ini bisa membangun karakter positif pada anak.



signature-desy