Review Pembersih Pakaian Bebas SLS, Pure Baby Laundry Liquid

Pure Baby Laundry Liquid, Bebas SLS, Produk Bayi, Detergen Bebas SLS, SLS Free, Detergent Bayi,

Di bagian depan Pure Baby Laundry Liquid jelas terlihat SLS Free. Jelas ini menarik perhatian saya banget. Saya jadi penasaran siapa dan apa sih SLS itu?

Dulu ketika Shanum lahir, yang saya pikirkan hanya bagaimana caranya supaya saya ga kejar-kejaran dengan stok popok kain. Alhasil saya pun memutuskan untuk menggunakan diapers sekali pakai. Tugas mencuci baju bayi saya serahkan ke asisten rumah tangga, yang saya lakukan ada mengajarkannya cara mencuci baju bayi versi saya. Direndam dan dikerjakan terpisah dengan baju dewasa dan pakaian dalam. Dibilas sampai kandungan sabunnya hilang kemudian langsung dijemur, tidak perlu dikeringkan lagi di mesin cuci. Kalau soal detergent saya berpikiran untuk menggunakan detergent yang sama untuk mencuci baju dewasa lainnya. Toh detergent yang saya pakai juga bagus koq, itu yang saya pikirkan.

Waktu Shanum berusia 3 bulanan kulitnya mulai terlihat sensitif. Setelah cek ke dokter kulit Shanum memang lebih kering daripada kulit bayi pada umumnya Shanum pun dinyatakan kena dermatitis. Disarankan untuk mengganti detergent nya dengan detergent khusus bayi, tidak disarankan memakai minyak wewangian langsung dibadannya dan mengganti sabun mandinya. Saya pernah cerita juga di blog ini mengenai moment-moment dermatitis itu disini. Mau ga mau tadinya mau ngirit akhirnya saya harus menyerah. Daripada kulitnya jadi tambah parah, siapa yang tega coba.

Mustela Dermo Cleansing, Mustela Bebe, Baby Skin, Kesehatan Kulit Bayi, Dermatitis Atopik, Alergi, Perawatan Kulit Bayi
Bintik kemerahan pada kulit Shanum

Jujur saya tidak identik dengan merk detergent bayi manapun. Selama itu ada tulisan hypoallergenic dan dermatologically tested biasanya akan saya coba. Alhamdulillah sih semuanya cocok, karena meskipun memakai detergent bayi yang minim kandungan sabun dan detergentnya, saya tetap meminta asisten untuk membilasnya 4-5 kali. Saya juga mengganti sabun mandi dan shampo Shanum dengan sabun yang memiliki kandungan ph nya lebih rendah sehingga dermatitisnya lebih cepat sembuh.

Sampai akhirnya saya diberi kesempatan untuk mencoba Pure Baby Laundry Liquid. Saya pernah dengar dari teman, kalau produk-produk Pure ini memang bagus, apalagi di kulit bayi yang super sensitif. Sempat mau coba cuma pas belanja bulanan produk Pure yang mau saya beli pasti ga ada stoknya. Makanya begitu ditawari nyoba produk ini sama ISB saya seneng banget. Kebetulan yang saya dapat adalah kemasan isi ulang dengan berat 900ml. Ga masalah sih soalnya saya biasa beli yang kemasan isi ulang juga. Di bagian depan Pure Baby Laundry Liquid jelas terlihat SLS Free. Jelas ini menarik perhatian saya banget. Soalnya SLS ini memang lagi banyak banget dibahas dimana-mana. Dibahas di dunia kecantikan sampai dibahas juga oleh para aktifis pecinta lingkungan. Saya jadi penasaran siapa dan apa sih SLS itu?

SLS yaitu SLES atau Sodium Laureth Sulfate dan ASL (Ammonium Laureth Sulfate). SLS adalah salah satu bahan kimia yang bisa melepaskan molekul-molekul dalam kulit sehingga proses pembersihan jadi lebih efektif. SLS digunakan untuk menghasilkan busa. Biasanya banyak digunakan dalam produk-produk personal care, sabun mandi, detergent, pasta gigi sampai ke pembersih lantai. Tentu saja kandungan SLS di produk personal care tentu tidak sama dengan produk yang ada di cairan pembersih lantai. Pada produk beauty, skin care dan produk bayi kandungan SLS nya lebih sedikit. Kenapa sih pakai SLS? Karena SLS itu lebih murah dan lebih efektif untuk menghasilkan produk yang bisa membersihkan kandungan minyak dan kotoran.

Kandungan SLS dalam produk kosmetik, skin care,  dan produk bayi memang sedikit dan sesuai dengan pakemnya. Tapi dibeberapa kondisi seseorang, adanya kandungan SLS ini bisa memberikan dampak iritasi (dermatitis), kulit kemerahan, kering dan kasar. Belum lagi SLS ini ternyata tidak ramah lingkungan. Hhmm….jadi mulai kebuka nih pikiran saya. Kembali ke Pure Baby Laundry Liquid yang mengklaim bahwa sabun detergent ini tidak mengandung SLS, apa iya bisa membersihkan dan mengangkat kotoran? Oke, tetap lanjutkan membaca sampai habis ya.

Pure Baby Laundry Liquid ini berupa cairan transparan, cenderung lebih encer dibandingkan detergent cair khusus bayi yang pernah saya coba. Wangi bunga-bungaan menurut saya sedikit lebih wangi dibandingkan detergent lain yang pernah saya coba. Ekspektasi saya harusnya bisa lebih lembut lagi sih, biar lebih ekslusif gitu. Begitu dituangkan kedalam air dan di kocok, saya sedikit bingung. Katanya ga mengandung detergen koq berbusa ya? Tapi begitu saya rasakan air yang sudah dicampur detergent Pure memang berbusa tapi ga licin. It’s magic…..jadi meskipun berbusa itu bukan berarti mengandung detergent, harus dirasakan lagi licin seperti sabun atau engga.

Pure Baby Laundry Liquid, Bebas SLS, Produk Bayi, Detergen Bebas SLS, SLS Free, Detergent Bayi,

Pure Baby Laundry Liquid, Bebas SLS, Produk Bayi, Detergen Bebas SLS, SLS Free, Detergent Bayi,
Pure Baby Laundry Liquid setelah dimasukkan kedalam air dan dikocok

Meskipun tanpa SLS, Pure Baby Laundry Liquid ini tetap bisa membersihkan kotoran dan membunuh bakteri karena mengandung surfaktan alami yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung. Dalam kandungannya juga terdapat aloe vera yang berfungsi melembutkan pakaian bayi. Mengandung N-Alkylaminopropyl Glycine sebagai anti-mikroba (anti jamur dan bakteri) jadi ga perlu khawatir pakaian bayi jadi bau apek meskipun dijemur di dalam ruangan. So far bahan-bahan yang digunakan pun cukup ramah lingkungan.

Proses pencucian menggunakan Pure Baby Laundry Liquid cukup menghemat waktu. Meskipun dalam membilas tetap saya minta 3-4 kali tapi harusnya 3 kali aja sih cukup. Jika diatas saya tuliskan baunya sedikit lebih menonjol dari detergent yang sebelumnya saya pakai, ketika sudah dijemur ternyata baunya lembut loh. Pakaian bayi juga terasa lembut, jadi ga perlu lagi pelembut pakaian.

Pure Baby Laundry Liquid, Bebas SLS, Produk Bayi, Detergen Bebas SLS, SLS Free, Detergent Bayi,

Pure Baby Laundry Liquid, Bebas SLS, Produk Bayi, Detergen Bebas SLS, SLS Free, Detergent Bayi,

Nah sekarang soal harga, Pure Baby Laundry Liquid ini dijual dengan harga Rp. 59.000, harga ini saya lihat di blibli.com. Menurut saya harga itu termasuk mahal dibanding produk detergen lain yang biasa ada di minimarket. Tapi Pure Baby Laundry Liquid ini semua nya natural, as we know semua yang lebih alami memang akan lebih mahal. Kalau kita mampu kenapa ga pakai produknya dan berkontribusi menyelematkan alam. Ada juga produk alami  yang lebih mahal daripada Pure Baby ini.

Kayanya sudah waktunya kita lebih peduli akan lingkungan ya. Mulai dari gaya hidup kita dirumah sehari-hari, insyaallah sudah bisa menyelamatkan bumi. Oh iya, asisten dirumah udah mulai mudik ya? Mari kita singsingkan lengan baju dan mulai bekerja mandiri. Tetap setrong ya buibu….



signature-desy

You may also like

19 Comments

  1. Mba Des, aku beneran makin paham ama SLS dari post ini. Btw ttg dermatitis itu aku masih ngalamin ampe sekarang. Semoga calon babyku engga, eh kalopun iya ya udah ga panik2 amatan karna dah ngalami sendiri dan banyak referensi deterjen non SLS seperti ini 😀

  2. Aku sih kalau urusan kebutuhan bodycare baby ayuk aja deh buat hasil terbaik apalagi berkaitan dengan kulitnya yang masih rentan. Makanya jaga kebersihan pakaiannya sangat penting. Peluk hangat buat baby mu kak

  3. Jadi ingat jaman bocah kembar saya baru lahir, krn prematur. Rekomendasinya buanyak termasuk pemakaian deterjen. Senang skrg banyak pilihan deterjen khusus bayi yg kulitnya masih sensitif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *