Memulai Bisnis, OASIS

Impian saya ketika resign sebagai pekerja kantoran adalah ingin memulai bisnis. Sejak dulu saya suka belanja, karena nggak ingin memiliki rasa bersalah saya pun berpikir untuk belanja barang-barang yang bisa saya jual lagi. Dan akhirnya selain bekerja saya juga memiliki penghasilan sampingan dari berjualan, waktu itu saya masih melakukannya secara offline. Awalnya sih untuk memenuhi hasrat ingin berbelanja, kemudian Alhamdulillah jadi menguntungkan. 

Kemudian setelah resign, saya pun mulai berpikir untuk mengubah cara berjualan dari direct selling/offline menjadi online melalui sosial media. Mulai lagi memikirkan barang atau produk yang akan dijual, bagaimana pengemasannya, target market dan konsep dari konten sosial media. Selain itu saya juga banyak belajar bagaimana memulai bisnis untuk pemula sebagai bekal saya. 

Tips Memulai Bisnis

UMKM, Memulai bisnis

Photo by Christin Hume on Unsplash

Menurut saya penting sekali bagi yang ingin memulai bisnis untuk belajar tentang konsep-konsep dasar marketing. Supaya memahami bagaimana melakukan pencatatan, menentukan harga promosi dan packaging serta harga jual. Saya juga sering hadir di talkshow dimana para narasumbernya adalah mereka yang sudah memulai bisnis lebih dulu, para entrepreneur sukses yang kebanyakan sih wanita. Bukan karena rasis tapi supaya memiliki sudut pandang dan biasanya kesulitan yang sama. 

OASIS, Memulai Bisnis

Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Dari beberapa artikel yang pernah saya baca dan talkshow yang pernah saya hadiri, akhirnya saya menarik kesimpulan tentang tips-tips bagaimana memulai bisnis, yaitu;

1.Fokus. Sebagai seseorang yang ingin memulai bisnis, kita harus tahu betul ingin memulai usaha di bidang apa. Pelajari bidang tersebut dan tentukan target marketnya. Jangan lupa pelajari juga bagaimana menjual produk atau barang tersebut. Ingat, fokus dulu pada satu bidang jika sukses baru merambah bidang lainnya. Tentang kunci sukses suatu usaha tentu saja baru bisa dilihat setelah diatas satu tahun berjalan. 

Focus, Memulai Bisnis

Photo by Chase Clark on Unsplash

2.Lakukan sesuatu yang disukai. Pernah dengar istilah bisnis dimulai dari hobi?. Kalimat itu terbukti benar sih. Dari hobi kita tidak akan langsung memikirkan keuntungan yang besar. Dengan menjalani yang kita sukai kita pun akan lebih menikmati proses itu sendiri.

Belajar Bisnis, Hobi

Hobi yang berubah menjadi usaha

3.Kuasai segalanya tentang bisnis yang akan dijalani. Sudah memulai bisnis dari hobi kita maka otomatis kita pun akan bisa lebih cepat mempelajari, mendalami dan akan berusaha sekuat tenaga agar berhasil. Kalau sudah menjiwai seperti ini, kita pun akan mudah untuk menarik investor ke dalam usaha kita untuk dikembangkan.

4.Selalu mau belajar dari orang lain. Saya sendiri percaya bahwa sebaik-baiknya ilmu adalah pengalaman dari seseorang. Dengan kita belajar dari pengalaman orang lain kita jadi bisa mempelajari hal-hal seperti trial and error dari bisnis orang lain. Harapannya sih kita bisa menerapkan di bisnis kita dan bisa mengurangi resiko yang akan muncul. Selain itu kita jadi punya banyak insight agar kalau bertemu masalah bisa segera mendapatkan solusinya. 

5.Belajar dari kegagalan. Tidak semua teori bisnis yang ada itu cocok diterapkan pada bisnis kita. Bisa jadi butuh modifikasi. Itulah sebabnya kegagalan tidak bisa kita hindari. Tapi yang terpenting adalah kita harus segera menemukan solusi dan bangkit lagi. 

6.Jangan NATO (No Action Talk Only). Saya ingat sekali setiap kali hadir di sesi talkshow, para entrepreneur itu selalu bilang jika sudah punya bayangan bisnis atau strategi segera di eksekusi. Atau jangan cuma sekedar bicara saja, lakukan segera Action. Selalu diingat ketika sudah terpikir oleh kita maka segera lakukan sebelum ide itu diambil dan didahului oleh orang lain. Supaya kalau gagal bisa segera diperbaiki. 

No action talk only, OASIS

NO ACTION TALK ONLY

Tips-tips di atas itu selalu saya ingat hingga sekarang. Btw bisnis saya sendiri sedang vakum karena hamil dan mengurus bayi sendirian tanpa asisten. Maklum sebagai pemula saya belum berani menggaji karyawan. 

Bisnis di Masa Pandemi

Seperti yang kita tahu, pandemi banyak memberikan perubahan pada kita semua. Banyak yang kehilangan pekerjaan, sehingga harus berpikir dan berusaha agar bisa bertahan hidup. Memulai bisnis di saat pandemi seperti ini memang tidak mudah. Saya pun merasa perlu memulai bisnis saya kembali. Tapi saya harus update kembali ilmu dan trendnya. Bagaimana caranya, kan pandemi? Semua gerak kita serba terbatas, tidak ada lagi talkshow dan kelas-kelas pun dibatasi. 

Beberapa bulan PSBB, akhirnya banyak kelas online digelar oleh banyak instansi, baik yang berbayar maupun yang gratis. Sesi talkshow yang membahas tentang kisah inspiratif pun banyak diselenggarakan oleh banyak brand dan instansi di sosial media. Bagi saya yang memang tidak bisa leluasa pergi keluar rumah hal itu tentu saja menguntungkan dengan PSBB ini. Saya tidak perlu bingung harus menitipkan anak-anak pada siapa. Dengan modal kuota kita bisa menambah banyak ilmu dan insight dari talk show inspiratif tersebut.

Salah satu channel yang bagus untuk diikuti apalagi bagi para UMKM adalah channelnya Ninja Xpress dengan programnya OASIS: Obrolan Asyik Seputar Bisnis. Di program OASIS ini kita sebagai pelaku bisnis UMKM bisa belajar bagaimana cara membangun dan mengembangkan bisnis. Sebagai bentuk dukungan tersebut Ninja Xpress membuat suatu program yang dinamakan Ninja Academy. Dan OASIS ini merupakan salah satu program dari Ninja Academy. 

OASIS, Ninja Academy

OASIS di Ninja Academy

Di OASIS: Obrolan Asyik Seputar Bisnis membahas berbagai topik seperti: Hukum, Finansial, Social Media, dan lain-lain. Senangnya banyak tokoh-tokoh yang memang sesuai dengan lini bisnis yang akan saya fokuskan membagikan kisah inspiratifnya di OASIS. Jadi pembahasannya memang sangat berhubungan dengan saya sih. Salah satu topik yang dibahas adalah Menciptakan dan Memanfaatkan Trend untuk Keperluan Bisnis ala Jenahara. Jenahara sih memang selalu jadi tokoh inspiratif bagi saya, jadi pas banget materinya nih. Selagi kita mengasah sensitivitas untuk melihat trend yang ada sekarang, insyaallah pengalaman Jenahara akan bisa kita realisasikan di bisnis kita. 

Saya rasa mengisi waktu selama PSBB dengan materi-materi “pecah” penuh faedah seperti ini bermanfaat deh untuk menyegarkan kembali ide kreatif para UMKM atau pemula seperti saya supaya bisa segera mulai atau bangkit ketika New Normal nanti. Jangan menyerah ya!. Jika kita sabar dan berusaha pasti ada jalan. 

Kalau ingin tahu bahasan lainnya bisa langsung cek websitenya Ninja Academy di www.ninjaacademy.co atau youtube channelnya Ninja Xpress kategori #OASIS cek deh pas sesinya Jenahara, menarik loh. Cek juga instagramnya Ninja Xpress yang memang punya #Obsesiuntuknegeri agar UMKM maju. 



signature-desy