Rahasia Dibalik Nama Besar Wacoal

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

Sebagai seorang perempuan, kita pasti kenal apa itu bra. Bra mulai dikenalkan sejak remaja dan mengalami perubahan pada bentuk tubuh terutama payudara. Bra berfungsi untuk melindungi payudara. Wacoal adalah salah satu brand besar pakaian dalam yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Apa rahasianya?

Masih ingat kan bagaimana proses perkembangan payudara saat baru tumbuh? Sakitnya pasti masih bisa diingat. Itu menandakan bahwa kita sedang memasuki tahap pertama perkembangan payudara. Perasaan ga nyaman dan malu saat itu bercampur jadi satu.

Tau ga, sebenarnya ada 3 tahap perkembangan payudara loh, yaitu:

Tahap 1:

  • Masa dimana kelenjar susu secara bertahap berkembang dan puting juga mulai jelas menonjol keluar
  • Areola (lingkaran cokelat disekeliling puting) berkembang membentuk benjolan-benjolan kecil dan puting semakin bertumbuh.

Tahap 2:

  • Payudara menjadi besar dan puting menonjol keluar
  • Garis dibawah payudara menjadi lebih jelas

Tahap 3:

  • Pertumbuhan yang signifikan pada kelenjar susu
  • Areola berkembang lebih sempurna
  • Penampilan luar payudara sama dengan wanita dewasa tetapi kelenjar susu masih terus berkembang.

Bra yang pertama kali saya pakai sudah pasti miniset, dulu sih keukeuh bilang kalau itu bukan bra melainkan singlet yang setengah badan. Kenapa? soalnya saya malu kalau ketauan pakai bra. Jaman dulu edukasi tentang perubahan pada badan remaja perempuan kan dianggap tabu. Jadi deh kalau ada yang berubah pada tubuh kita seperti aib aja gitu. Iya ga sih? Ada yang merasakan hal sama dengan saya? Dan ketika payudara sudah mulai tumbuh dan cukup terlihat saya mulai mengganti miniset dengan sport bra supaya payudara saya bisa tersamarkan, karena sport bra kan membuat kencang dan pipih payudara ya, ya ga sih?

Dulu bagi saya memakai bra yang bertali itu terlalu mencolok karena langsung terlihat dari seragam sekolah yang berwarna putih. Saya anggap mencolok terutama dibagian talinya itu looh….duuh bikin ga pede. Lebay banget ya kayanya, tapi bagi anak remaja kali itu yang jarang diedukasi ya gitu deh pemikirannya. Saya juga selalu menolak kalo diajak untuk membeli bra, maunya udah langsung dibeliin dan belinya selalu sport bra. Trus ngukurnya gimana? Ya…biasanya mama sih kira-kira aja badan anaknya yang kecil ini gimana.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

Sampai ketika SMA saya rajin membaca majalah remaja, disitulah kemudian saya membaca artikel tentang merawat payudara salah satunya dengan memilih bra yang tepat dan mampu menopang payudara. Karena jika payudara tidak ditopang dengan bra yang baik dan berkualitas bisa membuat bentuk payudara dan tulang belakang kita. Sejak itulah saya mengubah sport bra saya menjadi bra yang berkawat untuk bisa menopang payudara dengan baik. Bra yang saya pakai waktu itu adalah wacoal, karena awalnya pernah mencoba bra punya mama merk wacoal dan ternyata saya cocok. Saya pun rela menabung untuk bisa membeli bra wacoal, meskipun lebih mahal tapi lebih awet loh. Dan secara ekonomis justru jadi lebih hemat karena bra nya jarang rusak, awetnya tahunan. Hehehe.

Baca Juga: Olahraga Singkat Dan Maksimal

Kenapa Pilih Wacoal?

Kamis, 22 Februari 2018 yang lalu saya mendapat kesempatan dari Blogger Perempuan Network untuk berkunjung ke pabrik Wacoal (baca: wakol) Indonesia. Akhirnya saya bisa lihat langsung bagaimana proses produksi bra yang menjadi favorit saya. Hari itu saya yang setelah melahirkan ini kurang peduli dengan ukuran bra yang saya pakai, kadang kebesaran dan kadang kekecilan jadi diingatkan lagi tentang pentingnya memakai bra yang cocok dengan payudara kita. Jangan sampai bra yang kita pakai terlalu sempit atau terlalu longgar.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Melynda R Purnamasari (Marketing Deputy Division Head-PT. Indonesia Wacoal)

Mba Melynda R Purnamasari (Marketing Deputy Division Head-PT. Indonesia Wacoal) mengatakan bahwa memilih pakaian dalam yang tepat bisa membuat kepercayaan diri kita meningkat. Pakaian dalam bukan hanya sekedar support saja, tetapi lebih dari itu. Pakaian dalam bisa berfungsi seperti “kosmetik” agar bentuk tubuh lebih ideal. Sayangnya saat ini masih banyak perempuan yang masih menganggap pakaian dalam hanya sekedar pakaian yang tidak terlihat. Bisa dilihat pada saat membeli bra, kebanyakan masih enggan mengukur lagi ukuran payudaranya. Seringkali perempuan menganggap ukuran payudaranya selalu sama, kesannya abadi, padahal kenyataannya tidak demikian. Bahkan jika ada yang membeli bra dengan ukuran yang salah pun tetap saja dipakai, apakah itu kebesaran atau kekecilan. Alasannya sayang karena sudah dibeli, padahal itu sungguh menyiksa payudara dan fungsi bra sebagai pelindung payudara pun jadi ngga efektif lagi.

Sebelum masuk ke inti acara, saya dan teman-teman blogger lainnya diberikan tantangan untuk menghias bra. Diberikan satu bra yang alhamdulillah cocok dengan ukuran saya, kemudian dihias dengan aksesoris yang sudah disediakan dan yang sudah dibawa masing-masing dari rumah. Seruuu….kapan lagi menghias bra sesuai dengan apa yang ada dipikiran kita saat itu. Oh iya, kegiatan ini dilombakan loh. Bra dengan dekorasi yang menarik akan mendapat hadiah dari Wacoal. Saya sendiri ga berpikiran untuk menang, bisa menghias bra sesuka hati saja sudah happy banget.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Tiara dan bra hasil karyanya

Setelah kegiatan menghias bra, kami pun masuk ke inti acara yaitu mengupas tuntas rahasia wacoal. Dari kegiatan ini saya jadi tau rahasia kesuksesan wacoal selama ini. Ini dia,3 hal yang membuat Wacoal menjadi sukses, adalah:

Penelitian Ilmiah Wacoal

Setiap rancangan pakaian dalam Wacoal dibuat sesuai dengan kebutuhan tubuh wanita. Tidak heran jika Wacoal memiliki range produk yang sangat bervariatif. Semua rancangan ini hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Wacoal sendiri.

Penelitian ilmiah itu dilakukan oleh Wacoal Jepang yang melibatkan 40.000 sample di Jepang dan 5000 sample di Cina menyatakan bahwa karakteristik tubuh perempuan khususnya payudara mengalami perubahan bahkan 3-4 hari sekali.

Bahkan dalam 4 hari aja bentuk payudara sudah berubah. Pantas aja bra yang saya beli kadang pas kadang kekecilan. Karena saya selalu pakai ukuran beberapa tahun lalu dan nebak. Pokoknya asal ambil deh, ga dicoba dan diukur lagi. Hayoo…kalo kamu begitu juga ga?

Mba Melynda juga bilang kalau bra sebaiknya digunakan sesuai dengan aktifitasnya. Misalnya sport bra tidak disarankan untuk digunakan sehari-hari. Karena tidak membuat bentuk tubuh menjadi ideal. Untuk sehari-hari sebaiknya menggunakan bra dengan kawat atau tanpa kawat yang bisa menopang payudara kita.

Baca Juga: Agar Pakaian Tahan Lama

By the way, biasanya kalian beli bra setiap berapa kali setahun? Tunggu rusak dulu atau ada moment khusus untuk membeli bra? Coba deh cek karet bra kamu, jangan-jangan udah keriting…ow…ow…itu tandanya bra harus sudah pensiun dan sudah waktunya beli bra baru dong.

Sebelum membeli bra sebaiknya kamu melakukan hal-hal ini dibawah ini:

  • Ukur payudara ketika akan membeli bra.
  • Penting juga untuk mengenali bentuk payudara kita. Jika cenderung besar disarankan membeli bra dengan cup penuh sedangkan payudara yang sedang bisa memilih bra dengan cup setengah
  • Pilih bra dari bahan yang mudah menyerap keringat, ringan dan tidak luntur
  • Selalu coba bra terlebih dahulu sebelum membeli.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

Jika hal diatas dilakukan insyaallah bra yang dibeli pun langsung pas sesuai dengan kebutuhan. Ga perlu khawatir payudara tumpah karena bra yang kekecilan ataupun bra kopong karena kebesaran.

Jangan lupa pilih bra yang memiliki kualitas baik. Mahal diawal ga masalah, yang penting awet, nyaman dikulit dan bisa membuat bentuk tubuh jadi ideal. Bra andalan saya sih wacoal, meskipun belinya pas ada diskon aja. Apalagi pas ada promo buy 1 get 1, makin seneng banget punya bra baru, hehehe.

Sebelum mampir ke pabrik Wacoal ini saya pernah menggerutu sih sama advisor Wacoal waktu beli bra pas diskonan di salah satu department store, “kenapa sih Mba sekarang harganya mahal?”. Mba nya selalu cuma jawab dengan senyuman. Kan ga menjawab pertanyaan ya. Tapi kemarin pertanyaan saya itu akhirnya terjawab sudah.

Dibalik harga yang mahal itu ada kualitas yang dipertahankan oleh Wacoal. Semua proses dikerjakan dengan cukup detail dan teliti. Tentu saja mengedepankan kenyamanan saat dipakai.

Proses Produksi Dengan Standart Dari Wacoal

Ternyata proses pembuatan pakaian dalam itu cukup panjang loh. Ada beberapa proses yang saya lihat kemarin dan semuanya benar-benar memerlukan tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

Semua produk baik bra maupun celana dalam melewati tahapan produksi berikut ini:

> Laboratorium

Sebelum diproduksi secara massal, bahan dasar pakaian dalam akan dites terlebih dahulu di laboratorium ini. Dicek apakah bahannya luntur atau tidak, berapa tingkat elastisitas bahan, menyusut atau tidak setelah dijahit, dan dipastikan bahan tersebut tidak mengandung zat berbahaya untuk kulit manusia.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Elastisitas setiap bahan berbeda
Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Pemeriksaan apakah bahan yang digunakan elastsitasnya sesuai standart
Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Diperiksa ulang apakah sablonan luntur atau tidak

> Ruang Pola

Jika bahan sudah dinyatakan layak untuk diproduksi menjadi pakaian dalam, maka selanjutnya dipotong sesuai dengan pola yang telah dibuat. Dipotongnya menggunakan mesin yang alatnya sangat tajam.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Pemotongan bahan sesuai pola

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

> Ruang Jahit

Dalam ruangan ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu operator jahit bagian cup dan operator jahit bagian tali. Masing-masing operator sudah diberikan gambar dan pola bra yang akan dijahit.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

> Ruang Pemeriksaan

Setelah dijahit menjadi satu produk (bra atau celana dalam), produk kemudian di cek oleh bagian quality control. Tujuannya untuk memastikan tidak ada bahan yang sobek atau bolong, tidak ada jahitan yang mengkerut dan lain-lain.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

Setelah lolos dari tim quality control kemudian semua produk pakaian dalam diberi label merk dan informasi produk. Lucunya para operator yang bertanggungjawab menjahit label ini dikelilingi oleh kelambu. Kelambu ini berfungsi agar menghindari jarum patah dari mesin jahit terpental dan melukai orang lain. Sistem keselamatan pun sangat diutamakan disini. Setelah diberikan label selanjutnya produk pun dikemas.

Proses penjahitan bra dan celana dalam dilakukan secara terpisah. Tapi untuk pemeriksaannya dilakukan disatu ruangan yang sama. Begitu juga dengan pemberian label dan pengemasan.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas

Wacoal juga memastikan kalau setiap bahan yang digunakan tidak mengandung formalin. Tidak hanya bahannya bahkan ruangan pun dipastikan tidak mengandung formalin dan zat berbahaya lainnya. Ini demi menjaga kualitas pakaian dalam agar tidak memicu alergi si pememakainya. Semua proses dilakukan sesuai standart wacoal.

Service Excellent Beauty Advisor

Tidak hanya mengutamakan kualitas produk, wacoal sangat paham kalau perempuan itu senang jika dipahami. Oleh sebab itu Beauty Advisor Wacoal selalu siap membantu pelanggan dalam menentukan bra yang cocok untuk dirinya. Beauty Advisor siap membantu saat kita ingin mengukur payudara kita dan menentukan  ukuran bra kita.

Kalau sudah beli bra yang mahal, pasti maunya kan awet ya. Jangan sampai rusak karena salah dalam proses pencucian yang bisa membuat kawat bra bengkok, foam bra berubah bentuk jadi tidak rata. Ada tips yang harus diperhatikan agar bra tahan lama:

  • Jangan cuci bra atau pakaian dalam dengan mencampurnya bersama pakaian lain.
  • Jangan mencuci bra atau pakaian dalam menggunakan mesin. Cukup dicelup-celupkan kedalam air detergen.
  • Bra tidak perlu tbra, apalagi dibagian cup.
  • Jemur bra dengan cara digantung
  • Bra atau pakaian dalam tidak perlu disetrika
  • Simpan bra dengan cara digantung pada bagian tengah atau di kedua talinya.
Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Menyimpan bra yang baik

Nah gimana, sudah paham kan bagaimana memilih bra yang cocok kita dan bagaimana menjaga bra kita supaya tahan lama. Melihat proses pembuatan bra pun jadi paham juga kan ya kenapa dari satu bra harganya segitu?

Shopping Time, Beli Bra Wacoal

Setelah hampir setengah hari di pabrik Wacoal dan paham bagaimana proses produksi, kegiatan selanjutnya adalah belanjaaaa……*yeaaaay. Kebetulan Wacoal baru saja membuka store barunya di Plaza Indonesia, kita pun langsung menuju kesana.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Wacoal Store di Plaza Indonesia

Jujur aku baru tau kalau wacoal punya store seperti ini. Biasanya saya beli di departemen store aja sih. Begitu masuk storenya saya langsung berasa seksi gitu hahaha. Soalnya pakaian dalam disana (bra dan celana dalamnya) bagus-bagus semua….jadi mau semuanya. Dan kebetulan sedang ada promo diskon kalau beli 2. Nah tuh….udah bisa ketebak kan pasti ada aja yang kalap.

Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Pengukuran Top Bust
Wacoal Indonesia, The Secret of Wacoal, Bra, Celana Dalam, Pakaian Dalam, Produk Indonesia, Cara Mengukur Bra, Service Excellent, Bra Berkualitas
Pengukuran Under Bust

Begitu sampai kami pun dibantu beauty advisor untuk mengukur payudara kami terlebih dahulu. Dan benar saja, ternyata ukuran bra saya pun sudah berubah, ga banyak sih. Pantas aja bra menyusui saya kurang enak dipakai, berarti saya salah beli ukuran….hhmm. Berhubung masih menyusui, ga banyak model bra (bukan bra menyusui) yang bisa saya pakai. Untunglah….dompet ga jadi jebol hehehe.

Jadi begitulah cerita kunjungan saya ke pabrik Wacoal Indonesia. Saya jadi mengerti bahwa dibalik harga yang tidak murah itu tersimpan kualitas dan pelayanan yang memuaskan. Meskipun sedang diskon tidak membuat mereka menurunkan kualitas pelayanannya.

Eh iya, jangan lupa cek bra kamu ya, masih layak pakai semua kah? Terus cobain deh ukur payudara kamu sekarang, udah berubah ukuran belum? Oh iya wacoal udah bisa dibeli online juga loh, lagi ada diskon hehehe *menebar racun.



signature-desy

You may also like

15 Comments

  1. Ceu, kita blanja di FX, Lippo Mall Puri atau CL aja nyok wkwkwkwk… Mamtir mah demenya sama store di sana.

    Info lengkap bener ceu, apalagi mengenai perubahan tubuh pada remaja yang sering dianggap tabu sama orang tua.

    Tfs ceu.

  2. Nggak nyesel beli Wacoal ya karena walaupun harganya mahal tetap saja kualitasnya oke. Trus pantas aja kualitasnya oke karena memang pembuatannya pun penuh kehati-hatian.

  3. Duh udah pensiun nih pakai bra merah sepasang sm cdnya yang aduhai menggoda ituh.. sekarang nyarinya bra menyusui yang ga ada cakep2nya.. plain ajaa.. hahaha.. kalau wacoal emang brand andalan dari dulu.. apalagi kalau pas diskon.. cucmeyyy

  4. Duh udah pensiun nih pakai bra merah sepasang sm cdnya yang aduhai menggoda ituh.. sekarang nyarinya bra menyusui yang ga ada cakep2nya.. plain ajaa.. hahaha.. kalau wacoal emang brand andalan dari dulu.. apalagi kalau pas diskon.. cucmeyy

    1. Bener tuh sejak dini memang harus ditunjang dengan yang berkualitas ya supaya menentukan postur setelah berusia kaya kita gini wkwkwkw. Beli diskonan sih emang idaman deh hehe

  5. Hadeuh salah semua yg eke kira soal bra. Kalo gak rusak atau kekecilan ya gak ganti bra. Hahaha. Nyucinya juga pake mesin cuci ya wajarlah ya kalo karetnya keriting. Hahaha. Wacoal yg buat menyusui ada kan yak? Duh nabung nabung lah demi keharmonisan rumah tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *