Siwak dan Sasha Pasta Gigi Halal

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan

Jumat, 30 November 2018 yang lalu saya diundang oleh Hijab Influencers Network untuk hadir di Blogger Gathering Sasha. Sasha adalah salah satu pasta gigi yang sudah bersertifikat halal di Indonesia yang mengandung siwak asli dicampur. Selain mengenal lebih jauh tentang Siwak dan Sasha pasta gigi, juga ada talkshow dari para narasumber yang sudah tidak asing bagi saya, yaitu Ummu Balqis seorang married influencer, Lulu Elhasbu seorang influencer dan Annisa Rizki Amalia,drg.Sp.KGA seorang dokter gigi dan Danti Nastiti yang adalah Assistant Brand manager Sasha Indonesia. Siang itu membahas tentang semangat hijrah, karena sekarang adalah #waktunyahijrah.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan

Dalam talkshow tersebut Ummu Balqis mengatakan bahwa hijrah itu bukan hanya sekedar memperbaiki penampilan saja. Hijrah itu juga harus diimbangi dengan mencari ilmu dan konsisten menjalaninya. Mba Lulu Elhasbu pun menyetujui hal ini. Berdasarkan pengalaman beliau, meskipun sekolah di pesantren dan dibesarkan dengan ilmu agama yang cukup tapi jika tidak dikejar ilmu agamanya dan dilakukan secara konsisten maka akan percuma.

Sekarang kesempatan untuk belajar agama Islam secara kaffah pun terbuka lebar. Banyak komunitas ngaji yang anggotanya bukan hanya ibu-ibu atau bapak-bapak lanjut usia. Komunitas ngaji sekarang ini banyak berisikan anak muda. Alhamdulillah makin banyak anak muda yang ngga takut pergi mengaji atau pergi ke masjid. Jika semua peluang untuk belajar terbuka lebar, tinggal diri kita sendiri yang menentukan mau belajar sekarang atau nanti.

Hijrah memang harus dilakukan dari hati dengan kesadaran sendiri. Hijrah bukan tentang memakai jilbab dan merubah cara berpakaian. Hijrah bukanlah soal menjilbabkan hati terlebih dahulu. Tapi hijrah adalah soal belajar dan mendalami Islam yang sebenar-benarnya (kaffah). Seperti pepatah yang sering saya dengar “berteman dengan penjual minyak wangi maka akan terbawa wanginya” begitupun hijrah. Bertemanlah dengan orang-orang yang satu visi dan kebutuhan untuk hijrah sehingga bisa membantu kita untuk konsisten berhijrah. Kira-kira begitulah yang disampaikan oleh Mba Lulu Elhasbu siang itu.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan
Lulu Elhasbu (PIC: Dokumentasi HIN)

By the way saya salut dengan Mba Lulu yang meskipun diberikan ujian yang terus menerus justru membuatnya semakin mendekati Allah Azza Wa Jalla. Bukannya kecewa atau bagaimana, tapi justru membuatnya semakin dekat dekat dan dekat. Semoga Mba Lulu selalu dilimpahkan kesabaran dan keikhlasan, aamiin.

Kembali Ummu mengatakan bahwa saat ini orang sudah menyadari bahwa sekarang adalah #waktunyahijrah, alhamdulillah semakin banyak juga kemudahan. Jika dulu kita harus memastikan baik-baik setiap kandungan dari barang apapun yang dibeli. Tapi kini semakin banyak industri yang menyadari bahwa Halal kini sudah menjadi gaya hidup yang cukup penting. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan kandungan dari suatu barang selama sudah memiliki sertifikasi Halal MUI tersebut. Insyaallah #waktunyahijrah semakin dimudahkan oleh Allah Azza Wa Jalla.

Sunnah Bersiwak

Pernah dengar siwak? Siwak atau dalam bahasa arabnya disebut miswak merupakan dahan atau akar yang berasal dari pohon salvadora persica, biasa digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Siwak merupakan kegiatan yang disukai oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, seperti hadist berikut ini:

Dari Aisyah Radiyallahu anha berkata, yang artinya: “Aku melihat rasululloh memandang siwak tersebut, maka akupun tahu bahwa dia menyukainya, lalu aku berkata: ‘Aku ambilkan siwak tersebut untuk engkau?” Maka rasulullah mengisyaratkan dengan kepalanya (mengangguk) sebagai tanda setuju.” (HR: Bukhori dan Muslim)

Karena sukanya Beliau dengan bersiwak, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berkata “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (HR: Bukhori dan Muslim). Tapi jika memberatkan maka hal tersebut tidak perlu dilakukan.

drg. Annisa mengatakan bahwa siwak memiliki kandungan mineral alami yang bermanfaat untuk membunuh bakteri, menghilangkan plak untuk mencegah gigi berlubang serta memelihara gigi. Siwak juga mengandung fluoride dan antibacteria alami yang bisa membersihkan gigi seperti hal nya saat menggunakan sikat gigi.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan
drg. Annisa R Amalia (PIC: Dokumentasi HIN)

Bahkan WHO juga merekomendasikan siwak digunakan untuk membersihkan mulut dan gigi. Menurut drg Annisa, siwak cukup aman diberikan oleh anak-anak selama si kecil bisa menerima rasa dan aromanya. Jadi jika anak-anak ingin mencobanya sudah cukup aman koq.

Bersiwak merupakan sunnah  Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam yang baru saya praktekkan sendiri. Tapi karena keterbatasan ilmu saya dan masih bingung bagaimana menggunakan siwak dengan baik saya masih belum maksimal menjalankannya. Apalagi kayu siwak ternyata cepat sekali berjamur jika disimpan agak lama. Hal itulah yang kemudian membuat saya maju mundur untuk konsisten bersiwak.

Menurut Imam An Nawawi bersiwak dari segi perbuatan dapat diartikan sebagai kegiatan menghilangkan kotoran dari gigi dan mulut. Jadi bersiwak dengan menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur, membersihkan gigi dengan benang gigi bisa dikatakan sebagai kegiatan bersiwak.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan
Ummu Balqis (PIC: Dokumentasi HIN)

Ummu Balqis dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa ada hadist yang menyatakan pernah melihat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam membersihkan gigi dengan jarinya. Jadi membersihkan gigi dan mulut dengan menggunakan alat selain siwak  masih dibolehkan. Meskipun para ulama tetap menyarankan untuk bersiwak dengan menggunakan kayu arak dibanding dengan menggunakan sikat gigi. Siwak memiliki kandungan alami yang juga berfungsi sebagai antiseptik. Dengan rutin bersiwak kita bisa menjaga kesehatan gigi sehingga insyaallah bisa mencegah sakit gigi datang.

Baca Juga: Hindari Panas Dalam

Siwak dan Sasha Pasta Gigi Halal

Sasha adalah pasta gigi yang memiliki sertifikat Halal MUI dengan kandungan siwak asli. Jadi memudahkan umat muslim yang ingin bersiwak dengan kayu siwak namun masih bingung bagaimana menggunakannya, kini bisa menggunakan Sasha.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan

Pasta Gigi Sasha memiliki 2 varian, yaitu:

  • Sasha Halal Toothpaste Herbal Antibacterial

Selain mengandung serpihan siwak asli, juga terdapat ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab  plak dan bau mulut. Napas akan menjadi segar dan tahan lama.

  • Sasha Halal Toothpaste Whitening

Selain mengandung serpihan siwak asli, pasta gigi ini juga mengandung garam dan lemon. Memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak lebih putih.

Kehadiran Pasta Gigi Sasha ditengah gelombang hijrah dan semangat menjalankan sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tentu saja menambah semangat hijrah bagi umat muslim. Apalagi variasi produknya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bisa merubah sedikit demi sedikit sehingga kita bisa beradaptasi dengan lebih baik. Tau sendiri kan, kita sudah terbiasa menggunakan pasta gigi yang biasa dipasaran, pasti perlu waktu untuk bisa menyesuaikan dengan rasa herbal siwak dan Sasha pasta gigi.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan
Dua Ukuran Pasta Gigi Sasha

Sasha pasta gigi memiliki dua ukuran yaitu 65 gram dan 150 gram. Pasta gigi ini bisa dibeli di mini market seperti indomaret, atau alfamart tapi sepertinya penyebarannya belum merata. Bisa juga dibeli online di duniahalal.com.

Review Sasha Pasta Gigi Halal

Alhamdulillah kemarin saya bisa membawa pulang kedua varian Sasha. Dan akhirnya bisa mencobanya langsung dirumah.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan

Sasha Halal Toothpaste Herbal Antibacterial

Di pasta gigi ini aromanya original tanpa rasa peppermint. Lebih kencang bau ekstrak daun sirih dibandingkan dengan siwak itu sendiri. Butiran siwak bisa terlihat jelas pada pasta gigi. Saya seperti merasa habis minum air sirih, tapi karena sudah terbiasa jadi ya enak-enak aja. Efek setelah membersihkan gigi dengan Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial ini, gigi saya terasa lebih keset. Aroma daun sirih tercium dari mulut saya. Jadi pasti menghilangkan aroma tak sedap.

Sasha Halal Toothpaste Whitening 

Di Pasta Gigi Sasha yang whitening ini terkandung rasa peppermint meski demikian tidak sekuat pasta gigi dengan peppermint yang biasa saya pakai. Lebih ringan tapi rasa segarnya justru lebih tahan lama. Tetap memberikan kesan keset tapi tidak sekeset Sasha antibacterial.

Pasta Gigi, Pasta Gigi Shasa, Hijrah, Kesehatan, Sakit Gigi, Sasha Halal Toothpaste, Kesehatan

Dari kedua varian diatas saya sendiri lebih suka Sasha antibacterial. Kesetnya itu justru membuat saya merasa bahwa mulut dan gigi saya sudah bersih. Aroma herbalnya juga membuatnya lebih natural.

Anyway terima kasih ya Hijab Influencers Networkyang sudah mengundang sehingga saya jadi bisa lebih memahami tentang siwak dan Sasha Pasta Gigi. Kalau teman-teman ingin tau lebih detail tentang Sasha bisa mampir ke sini:

 Instagram Sasha  & Facebook Sasha

Yuk, kita mulai mengkaji lebih dalam tentang agama yang kita yakini ini. Supaya bisa menjalankannya dengan baik dan benar (kaffah) kemudian kita Sami’na Wa ato’na.

Selamat menjalani hari mu, barakallah fiikum.



signature-desy

You may also like

49 Comments

  1. Aku kenal sasha ini juga baru, lihat di salah satu sosmed teman, dan aku penasaran banget dengan kata hijrah. Ahamdulillah aku sudah pakai kedua variannya dan so far cocok dan hati merasa lebih tenang karena telah menggunakan pasta gigi halal.. Ahamdulillah

  2. Iya bener banget Mba sekarang banyak kajian yang asik tapi bikin ilmu bener2 nambah dan bisa lebih paham agama insyaAllah. Aku udah cobain Sasha ini dan jadi make terus, hehe. Cucok soalnya 🙂

  3. Aduh, makin seneng deh Machan, sekarang ada pasta gigi yang halal. Yay. Aku suka desain packaginya. Dipersiapkan dengan baik banget nih ya. Bagussss dan menarik banget. Nice.

  4. Aku juga udah coba nih mbak. Suka juga sama yang Herbal Antibacterial. Wanginya enak dan berasa segar aja di mulut. Alhamdulillah ada Sasha ya, produk yang halal bikin kita aman dan nyaman juga. Kayaknya belum ada pasta gigi yang ada kandungan siwaknya

  5. Aku juga udah coba nih mbak Sasha yang Herbal Antibacterial. Suka sawa wanginya dan berasa fresh aja di mulut. Alhamdulillah ketemu sama produk pasta gigi halal yang bikin kita aman dan nyaman ya. Belum pernah ada deh kayaknya pasta gigi dengan kandungan serpihan siwaknya.

  6. Aku suka kedua varian Sasha. Kemarin siang pas belanja bulanan aku langsung beli 2 ukuran besar. Suamiku mendukung kami hijrah ke pasta gigi halal yang satu ini. Praktis banget udah ada siwaknya

  7. Semoga hijrah kita dimudahkan dan diistiqamahkan Allah yaaa.. Termasuk dengan mengubah kebiasaan sehari-hari jadi lebih baik. Alhamdulillah ada Sasha pasta gigi yang halal dan ada siwak aslinya pula.

  8. aku banget nih kak punya siwak asli di rumah tapi bingung gimana cara pakai pertama kalinya. Aku lebih suka sasha yang herbal kak karna ada kandungan daun sirihnya juga hehehe

  9. Pertama kali coba shasha ini langsung jatuh hati.. rasa herbalnya begitu terasa dan rasanya mulut menjadi lebih sehat dan segar ya.. apalagi halal dan sesuai dengan sunnah rasul… semakin nyaman menggunakan pasta gigi halal

  10. Mba Desy , aku kira siwak ini sejenis nama-nama kaya ada film laga gitu, hehehe. Rupanya tanaman herbal ya, dan soal pasta Sasha ini juga baru dengar sih. Tapi kayanya sulit di cari deh.

  11. Jadi intinya adalah Sasha hadir sebagai pasta gigi yang kandungan utamanya adalah Siwak, yang juga hadir dengan 2 varian dengan campuran bahan lain. Yang membedakan Sasha dengan pasta gigi lain adalah latar belakangnya yang ingin mencontoh Rasulullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *